Apa Itu Video Art

VIDEO ART

Video art
adalah jenis seni yang bergantung pada gambar bergerak dan terdiri dari video dan / atau audio data. (Namun Seharusnya tidak boleh disamakan dengan televisi atau film eksperimental). Video art muncul menjadi ada selama 1960-an dan 1970-an, saat ini masih banyak dipraktekkan dan telah melahirkan meluasnya penggunaan instalasi video.

OVERVIEW

Seni video ini dinamai setelah rekaman video, yang paling sering digunakan dalam bentuk awal tahun, tapi sebelum itu seniman sudah mulai bekerja pada film, dan perubahan teknologi dengan Hard Disk, CD-ROM, DVD, dan solid state yang menggantikan rekaman video sebagai pembawa. Meskipun jelas paralel dan hubungan, seni video tidak film.
Salah satu kunci perbedaan antara seni video dan teater bioskop adalah bahwa seni video tidak selalu bergantung pada banyak konvensi yang mendefinisikan teater bioskop. Seni video mungkin tidak mempekerjakan penggunaan aktor, mungkin tidak mengandung dialog, mungkin tidak mempunyai narasi atau plot yang jelas, atau mengikuti salah satu konvensi lain yang umumnya mendefinisikan film sebagai hiburan. Pembedaan ini penting, karena seni video delineates tidak hanya dari bioskop, tetapi juga dari subkategori di mana definisi tersebut dapat menjadi berlumpur (seperti dalam kasus avant garde bioskop atau film-film pendek). Mungkin yang paling sederhana, paling mudah menentukan perbedaan dalam hal ini kemudian akan mengatakan bahwa (mungkin) bioskop Tujuan utama adalah untuk menghibur, [rujukan?] Sedangkan niat seni video lebih bervariasi, baik itu untuk hanya mengeksplorasi batas-batas medium itu sendiri (misalnya, Peter Kampus, Double Vision) atau untuk menyerang ketat harapan pemirsa video seperti yang dibentuk oleh bioskop konvensional (misalnya, Joan Jonas, Organic Vertical Honey Roll).

SEJARAH
Seni video sering dikatakan telah dimulai ketika Nam June Paik menggunakan Sony Portapak untuk menembak cuplikan dari Pope Paul VI’s prosesi melalui New York City pada musim gugur 1965. Pada hari yang sama, melintasi kota Greenwich Village di sebuah kafe, Paik memainkan kaset dan seni video lahir. Para seniman perancis Fred Hutan juga menggunakan Sony Portapak sejak tahun 1967. Fakta ini kadang-kadang diperdebatkan Namun, karena pertama Sony Portapak, yang tidak menjadi Videorover komersial tersedia hingga 1967 (Fred Hutan tidak bertentangan ini, dan mengatakan itu diberikan kepadanya oleh produsen [1]) dan bahwa Andy Warhol dikreditkan dengan menunjukkan seni video di bawah tanah hanya minggu sebelum Paik’s kepausan prosesi penyaringan. Namun Fred tidak menetapkan Hutan di situs Web yang pada tahun 1959 Wolf Vostell televisi yang tergabung ke dalam salah satu karya-karyanya, “Deutscher Ausblick” 1959, yang merupakan bagian dari koleksi Museum Galerie Berlinische pertama mungkin karya seni dengan televisi. Tahun 1963 menunjukkan seninya Vostell lingkungan “6 TV de-coll/age” di Galeri Smolin di New York. Pekerjaan ini merupakan bagian dari koleksi Museo Reina Sofia di Madrid.
Sebelum pengenalan Sony Portapak, “gambar bergerak” teknologi ini hanya tersedia bagi konsumen (atau artis yang lain), dengan cara milimeter delapan atau enam belas film, tapi tidak menyediakan instan pemutaran rekaman video teknologi yang ditawarkan. Akibatnya, banyak seniman menemukan video yang lebih menarik dari film, bahkan lebih apabila aksesibilitas yang lebih besar itu digabungkan dengan teknologi yang dapat mengedit atau memodifikasi gambar video.
Dua contoh yang disebutkan di atas, baik yang dibuat menggunakan “teknologi rendah trik” untuk menghasilkan karya-karya seni video seminalis. Petrus Kampus ‘Double Vision gabungan sinyal video dari dua Sony Portapaks melalui mixer elektronik, mengakibatkan disonan menyimpang dan gambar secara radikal. Jonas ‘Organic Honey Vertikal Roll direkam sebelumnya terlibat merekam materi seperti yang diputar ulang pada televisi – dengan pengaturan vertikal sengaja terus dalam kesalahan.
Pertama multi-channel video art (menggunakan beberapa monitor atau layar) adalah Usap Siklus oleh Ira Schneider dan Frank Gillette. Instalasi dari sembilan layar televisi, Lap Siklus untuk pertama kalinya tinggal gambar gabungan galeri pengunjung, ditemukan cuplikan dari televisi komersial, dan tembakan dari pra-rekaman kaset. Bahan ini berganti-ganti dari satu monitor ke berikutnya koreografi yang rumit.
Di San Jose State studio TV pada tahun 1970, Willoughby Sharp memulai “Videoviews” seri video rekaman dialog dengan seniman. The “Videoviews” seri terdiri dari Benda tajam ‘dialog dengan Bruce Nauman (1970), Joseph Beuys (1972), Vito Acconci (1973), Chris Burden (1973), Lowell Darling (1974), dan Dennis Oppenheim (1974). Juga pada tahun 1970, Sharp curated “Body Works,” sebuah pameran karya-karya video Vito Acconci, Terry Fox, Richard Serra, Keith Sonnier, Dennis Oppenheim dan William Wegman yang disajikan di Tom Marioni’s Museum of Conceptual Art, San Francisco, California.

VIDEO ART hari
Walaupun terus diproduksi, ini diwakili oleh dua varietas: single-saluran dan instalasi. Single-channel bekerja jauh lebih dekat dengan gagasan konvensional televisi: sebuah video diputar, diproyeksikan atau ditampilkan sebagai gambar tunggal, karya Instalasi melibatkan baik lingkungan, beberapa potongan video yang berbeda disajikan secara terpisah, atau kombinasi dari video dengan media tradisional seperti patung. Instalasi video adalah bentuk yang paling umum seni video hari ini. Kadang-kadang dikombinasikan dengan media lain dan sering dimasukkan oleh keseluruhan lebih besar dari suatu instalasi atau kinerja. Kontribusi kontemporer sedang diproduksi di persimpangan disiplin lain seperti instalasi, arsitektur, desain, seni patung, seni elektronik, VJ (video artis kinerja) dan digital art atau documentative lain aspek praktik artistik.
Digital video “revolusi” dari tahun 1990-an telah memberikan akses yang luas untuk mengedit dan kontrol canggih teknologi, sehingga banyak seniman untuk bekerja dengan video dan menciptakan instalasi interaktif berbasis di video. Beberapa contoh tren baru dalam seni video digital sepenuhnya diberikan meliputi lingkungan diciptakan tanpa kamera dan video yang tanggap terhadap gerakan si pengamat atau unsur-unsur lain dari lingkungan. Internet juga telah digunakan untuk memungkinkan kontrol video dalam instalasi dari world wide web