Apakah Efektifkah Berolahraga Sambil Mendengarkan Musik?

Sudah tak asing lagi kita melihat orang-orang yang berolahraga sambil mendengarkan musik lewat earphone atau headphone mereka dan download lagu kesukaan mereka. Beberapa menyebut bersama dengan mendengarkan musik mampu membantu fokus dan membawa dampak olahraga lebih menyenangkan.

Michael Mosley dari acara Trust Me I’m a Doctor yang disiarkan BBC coba sebuah eksperimen yang melihat apakah menambah musik mampu membawa dampak orang mampu laksanakan olahraga jalan kaki santai lebih cepat.

Salah satu kasus bersama dengan memberi saran orang untuk berolahraga jalan kaki santai adalah tak banyak yang mengetahui maksudnya. Seperti secepat apa berjalannya, atau bagaimana langkah berjalannya.

Definisi yang mengetahui dari olahraga jalan kaki santai adalah berjalan kaki 100 langkah per menit. Dan hal ini mampu dibantu bersama dengan mendengarkan musik yang punya ketukan yang setidaknya sama. Musik seperti Dancing Queen milik ABBA,” kata Michael, dikutip dari BBC.

Michael bekerja serupa bersama dengan Marie Murphy, dosen olahraga dan kesehatan di Ulster University dan merekrut 24 sukarelawan berusia rentang antara 25 dan 65 th. yang secara acak dipisah jadi dua kelompok.

Satu kelompok diberikan pedometer dan diminta untuk coba meraih 10 ribu langkah per hari, waktu kelompok lainnya diminta untuk berjalan santai sepanjang 30 menit sambil mendengarkan musik yang udah dipilihkan untuk mereka.

“Kami mengetes tekanan darah, kolesterol, dan lemak tubuh seluruh orang di awal eksperimen, dan mengajak mereka untuk laksanakan olahraga apapun sepanjang lima minggu sebelum saat mereka lagi untuk dites ulang,” tutur Michael.Mereka yang berjalan santai mendapatkan sambil mendengarkan musik benar-benar nikmat, tetapi apakah membawa dampak perbedaan?

“Kabar baiknya adalah kita melihat perubahan positif di ke-2 grup, tetapi mereka yang berjalan santai sambil mendengarkan musik nampak adanya sedikit perbaikan ketimbang mereka yang laksanakan 10 ribu langkah,” jawab Prof Murphy.

Yang merintis 10 ribu langkah punya penurunan lemak tubuh sebanyak 1,8 persen, waktu yang berjalan santai 2,4 persen. Mereka yang berjalan santai juuga nampak adanya penurunan di tekanan darah.

“Jadi pesannya adalah, kecuali kamu selalu menghendaki ideal, baik secara mental maupun fisik, dengarkan musik yang punya ketukan cepat dan gerakkan kakimu di depan satu serupa lain (berjalan),” pungkas Michael.