Bumbu Bistik Ayam Sederhana

Bumbu Bistik Ayam Sederhana Dan Lezat Rasanya

Bumbu bistik ayam sederhana sangatlah mudah dibuat dirumah. Selain mudah dibuat resep ini sering dijadikan menu utama karena rasanya yang lezat karena dibuat dengan bumbu khas nusantara yang sangat disukai oleh semua kalangan masnyarakat.

Bistik

bistik

Bistik sendiri marupakan kata serapan dari beef steak yang merujuk pada daging sapi. Nah, beef steak berupakan olahan daging yang tidak biasa, daging yang biasa dipakai adalah bagian daging tinderolin / sirloin (daging yang terlepas dari jaringan otot). Namun, bistik (beef steak) diIndonesia bahan utama resep beef steak tidak harus daging sapi, melainkan bisa menggunakan daging ayam atau daging ikan.

Manfaat Mengonsumsi Daging Ayam

daging ayam

1. Daging Ayam Mengandung Protein Baik Untuk Otot

Protein menjadi salah satu zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging ayam menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Tingginya protein dalam daging ayam dapat membantu untuk meningkatkan pembentukan otot. Biasanya manfaat ayam ini digunakan bagi orang yang sedang ingin membentuk massa otot dengan melakukan aktivitas gym.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Tak hanya itu, daging ayam juga bisa digunakan sebagai makanan diet namun dengan olahan yang berbeda dari biasanya. Misalnya tidak dimasak dengan minyak goreng panas untuk menghindari kolesterol jahat, biasanya teknik yang dilakukan dengan cara direbus atau digoreng dengan virgin oil. Bagian dada dan paha memiliki jumlah protein hingga 25 – 30 gram pada tiap potongnya. Selain itu, daging ayam juga dapat memberikan efek kenyang.

Ingat ALovers, walaupun ayam memiliki kandungan protein yang cocok untuk diet, namun kamu harus tetap menyeimbangkannya dengan olahraga. Supaya berat badan ideal kamu bisa tercapai.

3. Meningkatkan Metabolisme

Tidak hanya protein, saat kamu memakan daging ayam terdapat kandungan vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh kamu lho.

Jadi, kamu nggak perlu takut gendut saat makan ayam. Eits, yang paling penting kamu jangan berlebihan saat makan ayam dan harus diperhatikan bagaimana saat ayam dimasak.

4. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Ayam mengandung vitamin B3 atau kandungan niacin memiliki fungsi yang baik untuk tubuh kamu yaitu, menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Biasanya ayam sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki penyakit hipertensi. Kula saranin, kamu mengkonsumsi bagian dada karena rendah lemak dan dimasak dengan cara direbus.

5. Mampu Menghilangkan Stress

Aku tebak pasti kamu baru tahu nih manfaat dari ayam yang ini. Yup betul, mengkonsumsi daging ayam ternyata bisa menghilangkan rasa stres. Lho, kok bisa? Nih, simak ya.

Ayam memiliki kandungan vitamin B5 dan asam amino yang biasa disebut dengan tryptophan. Zat ini berfungsi untuk menghilangkan rasa stress dan dinilai bisa merubah suasana hati menjadi lebih tenang dan rileks. Nah, buat kamu yang lagi banyak pikiran bisa dicoba nih makan menu ayam supaya kamu bisa lebih tenang.

Resep Bistik Ayam Giling

bistik ayam giling

Bahan-bahan :

  • 1/4 kg ayam giling
  • Bahan ayam
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • Bahan kuah
  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • Kecap
  • Tomat
  • Kaldu ayam
  • Pelengkap
  • secukupnya Garam, gula, lada, pala dan penyedap
  • Wortil dan buncis (dikukus pakai mentega)

Cara Membuat Bistik Ayam Giling :

  1. Campur ayam giling dengan bahan ayam yg telah dihaluskan, beri penyedap cek rasa. Siapkan air, setelah mendidih masukkan ayam dan tunggu smpai bulatan ayam mengapung. Air rebusan jgn dbuang, nanti akn djdikn kaldu.
  2. Tumis bahan kuah, smpai harum. Masukkan kaldu ayam, tunggu mndidih, stlh mndidih lalu masukkan bulatan ayam, kecap, pala, garam, gula dan penyedap, cek rasa. Setelah sipp takhr masukkan tomat.
  3. Tata wortel dan buncis yang telah dikukus diatas piring, siram dengan kuah bestik dan ayamnya, sajikan selagi hangat

Note :

  • Daging yang digunakan adalah daging ayam giling yang bisa didapatkan dari membelinya ditoko bisa juga membuatnya dengan choper dan mesin daging giling bakso namun perhatikan kesegaran daging sebelum membelinya.

Itulah cara memasak resep bistik ayam giling, gimana mudah kan. Kalian juga bisa mengolah daging giling dengan bistik dengan mencoba resep buncis daging cincang. Selamat menikmati!