Biografi & Karir Priyanka Chopra, Aktis dan Penyanyi India

Biografi & Karir Priyanka Chopra, Aktis dan Penyanyi India

Priyanka Chopra Jonas adalah aktris, penyanyi dan produser film India sekaligus  pemenang ajang Miss World 2000 yang lahir pada tanggal 18 Juli 1982 di Jamshedpur Jharkhand India. Dengan pencapaiannya, Chopra dianggap telah menjadi seorang penghibur asal Inida dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2014, selain itu ia telah menerima banyak penghargaan termasuk Penghargaan Film Nasional dan lima Penghargaan Fikmfare. Tahun 2016 bahkan pemerintah India menghormatinya dengan Padma Shri dan Time menobatkannya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia.

Wanita berumur 38 tahun ini merupakan anak dari pasangan suami istri Ashok dan Madhu Chopra yang merupakan seorang dokter di Angkatan Darat India. Ayahnya merupakan seorang Hindu Punjabi dari Ambala, sedangkan ibunya merupakan putri tertua Dr. Monhar Kishan Akhouri. Chopra memiliki seorang saudara laki-laki bernama Siddhartath yang berusia tujuh tahun lebih muda darinya. Karena orang tuanya bertugas sebagai dokter militer, keluarganya ditempatkan di sejumlah tempat di india seperti: Delhi, Chandigarh, Ambala, Ladakh, Lucknow dan masih banyak lagi. Hal tersebut juga menyebabkan Chopra dan sang adiknya kerap kali berpindah-pindah ketika sekolah, namun ia tidak merasa keberatan ketika harus berpindah-pindah sekolah demi pekerjaan orang tuanya.

Sejak kecil, Chopra awalnya bercita-cita untuk belajar teknik penerbangan, namun akhirnya ia menerima tawaran untuk bergabung dengan industri film India setelah kemenangan kontes audisi yang ia ikuti. Debut film  pertama Chopra berjudul Love Story of a Spy tahun 2003, dalam film ini Chopra berperan sebagai wanita yang bertugas menjadi mata-mata terkenal. Kesuksesan debut pertama yang berhasil Chopra raih membuat dirinya menjadi lebih memantapkan diri untuk terjun lebih dalam di dunia akting.

Chopra meraih kesuksesan pada tahun 2008 karena memerankan model bermasalah dalam drama Fashion, film ini mampu memenangkan penghargaan film Nasional untuk Aktris Terbaik dan Jurnalis Glamor di Dostana. Chopra mendapatkan pengakuan yang lebih luas karena berhasil memerankan berbagai karakter dalam film-film terlaris sepanjang masa, diantaranya: 7 Khoon Maaf, Barfi, Mary Kom, Bajirao Mastani dan masih banyak lagi. Celebrities Bio

Chopra juga aktif ikut aktif mempromosikan tujuan sosial seperti lingkungan dan hak-hak perempuan, vokal tentang kesetaraan dan kesenjangan upah gender, dan feminisme. Chopra juga telah bekerja sama dengan UNICEF sejak tahun 2006, ia ditunjuk sebagai Duta Besar Niat Baik UNISEF nasional dan global untuk hak-hak anak pada tahun 2010-2016. Chopra juga pendiri perusahaan produksi Purple Pebble Pictures, dimana dia telah memproduksi beberapa film India regional termasuk film Marathi Ventilator.

Sebagai seorang anak yang berbakti pada keluarga, Chopra selalu berusaha mempertahankan hubungan baik dengan keluarga termasuk adik laki-lakinya. Chopra juga sangat dekat dengan ayahnya, namun ayahnya meninggal pada bulan Juni 2013 lalu. Kecintaanya pada sang ayah membuat Chopra berani membuat tato bertuliskan Gadis Kecil Sang Ayah yang terletak di tangannya. Chopra berusaha menjadi wanita yang mandiri dan senantiasa menjaga sang ibu. Karena tak lama setelah ayahnya meninggal sang ibu memutuskan untuk berhenti berkarir dan fokus mendukung karir Chopra.

Meskipun Chopra dikenal sebagai sosok yang ramah terhadap media, Chopra juga merupakan sosok yang terbuka dengan kehidupan pribadinya. Ia mulai berkencan dengan penyanyi dan aktor Amerika Nick Jonas pada bulan Mei 2018, kemudian Jonas melamarnya pada tanggal 19 Juli 2018 dalam upacara Punjabi Roka di Mumbai. Bulan Desember 2018 mereka menikah di Istana Umaid Bhawan Jodhpur dalam upacara tradisional Hindu dan Kristen. Setelah pernikahan tersebut, Chopra secara resmi mengubah nama lemgkapnya menjadi Priyanka Chopra Jonas.

Referensi: https://www.gluwee.com/priyanka-chopra/