Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus

Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus Cocok Untuk Dijual

Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus adalah sebuah proses pembuatan semacam roti pada umumnya, namun bakpao ini memiliki tekstur yang empuk dan lembut. Bahan dan alat yang digunakan pun sangat sederhana dan mudah untuk didapatkan di mana saja. Semua kalangan usia menyukainya karena rasanya yang lezat dan bentuknya yang sangat menarik.

Bakpao coklat kukus ini biasanya sering ditemukan di pinggir jalan atau di sekitar pasar – pasar, tapi biasanya lebih banyak menggunakan gerobak keliling. Karena bakpao kukus ini memiliki cita rasa yang sangat khas di lidah masyarakat Indonesia, maka tidak diragukan lagi jika bakpao kukus ini banyak dicari oleh orang – orang walaupun susah untuk menemukannya.

Banyak sekali varian rasa yang dimiliki oleh bakpao kukus ini, seperti coklat, strawberry, daging, pandan coklat dan lain – lainnya. Memiliki proses pembuatan yang sederhana, maka kalian di rumah harus mencobanya. Untuk itu kalian di rumah yang ingin mencobanya, perhatikan baik – baik informasi berikut ini.

Bakpao

Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus

Bakpao merupakan salah satu kue yang sangat populer di Indonesia, namun kue tradisional ini berasal dari China, kue tersebut dikenal dengan nama Bakpao di Indonesia, kata sarapan dari bahasa Hokkien.

Roti ini biasanya diisi dengan daging, coklat, pandan, atau kacang hijau. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat makanan ini begitu diminati banyak orang. Selain enak, roti gulung ini relatif rendah minyak karena tidak digoreng atau dikukus.

Jenis makanan yang satu ini terbuat dari adonan tepung yang ditambahkan ragi untuk mengembang lalu diisi di tengahnya. Cara membuat bakpao ini dapat digambarkan sederhana – mudah hingga sulit. Untuk membuatnya, dibutuhkan teknik menguleni adonan sendiri.

Nah, buat kamu yang ingin membuat bakpao anti gagal, enak, lembut dan empuk, simak penjelasan resep membuat bakpao coklat kukus berikut ini.

Coklat

Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus

Adalah sebutan untuk makanan atau minuman olahan yang terbuat dari biji kakao (Theobroma cacao). Pertama kali dikonsumsi sebagai minuman oleh masyarakat Mesoamerika kuno, meskipun diyakini pada masa lalu hanya dapat dikonsumsi oleh para bangsawan.

Cokelat umumnya diberikan atau diberikan pada hari libur. Dengan bentuk, corak, dan rasanya yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan rasa terima kasih, simpati atau perhatian, bahkan sebagai tanda cinta. Makanan ini menjadi salah satu rasa paling populer di dunia. Cokelat tidak hanya paling umum dikonsumsi dalam bentuk permen, tetapi juga merupakan bahan dalam minuman panas dan dingin.

Yang terbuat dari kakao (Theobroma cacao) dan diyakini pertama kali ditanam di Amazon utara hingga Amerika Tengah. Mungkin ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko. Menggunakan pohon dan mungkin juga membuat “cokelat” di sepanjang pantai Teluk di Meksiko selatan. Cokelat paling awal ditemukan dalam penggunaannya di fasilitas pemrosesan cokelat di Puerto Escondido, Honduras, sekitar 1100-1400 SM. Residu yang diperoleh dari tangki pengolahan ini menunjukkan bahwa kakao pada awalnya tidak hanya ditujukan untuk produksi minuman, tetapi lapisan putih biji kakao lebih banyak digunakan sebagai sumber gula untuk minuman beralkohol.

Mengukus

Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus

Teknik mengukus adalah proses memasak yang menguapkan uap panas dari air mendidih. Saat dimasukkan ke dalam panci yang sama, uap panas perlahan memasak makanan. Inilah manfaat utama mengukus.

Cara memasak ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Jika Anda mengukus dengan cairan beraroma, makanan yang dikukus secara otomatis akan memiliki rasa yang sama. Bagi orang yang membatasi asupan kalori dan lemaknya, cara ini bisa menjadi alternatif yang baik karena tidak menggunakan minyak. Juga, mengukus adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi dari sayuran.

Mengukus juga dikenal untuk meminimalkan makanan yang terlalu matang. Makanan yang dimasak terlalu lama meningkatkan risiko kehilangan nutrisi. Mengukus juga mempertahankan bentuk makanan.

Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus

Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus

Bahan – Bahan :

  • 500 gram tepung terigu
  • 100 gram gula halus
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 250 ml air
  • 50 gram mentega
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • coklat, secukupnya

Cara Membuat :

  1. Siapkan wadah lalu campurkan terigu, gula dan ragi instan lalu diaduk rata. Masukkan air sambil aduk-aduk rata.
  2. masukan mentega dan garam, lalu uleni hingga rata. Kemudian masukan minyak goreng, campurkan sampai merata.
  3. Diamkan adonan selama 30 menit atau sampai 2 kali lipat tergantung suhu ruang masing-masing teman – teman di rumah.
  4. Bentuk isi menjadi bulatan dengan isian sesuai selera, diamkan kembali selama 10 menit
  5. Kukus kue pao dari yang dibulat pertama, kemudian kukus menggunakan api sedang, tapi sebelumnya kukusan sudah terlebih dahulu sampai mengeluarkan uap lumanyan banyak.
  6. Kue pao siap disajikan.

Tips Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus

Bakpao sangat khas dengan tekstur yang lembut, namun ada beberapa orang yang gagal membuat bakpao yang lembut ini.

1. Gunakan Tepung Terigu Protein Rendah

Secara tradisional, roti menggunakan tepung berprotein tinggi untuk membuatnya berserat, tetapi kue bakpao ini menggunakan tepung berprotein rendah yang tidak banyak mengandung gluten.

Ini karena tepung rendah protein membuat pori-pori roti lebih kecil. Pori-pori kecil ini membuat kue bakpao lembut saat digigit. Jika Anda menggunakan tepung terigu protein tinggi, pori-pori pada roti yang sudah jadi akan terlalu besar untuk menjadi lunak.

2. Harus Tepat Saat Membuat Adonan

Untuk membuat adonan kue Bakpao, kita hanya perlu mencampurkan bahan-bahan berupa tepung terigu protein rendah, gula pasir, susu bubuk, ragi instan dan baking powder. Tambahkan air es sedikit demi sedikit ke seluruh adonan. Kenapa harus pakai air es? Karena kue bakpao ini membutuhkan waktu lama untuk diuleni, gunakan air es agar adonan tidak cepat mendidih saat dibuat.

3. Uleni Adonan Hingga Elastis

Adonan elastis adalah adonan yang tidak mudah sobek saat diremas dengan jari. Untuk mendapatkan adonan yang elastis ini, Anda harus menguleninya cukup lama, tergantung cara menguleninya. Jika Anda menguleni dengan tangan, seperti yang Anda lakukan saat mencuci pakaian, adonan hanya akan elastis selama 20 hingga 30 menit.

Itu tergantung pada kecepatan dan jumlah adonan yang kita uleni. Saat menggunakan mixer, waktu minimum adalah sekitar 15 menit. Ciri lain dari adonan elastis adalah warnanya yang mengkilat dan permukaannya yang halus. Jika demikian, yang harus kita lakukan adalah membesarkannya dan itu bisa difermentasi. Ketika waktu fermentasi sudah habis, jangan lupa untuk meniup udara dari adonan agar hasil kue bakpao tetap kecil.

4. Pembulatan Adonan Harus Benar dan Halus

Setelah proses fermentasi selesai, langkah selanjutnya adalah memotong adonan dengan ukuran yang sama. Potong dan timbang adonan kue bakpao untuk ukuran sedang maksimal 50 gram, kalau mau lebih besar bisa sampai 70 gram. Saat memotong dan menimbang adonan untuk kue bakpao ini, perlu merata agar ukurannya sama dan juga bisa dimasak bersamaan saat dikukus.

Setelah itu, kita perlu membulatkan atau membulatkan adonan kue bakpao. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan bagian dalam jari telunjuk dan ibu jari tangan kita. Kemudian bulatkan adonan di atas permukaan yang rata hingga seluruh permukaan adonan licin. Proses pembulatan yang merata ini menghasilkan sanggul yang halus di bagian luar.

5. Tambahkan Garam ke Proses Akhir

Setelah memasukkan semua bahan untuk kue bakpao, mari tambahkan garam dan mentega terakhir. Mengapa kedua bahan ini termasuk dalam proses akhir? Karena jika mentega ditambah dengan bahan lain, adonan untuk roti gulung menggumpal dan tekstur roti gulung menjadi tidak rata. Sedangkan air ditambahkan terakhir karena airnya menyerap dan adonan selalu terlihat kering.

Demikianlah artikel mengenai Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus yang sangat simple dan lezat ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian di rumah. Terimakasih dan selamat mencoba.