cara membuat bibit cabai hibrida sendiri

6 Cara Membuat Bibit Cabai Hibrida Sendiri di Rumah

Cara Membuat Bibit Cabai Hibrida Sendiri – Saat ini tanaman cabai menjadi salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan. Selain karena memiliki harga yang lumayan tinggi, masyarakat Indonesia juga tidak bisa lepas dari cita rasa makanan pedas yang diberikan oleh cabai.

Sayangnya, tingginya peminat cabai di Indonesia ini tidak dibarengi dengan jumlah tanaman tersebut untuk dibudidayakan. Maka tak jarang kita temui buah cabai impor yang dijual di pasaran. Padahal jika dilihat dari kondisi tanah dan iklim negara kita sangat cocok untuk ditanami cabai.

Dalam budidaya tanaman cabai, Anda harus memperhatikan kualitas benih cabai yang digunakan. Hal ini bertujuan agar tanaman cabai bisa menghasilkan buah cabai dengan kualitas baik dan tidak mudah terserang hama dan penyakit.

Salah satu jenis cabai dengan kualitas unggul yang dapat Anda gunakan yaitu benih cabai hibrida. Sesuai namanya, benih ini didapatkan dari persilangan dua induk tanaman cabai berkualitas.

Selain bisa membelinya di toko pertanian, Anda juga bisa membuat benih cabai sendiri di rumah. Tentunya tetap dengan memperhatikan kualitas dari buah cabai itu sendiri. Meskipun mudah dibuat, namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal dan prosedur agar benih cabai yang dihasilkan memiliki mutu yang tinggi dan berkualitas. Mari kita simak cara membuat bibit cabai hibrida sendiri di rumah berikut ini :

1. Pilih Bibit Cabai yang Baik

Langkah pertama, pilih induk cabai yang akan Anda gunakan sebagai benih. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa tanaman cabai yang digunakan memiliki jenis yang seragam dengan benih tanaman cabai lain yang akan dijadikan induk. Anda dapat memeriksanya dengan mengamati buah, batang, bentuk daun, bunga, serta beberpa bagian lainnya pada tanaman cabai;

2. Eliminasi Bibit Cabai yang Tidak Sesuai Standar | Cara Membuat Bibit Cabai Hibrida Sendiri

Setelah itu, pilih dan eliminasi cabai yang tidak sesuai dengan standar. Pastikan Anda tidak menggunakan cabai yang memiliki pertumbuhan berbeda. Langkah ini dilakukan sebelum bunga muncul untuk mencegah penyerbukan silang dan menyebabkan penurunan kualitas benih cabai yang akan digunakan.

3. Buang Bibit Cabai yang Terserang Hama dan Penyakit

Tanaman cabai yang terserang hama dan penyakit harus dibuang dan dimusnahkan agar tidak menyerang tanaman cabai yang masih sehat. Selain itu, tahapan ini juga berguna untuk menjaga kualitas buah cabai agar tetap baik.

4. Rawat Tanaman Cabai Pilihan  | Cara Membuat Bibit Cabai Hibrida Sendiri

Setelah diperoleh bibit cabai pilihan, Anda bisa melakukan tahap perawatan serta pemeliharaan. Tahap perawatan tanaman cabai bisa Anda lakukan dengan cara menyiram, menyiangi, serta memberikan pupuk secara rutin.

5. Panen Buah Cabai

Buah cabai yang sudah siap dipanen serta bisa dijadikan sebagai bibit merupakan buah cabai yang tua serta memiliki warna yang merah menyala.

6. Membuat Benih Cabai | Cara Membuat Bibit Cabai Hibrida Sendiri

Setelah mendapatkan buah cabai yang sesuai, selanjutnya Anda bisa membuat benih cabai. Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat benih cabai yang berkualitas :

  • Langkah pertama, iris buah cabai yang sudah Anda petik. Pastikan biji cabai tidak ikut tersayat agar tetap bisa digunakan dalam pembibitan.
  • Kemudian ambil biji-biji cabai yang telah disayat. Setelah itu cuci dengan menggunakan air bersih hingga kotoran dan kulit cabai terpisah dari bijinya.
  • Selanjutnya, rendam biji cabai dalam ember berisi air bersih. Aduk secara perlahan sambil diamati. Buang biji cabai yang terapung dan menyisakan biji yang tenggelam saja. Biji cabai yang terapung memiliki persentase tumbuh yang lebih rendah dibandingkan biji cabai yang tenggelam di dasar ember.
  • Terakhir, jemur biji-biji cabai tersebut di bawah sinar matahari. Tunggu hingga benar-benar kering dengan tekstur biji halus dan agak mengkilap. Biji cabai pun siap dijadikan sebagai benih.

Demikian tadi beberapa cara membuat bibit cabai hibrida sendiri di rumah yang dapat langsung Anda praktekkan untuk mendapatkan benih cabai yang unggul serta memiliki kualitas yang baik.

Kunjungi halaman utama website kami untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya.