Cara Membuat Capcin Untuk Jualan Yang Mudah Dicoba

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan ulasan tentang cara membuat capcin untuk jualan yang dapat anda coba.

Capcin atau singkatan dari cappucino cincau merupakan minuman yang terbuat dari cappucino dan Cincau. Cappucino sendiri adalah minuman khas dari yang berasal dari negara Italia, yang terdiri atas espresso dan susu.

Espresso merupakan minuman yang dihasilkan dari biji kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling. Dengan mesin atau pun manual dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan yang tinggi.

Espresso juga bisa dibuat Dengan menggunakan mesin espresso atau Mesin Pembuat kopi. Bisa juga dengan cara yang tradisional.

Setelah membahas mengenai cappucino, jangan lupa dengan bahan yang terpenting dari capcin yang tak lain adalah Cincau.

Cincau merupakan gel semacam jelly yang terbuat dari perendaman daun   tumbuhan tertentu. Cincau sendiri di bahasa asalnya yang sebenarnya adalah nama dari tumbuhan (mesona spp.) yang merupakan bahan dalam pembuatan gel ini cincau ini.

Cincau sering digunakan sebagai campuran minuman seperti es campur, es buah dan cappucino cincau. Tak hanya itu Cincau juga memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Berikut manfaat dari daun Cincau :

1. Dapat mengobati penyakit malaria

Malaria merupakan penyakit umum yang sering ditemukan di daerah yang beriklim tropis. Penyakit malaria ini juga memang termasuk jenis penyakit yang cukup sulit untuk diobati. Namun, dengan mengonsumsi cincau dapat membantu meringankan gejala penyakit ini.

2. Dapat mengobati kembung

Sistem pencernaan yang kurang baik dapat menyebabkan beberapa masalah, satu di antaranya adalah perut kembung.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa mengonsumsi olahan yang terbuat dari daun cincau untuk tetap menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. Hal ini berguna untuk mencegah gangguan kesehatan yang terdapat pada sistem pencernaan, seperti perut kembung.

3. Dapat mengurangi resiko diabetes

Manfaat dari daun cincau berikutnya, yakni dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Olahan dari daun cincau dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah yang terdapat pada aliran darah. Gula sederhana yang terkandung di dalam cincau tidak menyebabkan lonjakan beberapa senyawa di tubuh saat dikonsumsi.

4. Dapat mengobati diare

Manfaat lain dari daun cincau adalah dapat mengobati diare. Dengan mengonsumsi olahan dari daun cincau, dapat membantu dalam menghilangkan sakit perut dan dan juga bisa membersihkan bakteri dari sistem pencernaan di tubuh.

5. Menjaga kesehatan mata 

Manfaat dari daun cincau untuk kesehatan lainnya, yakni dapat menjaga kesehatan mata. Terutama untuk mengatasi kerusakan mata atau kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh kondisi degenerasi macula.

Manfaat daun cincau ini didapat karena di dalamnya mengandung senyawa-senyawa tertentu yang dapat membantu melawan degenerasi macula dan membuat tubuh selalu sehat di usia lanjut.

Minuman berbahan dasar kopi yang satu ini sudah banyak dijual di berbagai tempat. Meski tergolong minuman yang kekinian, capcin ini sudah banyak memiliki penggemar atau penikmat.

Selain dijual di cafe dan kedai kopi capcin juga banyak dijual di pinggir jalan dengan gerobak. Namun, jika anda ingin membuat usaha ini anda tidak perlu khawatir lagi, saya akan bagikan resep dan cara membuat capcin jualan yang mudah.

Cara Membuat Capcin Untuk Jualan Yang Mudah

Cara membuat capcin untuk jualan

1. Resep Dan Cara Membuat Capcin untuk jualan

Bahan-bahan :

  • 2 bungkus cappucino bubuk
  • 50 gram susu bubuk cokelat
  • 100 ml air dingin
  • 50 gram gula pasir
  • 25 ml susu kental manis ( yang putih )
  • 600 gram es batu, dipecahkan kecil – kecil

Bahan bola-bola sagu :

  • 100 gram tepung sagu
  • ¼ sendok teh kopi instan bubuk
  • 50 ml air hangat
  • 1 sendok makan gula tepung

Bahan pelengkap :

  • 200 gram cincau hitam, diparut dengan menggunakan parutan keju
  • 2 sendok makan susu kental manis rasa cokelat

Cara membuat boba :

  1. Untuk membuat bola-bola sagu, aduk hingga rata bahan-bahan seperti tepung sagu, kopi instan bubuk, air, dan gula tepung.
  2. Bentuk menjadi bulat-bulat kecil. Rebus di dalam air yang mendidih hingga bola – bola tersebut terapung.
  3. Masukkan ke dalam air es.

Cara membuat capcin :

  1. Untuk membuat minuman utamanya, masukkan bahan seperti bubuk cappucino, gula, air, dan es serut ke dalam blender, kemudian blender kurang lebih selama 1 sampai 2 menit.
  2. Sambil menunggu menjadi halus dan rata, masukkan cincau yang sudah diserut ke dalam cup atau gelas.
  3. Beri susu kental manis cokelat sebagai hiasan di dinding cup atau gelas.
  4. Tuangkan hasil blenderan tadi ke dalam cup atau gelas.
  5. Beri susu kental manis di atasnya.
  6. Sajikan blenderan cappuccino, bola-bola sagu, dan pelengkap.

Capcin dapat diberikan dengan tambahan seperti : meses, parutan keju, biskuit, krim kocok, es krim atau sirup.

Sebenarnya cara membuat capcin untuk jualan memang sama seperti pada umumnya, namun ada sedikit lebih berbeda dibanding buat sendiri.

Cara membuatnya juga cukup mudah jika anda sudah mengetahui resep dan cara membuatnya.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, jangan lupa untuk mengunjungi link cara buat cappucino kami.

Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda. Terima Kasih.