Cara Buat Sambal Kecap Ayam Goreng

Cara Buat Sambal Kecap Ayam Goreng Yang Manis Dan Pedas

Cara buat sambal kecap ayam goreng yang manis dan pedas memang sangat mudah dibuat sendiri dirumah, kalian bisa membuatnya untuk dijadikan cocolan atau sebagai pelengkap makanan.

Manfaat Sambal

1. Gula Darah Lebih Stabil

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi sambal bisa memberikan manfaat yang sangat positif bagi orang yang kelebihan berat badan atau penderita diabetes. Ini karena cabai, yang digunakan sebagai bahan dasar saus sambal, dapat membantu mengontrol kadar insulin setelah makan secara signifikan. Dengan kadar insulin yang lebih tinggi, gula darah tubuh juga semakin stabil dalam kisaran normal.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Bumbu makanan dengan sambal yang terbuat dengan cabai segar dapat mengurangi kemungkinan gangguan kognitif seperti demensia dan Alzheimer seiring bertambahnya usia. Ini karena mengonsumsi sambal secara teratur meningkatkan kinerja kognitif.

3. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah, yang merupakan gejala kelemahan dan pucat pada wajah, paling sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Untungnya, cabai yang menjadi bahan utama sambal memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk mencegah kondisi ini. Selain itu, cabai juga kaya akan folat yang mendukung produksi sel darah merah sehingga mengurangi risiko anemia. Kandungan folat pada cabai juga dapat mengurangi risiko cacat lahir.

4. Penurunan Tekanan Darah

Cabai dalam cabai mengandung kalium, yang bila dikombinasikan dengan jumlah folat yang tepat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Terlebih lagi, mereka juga merupakan sumber riboflavin dan niacin yang bagus. Niacin meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan juga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Pereda Nyeri

Capsaicin pada cabai dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat osteoartritis dan neuropati diabetik. Zat ini bekerja dengan menurunkan reseptor sensorik dan memiliki efek antiinflamasi.

6. Mengatasi Hidung Tersumbat

Capsaicin tidak hanya meredakan nyeri, tetapi juga bisa meredakan gejala hidung tersumbat. Ini karena mereka menciptakan sensasi hangat yang bisa merangsang keluarnya lendir dari hidung tersumbat. Capsaicin juga memiliki sifat antibakteri yang melawan infeksi sinus kronis karena bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di rongga hidung.

7. Menjaga Kesehatan Usus

Cabai rawit sering digunakan sebagai pengawet karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Capsaicin, bahan utama pada cabai, dapat membunuh bakteri seperti H. pylori dan mengobati penyakit radang usus.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan

Warna merah cerah cabai menandakan kandungan provitamin A atau beta karoten yang tinggi. Hanya dengan dua sendok teh cabai merah, Anda dapat mencapai sekitar 6% dari AKG untuk vitamin C. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan saluran pernafasan, usus, dan saluran kemih. Vitamin A juga terkenal sebagai vitamin anti infeksi dan berfungsi sebagai garis pertahanan pertama melawan infeksi.

9. Menjaga Fungsi Mata

Makan sekitar satu sendok makan cabai setiap hari membantu menjaga fungsi mata yang optimal dan mengurangi risiko degenerasi makula.

10. Mencegah Kanker

The American Association for Cancer Research menyatakan bahwa capsaicin memiliki kemampuan untuk membunuh leukemia dan sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, seharusnya dapat menekan pertumbuhan tumor dan kanker.

Manfaat Kecap

Cara Buat Sambal Kecap Ayam Goreng

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

 

Manfaat kecap manis yang pertama adalah menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ini karena antosianin dan isoflavon dalam kecap sangat baik dalam menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan demikian, tingkat produksi kolesterol juga akan menurun. Ini sangat penting bagi manusia.

 

2. Efektif Dalam Melancarkan Pencernaan

 

Manfaat kecap selanjutnya bagi tubuh adalah memperlancar pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang sangat tinggi pada kecap. Serat kemudian melepaskan berbagai zat beracun yang ditemukan di usus. Ini membuat pencernaan lebih sehat dan lancar.

 

3. Tingkatkan Stamina

 

Selain itu, kecap manis juga sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Ini karena kecap mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu kandungan peptida pada kedelai hitam sangat baik dalam melawan bahaya penyakit.

 

4. Mencegah Mati Rasa Dini

 

Selain untuk kesehatan, ada manfaat kecantikan kecap yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah mencegah penuaan dini. Kecap manis terbuat dari bahan kedelai yang mengandung antioksidan tinggi pada kulit. Dengan demikian, berbagai masalah di wajah seperti penuaan dini bisa diminimalisir dengan kecap.

 

5. Mengurangi Risiko Kerusakan Ginjal

 

Manfaat kecap selanjutnya adalah pencegahan kerusakan ginjal. Kecap manis terbuat dari kacang kedelai hitam yang tinggi protein. Kandungan ini akan memperlancar proses kerja ginjal dan memungkinkan ginjal tetap sehat.

 

6. Pencegahan Risiko Jantung Koroner

 

Berikut adalah manfaat kecap untuk jantung. Risiko penyakit arteri koroner juga bisa dicegah dengan menggunakan kecap manis. Ini karena kecap manis mengandung bahan yang dapat menghambat proses oksidasi kolesterol. Dengan demikian, plak di pembuluh darah bisa dihindari. Ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

 

7. Membantu Penyembuhan Darah Rendah

 

Menyembuhkan tekanan darah rendah merupakan salah satu manfaat kecap. Hal ini disebabkan kandungan berbagai vitamin yang sangat tinggi pada kecap manis, seperti B.Vitamin A, C, B, K.Ada juga zat besi, seng, kalium, magnesium, fosfor, dll, yang dapat menstabilkan tekanan darah. .

 

8. Membantu Meningkatkan Fungsi Paru-paru

 

Selain itu kecap juga sangat baik untuk paru-paru. Hal ini dikarenakan kandungan kedelai pada kecap sangat baik dalam meregenerasi sel paru. Kandungan mineral dan vitamin di dalam paru-paru memang sangat tinggi, bahkan paru-paru yang rusak pun bisa berfungsi kembali.

 

9. Dapat Mengobati Gejala Batuk

 

Tak hanya itu, kecap ternyata juga sangat efektif untuk mengatasi batuk. Khasiat kecap untuk batuk sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah, sehingga sangat baik untuk dicoba. Cara membuat ramuan herbal untuk mengobati batuk dari kecap dibuat dengan cara rutin mencampurkan jeruk nipis dengan kecap. Ini akan meredakan gejalanya.

 

10. Membantu Melembabkan Kulit

 

Manfaat kecantikan kecap manis selanjutnya adalah dapat menambah kelembapan pada kulit. Sehingga kulit kering bisa dirawat dengan bahan ini. Padahal, kedelai kaya akan nutrisi dan nutrisi yang sangat baik dalam meningkatkan kualitas kulit. Begitulah cara bintik hitam, garis halus pada kulit dan sebagainya menghilang.

 

Resep Cara Buat Sambal Kecap Ayam Goreng

Cara Buat Sambal Kecap Ayam Goreng

Bahan – bahan:

  • 8 potong ayam (saya pakai bagian paha)
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 3 siung bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • Air asam jawa
  • Bahan sambal :
  • 20 buah cabe rawit (klo gk suka pedas boleh kurangi)
  • 5 buah cabe merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 buah tomat
  • Jeruk nipis
  • Kecap bango

Cara Buat Sambal Kecap Ayam Goreng:

  1. Cuci ayam, olesi dengan jeruk nipis (sisihkan).
  2. Haluskan bumbu halus. Di dalam wajan, masukkan ayam, bumbu halus, air asam jawa, garam dan penyedap rasa. Beri sedikit air.
  3. Masak ayam hingga matang sambil Anda mengoreksi rasa
  4. Goreng ayam dengan api sedang.
  5. Untuk sambal, haluskan semua bumbu secara kasar kecuali tomat.
  6. Campur sambal, kecap, irisan tomat, dan air jeruk nipis dalam mangkuk. Cek rasanya, sajikan dengan ayam goreng.

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan.

Sambal kecap ini juga cocok di cocol dengan resep keripik bawang .

Mungkin itu informasi dan resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih