2 Lowongan pekerjaan populer di bidang kesehatan

Bagi orang-orang dengan kualifikasi dan keterampilan yang tepat, bidang kesehatan penuh dengan peluang kerja. Ada banyak jenis pekerjaan, mulai dari asisten medis hingga praktisi perawat. Dengan populasi yang menua, jumlah pasien yang terus bertambah, dan fokus pada perawatan pencegahan, penting untuk menemukan pekerjaan yang tepat di bidang yang sedang berkembang ini. Artikel ini akan membahas dua pekerjaan bidang kesehatan terpopuler yang terdaftar di Lowongan kerja Jakarta Timur, membahas rentang gaji dan kualifikasi mereka, serta memberikan tips tentang cara mencari pekerjaan kesehatan yang tepat.

1. Keperawatan

Ada banyak jenis pekerjaan di bidang perawatan kesehatan, tetapi salah satu yang paling populer adalah keperawatan. Perawat melakukan banyak hal, seperti mengambil tanda-tanda vital dan memberikan obat. Banyak perawat berspesialisasi dalam bidang-bidang seperti pediatri atau kebidanan dan ginekologi, yang bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang tertarik dengan bidang-bidang ini.

Di Indonesia, Anda bisa mencari nafkah dengan baik sebagai perawat. Menurut situs Lowongan Kerja Jakarta Timur, rata-rata seorang perawat terdaftar di Indonesia berpenghasilan Rp8, 4 juta per bulan. Tergantung lokasi, pengalaman, dan spesialisasinya, gajinya bisa berkisar antara Rp 7,6 juta per bulan (Rp 91,2 juta per tahun) hingga Rp 10 juta per bulan (Rp 120 juta per tahun).

Mereka yang ingin bekerja sebagai perawat terdaftar harus memenuhi sejumlah persyaratan. Pertama, Anda membutuhkan gelar Sarjana Keperawatan (S1 Perawatan) atau Gelar Associate Keperawatan (D3 Perawatan).

2. Dokter gigi

Di Indonesia, menjadi dokter gigi merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari. Perawatan gigi penting bagi semua orang, dan banyak orang pergi ke dokter gigi untuk merawat giginya. Dokter gigi sangat penting untuk mencegah kerusakan gigi, gigi berlubang, dan masalah gigi lainnya. Banyak dari mereka bekerja sendiri dan mengajari pasien mereka pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk merawat gigi mereka. Dokter gigi juga dapat memilih untuk berspesialisasi dalam bidang-bidang seperti kedokteran gigi kosmetik, kedokteran gigi untuk anak-anak, atau kedokteran gigi untuk orang tua.

Di Indonesia, dokter gigi berpenghasilan rata-rata Rp 14 juta per bulan (Rp 168 juta per tahun). Tergantung lokasi, pengalaman, dan spesialisasinya, gaji berkisar antara Rp 11 juta per bulan (Rp 132 juta per tahun) hingga Rp 20 juta per bulan (Rp 240 juta per tahun). Selain itu, banyak dokter gigi yang memilih untuk fokus pada bidang tertentu, seperti kedokteran gigi untuk anak-anak, kedokteran gigi untuk lansia, atau kedokteran gigi kosmetik. Dokter gigi yang ingin bekerja sebagai dokter gigi harus mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S1 Kedokteran Gigi) atau Gelar Associate di bidang Kedokteran Gigi (D3 Kedokteran Gigi).