cara buat minyak kelapa untuk rambut

Cara Buat Minyak Kelapa Untuk Rambut Yang Bisa Kalian Coba

Cara buat minyak kelapa untuk rambut – Minyak kelapa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Untuk mendapat manfaat tersebut, kamu dapat mencoba membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Selain lebih terjamin dan keamanannya, kamu dapat mendapatkan manfaat minyak kelapa secara optimal.

Manfaat Minyak Kelapa

cara buat minyak kelapa untuk rambut

1. Menghilangkan kutu rambut

cara buat minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa juga dipercaya ampuh mengobati dan mencegah kutu rambut. Manfaat ini berasal dari kandungan asam laurat yang terdapat pada dalam minyak kelapa yang dipercaya bisa mencegah kutu alami.

2. Menurunkan berat badan

Minyak kelapa lebih rendah kalori dibandingkan minyak lainnya. Dengan demikian, penggunaan minyak kelapa dinilai baik untuk penderita obesitas.

Kandungan lemak jenis MCT yang terdapat pada minyak kelapa dipercaya bisa menurunkan berat badan. Tapi, jumlah konsumsinya tetap harus dibatasi.

Selain minyak kelapa, Anda juga merekomendasikan menggunakan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur untuk mengecualikan berat badan.

Yuk Mampir Ke Website Kami : Rumah Mesin

3. Baik untuk orang yang tinggi kolesterol.

Beberapa penelitian telah menunjukkan kalau minyak kelapa bisa meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh, dan mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Jadi, cara membuat minyak kelapa dianggap begitu baik untuk orang yang tinggi kolesterol.

Namun, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak kelapa tidak selalu baik untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat minyak kelapa dalam kolesterol tinggi.

4. Kulit lembab

Minyak kelapa bisa dipakai untuk pelembab ringan kulit. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa dengan rutin setelah mandi. Memakai minyak kelapa dua kali sehari ke kulit kering bisa membantu melembabkan kulit.

5. Diabetes

Minyak kelapa dapat memiliki efek menguntungkan pada diabetes, karena diyakini dapat mengatur kadar gula darah dan meningkatkan resistensi insulin. Tapi, dikarenakan jenis lemak yang berada didalam minyak kelapa adalah lemak jenuh, para penderita diabetes menyarankan agar membatasi asupan minyak kelapa.

Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

cara buat minyak kelapa untuk rambut

Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat minyak kelapa di atas, kamu dapat mencoba buat minyak kelapa sendiri di rumah. Berikut beberapa langkahnya:

Metode 1: Rebus kelapa

  1. Siapkan 4 gelas air, lalu panaskan hingga mendidih. Sambil menunggu air mendidih, parut 2 butir kelapa. Campurkan kelapa parut ke dalam air panas, lalu haluskan dengan blender.
  2. Saring air kelapa yang dihancurkan menggunakan saringan ketat untuk mengekstrak santan. Setelah santan terkumpul, rebus dengan suhu rendah.
  3. Aduk terus hingga air mendidih, mengepul, dan kelapa coklat terpisah dari minyaknya. Pada umumnya proses ini memakan waktu sampai 1 jam.

Metode 2: Saring kelapa

  1. Potong daging kelapa tua menjadi potongan-potongan kecil. Aduk hingga rata dan bila perlu bisa ditambahkan air agar prosesnya lebih mudah dan cepat.
  2. Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan ulangi untuk menghasilkan lebih banyak santan. Biarkan dalam toples selama 24 jam supaya lapisan santan serta minyak kelapa terpisah.

Baca Juga : Produk Mesin VCO

Cara 3: Peras kelapanya

  1. Pakai kelapa segar ataupun kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika memakai kelapa segar, potong kecil – kecil serta keringkan selama 1 hari. Tapi, jika kamu memakai parutan kelapa yang dibeli di toko, pastikan kamu menggunakan jenis yang permukaannya kasar.
  2. Masukkan kelapa ke dalam blender sedikit. Tuang blender yang dihasilkan ke dalam stoples dan simpan di tempat yang hangat sepanjang hari. Sesudah itu, minyak kelapa akan muncul pada permukaan, dan sedangkan lapisan tebal akan turun pada bagian bawah toples.

Walaupun minyak kelapa menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan, masih memerlukajn penelitian yang lebih lanjut. Jadi, Kamu tidak hanya mempercayai minyak kelapa yang disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, terapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur, makan makanan yang sehat dan seimbang, berhenti merokok, dan membatasi konsumsi minuman beralkohol.

Sekian pembahasan tentang cara buat minyak kelapa untuk rambut yang bisa Anda coba di rumah. Semoga membantu, terima kasih.