Cara Buat Lemper Abon Sapi Khas Yang Nikmat Tanpa Pengawet

Kalian bingung mau ada acara tapi gak tau makanan ringannya mau apa? berikut Cara Buat Lemper Abon Sapi khas yang nikmat tanpa pengawet yang pastinya kalian tidak akan merasa kesulitan walaupun belum pernah mencoba membuatnya.

Cara Buat Lemper Abon Sapi

Indonesia memiliki ragam kuliner tradisional yang khas. Mulai dari makanan yang dapat dijual di pasar. Salah satu makanan Indonesia yang banyak diminati yaitu lemper. Lemper merupakan salah satu makanan tradisional yang khas dari daerah Kalimantan Barat. Lemper merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dan biasanya isiannya yaitu abon ayam atau abon sapi yang kemudian dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Indonesia memiliki ragam kuliner tradisional yang khas.

Mulai dari makanan yang biasa dijual di pasar. Salah satu makanan tradisional Indonesia yang banyak diminati yaitu lemper abon sapi. Banyak yang dapat kalian lakukan untuk membuat lemper abon sapi ini. Bisa menggunakan pelapis crepe yang terbuat dari adonan tepung yang diberi bumbu dan telur lalu digoreng, yang sering dikenal dengan semar mendem.

Sajian lemper ini biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Lemper ini selalu hadir pada acara-acara tertentu, misalkan pernikahan. Lemper biasanya dibuat dengan menggunakan bahan isian abon atau serundeng di dalamnya. sehingga dengan begitu lemper abon sapi akan terlihat khas dan memiliki cita rasa yang spesial. Daging sapi suwir merupakan salah satu bahan isian yang digunakan untuk mengisi lemper. Namun selain itu kalian juga bisa menambahkan bahan isi lainnya seperti serundeng.

Abon sapi merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat untuk isian lemper. Lemper abon sapi ini akan enak dan nikmat ketika kalian merasakan memakan lemper abon sapi ini. Untuk itu kalian harus membuatnya sendiri di rumah untuk dinikmati bersama dengan keluarga tercinta. Proses pembuatan lemper abon sapi ini cukup praktis dan mudah. Kalian tidak akan merasa kesulitan walaupun belum pernah membuatnya sama sekali.

Tidak hanya itu, bahan-bahan yang dibutuhkannya pun sangat sederhana. Kalian bisa menemukan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat lemper ini dengan mudah di pasar tradisional.

Adapula sebagai pengganti ketan pada lemper yaitu nasi kukus yang diberi isian potongan wortel, atau tempe yang di masak. Makanan ini sering dikenal dengan arem-arem. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara buat lemper isi abon sapi enak. Jajanan lemper yang satu ini sudah cukup populer di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan lemper sering dijadikan menu makanan sebelum mengonsumsi menu utama.

Biasanya lemper abon sapi ini disajikan sebagai menu andalan dan juga sering dipadukan dengan makanan tradisional lainnya. Yang membuat masakan ini membutuhkan waktu yang lama yaitu untuk buat menanak ketannya. Lemper abon sapi ini sangatlah enak dan nikmat rasanya ketika dimakan saat masih hangat, untuk itu kalian harus membuatnya sendiri di rumah untuk disantap bersama dengan keluarga tercinta.

Sekarang ternyata banyak orang yang memvariasikan lemper ke bentuk lain seperti isiannya yang berbeda-beda, dan sajian lemper yang bervariasi. Proses membuat lemper abon sapi memang sangat mudah sekali dilakukan. Namun akan terasa lebih ringan jika pembuatan abon dibantu dengan mesin. Seperti mesin suwir abon daging. Pengolahan abon memang selalu melewati penyuwiran daging.

Proses penyuwiran daging abon akan terasa lebih cepat dan mudah jika menggunakan mesin suwir abon daging ini. Proses penyuwirannya akan dilakukan dengan sangat cepat, mudah dan efektif apabila menggunakan mesin itu. Dalam menyuwir daging sapi ini kalian tidak akan merasa kesulitan ataupun kelelahan dan dengan mesin itu tidak menyita waktu banyak kalian. Mesin pembuat abon ini dihadirkan supaya mempermudah proses pembuatan abon daging sapi kalian.

Jajanan lemper abon sapi ini sangat di gemari banyak orang karena bukan hanya enak tetapi mengenyangkan. Proses pembuatan lemper abon sapi ini cukup mudah. Kalian tidak akan merasa kesulitan walaupun belum pernah mencoba membuatnya sama sekali.

Tidak hanya itu, bahan yang dibutuhkan untuk membuat lemper pun sangat sederhana. Kalian bisa menemukan bahan lemper yang diperlukan dengan mudah di pasar tradisional. Adapula sebagai pengganti ketan lemper yaitu nasi yang diberi isian potongan wortel atau ayam suwir, makanan ini sering dikenal dengan arem-arem.

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara buat lemper abon sapi khas yang enak. Jajanan yang satu ini sudah cukup populer di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan makanan ini sering dijadikan menu makanan sebelum mengonsumsi menu utama atau makanan berat.

Biasanya lemper abon sapi ini disajikan sebagai menu makanan ringan dan juga sering dipadukan dengan makanan tradisional lainnya. Yang membuat masakan lemper abon ini memakan waktu yang cukup lama adalah ketika memasak ketannya. Lemper abon sapi ini sangat enak dan nikmat ketika dimakan saat masih hangat. Untuk itu kalian harus membuat lemper ini sendiri di rumah untuk dimakan bersama dengan keluarga kalian.

Terus ketan di bungkus dengan daun pisang satu persatu dengan bentuk seperti membuat lontong, bisa berbentuk panjang atau kecil. Nggak sampai disitu proses pembuatan lemper masih berlanjut dengan cara di kukus sampai matang. Terus tinggal didinginkan. Dari pada penasaran sama cara buat lemper abon sapi ini, kalian bisa menyimak bahan dan cara pembuat lemper abon sapi sebagai berikut.

Bahan Lemper Abon Sapi :

  • 1 liter beras ketan

  • 1 lembar daun pandan

  • 350 ml santan kelapa

  • 2 lembar daun salam

  • 1 batang serai, geprek

  • 1/4 sendok teh garam halus

  • Daun pisang

  • tusuk gigi potong 2 bagian

Isian :

  • Abon sapi secukupnya

Cara Membuat Adonan Lemper :

  1. Cuci bersih ketan, Dan rendam dengan air sekitar 5 jam. Tiriskan sampai ketan mengeluarkan uap dari wadah yang melalui ketan ketan tersebut, sekitar 20 menit, angkat, Dan masukkan ke dalam mangkuk.

  2. Masak santan, dan tambahkan serai, daun pandan, garam dan gula masak sampai mendidih.

  3. Masukkan santan kedalam wadah yang berisi ketan yang telah dikukus, aduk hingga rata sambil mencicipi rasanya.

  4. Diamkan selama 10 menit, biarkan santan meresap kedalam ketan.

  5. Ketan di kukus lagi Dan jangan lupa cek air kukusannya sebelum dipakai untuk mengkukus ketan.

  6. Siapkan daun pisang, yang sudah dibersihkan dan dipisahkan dari tulang kerasnya, panggang sampai layu, potong secukupnya, lakukan sampai daun pisang habis, dan buat secukupnya daun pisang kecil untuk pembungkus lemper (tanpa dipanggang).

  7. Cek ketan yang di kukus dengan di aduk-aduk hingga tingkat kematangannya sesuai,

  8. Setelah ketan matang timbang adonan ketan dan gunakan plastik, pipihkan dan di beri abon sapi.

  9. Setelah itu bentuk oval padat, balut dengan daun pisang kecil, balut lagi dengan daun pisang lebar yang sudah dipanggang tadi, gulung dan berilah tusuk gigi di ujungnya.

Cara Membuat :

  1. Ambil 2 sendok ketan yang sudah dibuat. Lalu pipihkan.

  2. Isi dengan menggunakan abon sapi. Lalu gulung.

  3. Bungkus ketan dengan menggunakan daun pisang layaknya lontong.

  4. Tusuk dengan lidi di ujung-ujungnya agar daun pisang yang membungkusnya tidak terlepas.

  5. Lakukan langkah yang sama sampai semua bahan-bahan habis.

  6. Setelah semua ketan selesai dibungkus dengan daun pisang, kalian bisa langsung menyiapkan alat untuk mengkukus lemper ini.

  7. Kukus kembali ketan selama 10 sampai 15 menit. Jika sudah, bisa langsung mengangkat dan menghidangkannya.

  8. Lemper selesai dibuat, langsung bisa di makan dan di sajikan ketika dalam keadaan masih hangat agar terasa enak.

  9. Untuk menambah ke lezatannya kalian dapat memakannya dengan ditemani minuman manis seperti teh manis, kopi dan lain sebagainya.

Hidangan lemper nikmat ini dapat kalian makan ketika dalam keadaan masih hangat agar terasa lebih lengkap dan enak. Untuk menambah kelezatannya, kalian bisa memakannya dengan ditemani minuman manis seperti misalkan secangkir kopi, teh dan lain sebagainya.

Bagaimana, Resep lemper abon sapi ini memang sangatlah mudah buat kalian coba bukan. Yang mana pembuatannya bisa dilakukan dirumah. Dengan tata cara buat lemper abon sapi ini kalian bisa membuatnya dan mendapatkan hasil lemper yang sempurna yang sesuai ke inginan kalian.

Demikian artikel tentang cara buat lemper abon sapi khas yang nikmat tanpa pengawet ini bisa kalian coba dan praktekkan dirumah. Semoga saja dengan kehadiran artikel yang saya bahas diatas ini bisa berguna dan membawa manfaat bagi kalian. Selamat mencoba cara buat lemper abon sapi yang saya tuliskan diatas dan semoga bermanfaat. Terimakasih.