Cara Membuat Bakso Ikan Lele Yang Kenyal

Cara membuat bakso ikan lele yang kenyal – Bakso merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari oleh semua kalangan. Dari anak-anak hingga orang dewasa. Menurut KBBI, bakso adalah makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dihaluskan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali jenis bakso, ada yang berbahan dasar daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan sekarang bakso tidak lagi hanya sekedar bakso saja tetapi bisa diisi dengan berbagai macam hal. Bisa diisi dengan menggunakan telur puyuh, telur ayam, sambal, sambal, sosis, dan keju.

Dalam penyajiannya, bakso biasanya disajikan panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur dengan mie, bihun, tauge, tahu, kadang telur dan ditaburi dengan bawang goreng dan seledri. Bakso ini sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima sampai restoran besar.

Cara Membuat Bakso Ikan Lele Yang Kenyal

Cara Membuat Bakso Ikan Lele Yang Kenyal

Cara membuat bakso sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat di Tionghoa. Buktinya ada pada penamaan makanan yang satu ini: bakso. Bakso memiliki arti harfiah ‘daging giling’. Karena Indonesia memiliki mayoritas masyarakatnya muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya dengan menggunakan daging yang halal, seperti daging sapi, ayam, kambing, atau ikan. Bakso terbuat dari

Daging sapi sangat umum kita temukan di berbagai tempat. Namun, harga daging sapi sendiri seringkali tidak menentu dan Anda bisa membuat alternatif lain dengan membuat bakso ikan. Bakso ikan sendiri memiliki rasa yang gurih dan juga biasanya menggunakan ikan tenggiri, lele, kakap, tuna atau jenis ikan lainnya. Yang terpenting tentunya bahan utama resep bakso ikan yang digunakan harus benar-benar ikan yang segar dan berkualitas

bagus. Hampir semua daging ikan berwarna putih, seperti lele, kerapu, tenggiri, tuna. Bahkan ikan lele pun bisa dengan mudah diolah menjadi bakso ikan yang enak dan nikmat. Yang terpenting daging ikannya harus segar dan memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek agar bakso ikan yang dibuat nantinya kenyal dan enak untuk disantap. Nah, kalau Kamu ingin makan bakso ikan

namun anda tidak ingin repot pergi ke pasar untuk mencari ikan tenggiri atau ikan lainnya, anda bisa mencoba ikan lele. Ya, seperti yang kita ketahui ikan lele sangat mudah didapatkan. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut cara membuat bakso lele yang kenyal. Bakso ini bisa dijadikan sebagai bisnis usaha yang menguntungkan, seperti halnya bisnis olahan ayam.

Bahan Cara Membuat Bakso Ikan:

  • 500 gram ikan lele yang sudah dibersihkan duri dan kulitnya
  • 3-4 siung bawang putih dan sedikit es serut untuk mencampur bahan bakso ikan
  • 2½ – ​​3 sdm tepung sagu atau tapioka. Sebaiknya pakai 2 sendok makan dulu baru ditambah nanti kalau terlalu lembek
  • 2 butir telur ayam, putihnya saja. Dinginkan di lemari es sebelum dicampur dengan bahan lain.
  • 1-2 sendok makan gula pasir dan garam secukupnya saja
  • Sedikit merica bubuk dan air bersih secukupnya

Cara Membuat Bakso Ikan:

1. Langkah pertama masukkan ikan lele ke dalam blender bersama dengan putih telur, bawang putih, garam, gula dan sedikit es batu. Blender semua bahan ini sampai benar-benar halus.

2. Siapkan wadah dan tuang ikan yang sudah diblender. Tuang tepung sagu atau tepung tapioka sambil diaduk dan diuleni searah jarum jam dan digulung sedikit seperti mencuci pakaian sampai semua bahan tercampur rata (kurang lebih 5 menit).

4. Tepung sagu atau tapioka bisa ditambahkan sedikit jika masih terlalu lembek. Siapkan panci dan rebus air bersih secukupnya sampai mendidih lalu matikan api.

6. Bentuk adonan bakso di tangan dan tekan hingga membentuk bola bakso. Ambil adonan pentol bakso dengan sendok makan dan masukkan ke dalam air panas dalam panci. Ulangi hingga bakso ikan habis.

8. Rebus bakso dengan api kecil hingga bakso mengapung dan matang. Setelah matang segera keluarkan dari panci, tiriskan dan dinginkan.

Cara Membuat Kuah Bakso:

1. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.

2. Masukkan tetelan dan tulang sapi lalu rebus hingga empuk atau sekitar 60 menit. Selama proses memasak, bersihkan kotoran yang mungkin menempel dan buih dari air yang naik ke atas.

3. Setelah itu siapkan wajan dan beri minyak secukupnya untuk menggoreng. Tambahkan bawang putih di cincang halus dan tumis hingga harum, lalu matikan.

5. Masukkan tumisan bawang putih beserta kaldu sapi, garam dan merica bubuk ke dalam panci berisi kaldu. Aduk agar semua bahan tercampur dengan hingga mendidih lalu matikan api. Agar lebih mudal dalam proses pembuatan bakso, Anda bisa membeli mesin pencetak bakso ini.