Cara Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas

Cara Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Modis

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Jadi, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana Cara Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas. Untuk lebih jelas dan lebih lanjutnya, Yuk simak penjelasan di bawah ini dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Definisi Botol Bekas

Saat ini masih banyak orang yang memilih untuk membuang botol bekas begitu saja. Padahal, botol tersebut terbuat dari bahan yang sulit terurai secara alami. Sebagai solusinya, Anda bisa mengubah barang bekas tersebut menjadi sesuatu yang lebih bernilai.

Cara Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas

1. Gelang Sederhana Dari Botol Plastik

Aksesoris melengkapi penampilan Anda. Beberapa orang memiliki banyak koleksi aksesoris yang melengkapi kesehariannya. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual aksesoris. Anda mungkin mengira kalau menjual aksesoris juga butuh modal yang tidak sedikit. Jangan salah! Botol plastik bekas bisa Anda gunakan untuk membuat perbekalan yang murah dan memiliki daya jual.

Kerajinan dari botol plastik bekas ternyata bisa membuat gelang sederhana yang keren seperti ini. Kerajinan dari botol aqua juga sangat mudah dibuat. Untuk membuat kerajinan dari botol-botol berikut ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan botol plastik, setrika, cat kuku atau cat akrilik, selotip, dan gunting.

  1. Pertama, bungkus selotip di sekeliling botol plastik untuk membentuk pola gelang. Potong bagian yang terisolasi. Lepaskan isolasi dari bagian yang dipotong.
  2. Potong tepi yang dipotong dengan setrika panas. Kemudian cat gelang dengan cat kuku atau cat akrilik. Anda juga bisa menambah hiasan di gelang tersebut sesuai kreativitas Anda.

2. Gelang Yang Bagus Dan Modis Dari Botol

Masih tentang kerajinan plastik untuk aksesoris gelang. Gelang ini merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan aqua gelas. Tapi Anda juga bisa membuatnya dari botol aqua bekas untuk kerajinan. Yang terpenting bahan utamanya adalah plastik.Untuk membuat gelang ini Anda perlu memotong gelas atau botol aqua menjadi potongan-potongan kecil. Jika luka tidak bersih, Anda bisa menggunakan lilin atau setrika panas untuk membersihkannya.

Kemudian buat lubang di setiap potongan plastik. Potongan plastik rangaki dengan gelang rantai, manik-manik dan beberapa pernak pernik kecil lainnya. Untuk tampilan yang lebih modis, padukan penampilan Anda dengan gelang plastik ini dan tas tambal sulam yang mudah dibuat.

3. Vas Dan Bunga Hias

Kerajinan yang terbuat dari botol plastik sangat beragam. Salah satunya adalah vas bunga yang berfungsi ganda sebagai bunga hias. Yang harus Anda lakukan hanyalah memotong dua botol plastik hijau. Buat pinggiran di sisi yang dipotong agar mendekati tutup botol. Taruh satu botol di botol lainnya dan tekuk ujungnya ke arah luar.

Tambahkan bola styrofoam kecil yang telah diwarnai di setiap ujung rumbai botol. Rekatkan mulut botol ke dasar botol, yang akan berfungsi sebagai penyangga.

4. Hiasan Gantung

Dekorasi gantung ini terlihat cantik dan menarik. Siapa sangka dekorasi ini terbuat dari botol plastik bekas? Sangat mudah juga untuk mengotak-atik sampah plastik. Anda pasti bisa melakukannya sendiri di rumah. Yang Anda butuhkan untuk membuat ornamen gantung ini hanyalah botol cola plastik, manik-manik, tali, gunting, dan setrika panas yang akan digunakan untuk memangkas dan membentuk tepi area potongan.

Dekorasi gantung ini sangat cocok untuk kamar tidur. Anda juga bisa mengubahnya, lho. Saat bagian yang menjuntai dibentangkan, tirai yang sangat bagus dipasang di pintu kamar tidur.

5. Pot Bunga Mewah

Pot bunga adalah salah satu bentuk kerajinan tangan yang terbuat dari kaleng bekas dan cara membuatnya sangat sederhana. Yang harus Anda lakukan hanyalah menyediakan kaleng, mengecatnya, lalu membuat lubang di dasar kaleng untuk drainase. Kali ini kamu mengambil ide dan mengaplikasikannya pada berbagai barang bekas yaitu botol plastik dan CD.

Kerajinan tangan yang terbuat dari CD bekas dan botol bekas ini akan mempercantik teras atau bahkan ruang keluarga Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memotong botol plastik sesuai pola yang Anda inginkan. Kemudian tempelkan leher botol ke CD. Warnai seluruh permukaan botol dan CD secara merata dengan cat emas atau perak. Isi bagian dalam pot dengan tanah dan tanaman.

6. Lampu Tidur Cantik

Kerajinan dari kaleng bekas tidak hanya bisa menjadi pot bunga, tetapi juga membuat lampu malam yang indah. Ternyata, kaleng bekas tidak hanya bisa diubah menjadi lampu tidur. Botol kaca juga bisa digunakan sebagai lampu malam yang menarik. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi botol kaca bekas dengan lampu LED hias dan marmer. Pastikan baterai lampu terpasang pada tutup botol. Kemudian nyalakan lampu LED.

7. Tirai Tutup Botol

Dengan menggabungkan imajinasi dan kreativitas Anda, Anda dapat dengan mudah membuat tirai unik dan murah ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengumpulkan beberapa tutup botol dengan warna berbeda. Selanjutnya, biarkan imajinasi Anda menjadi liar. Pengelompokan tutup botol berdasarkan warnanya menghasilkan sebuah kerajinan yang terbuat dari bahan limbah berupa gorden hias yang memiliki nilai seni dan daya jual tinggi.

8. Kalung Murah Dan Mewah

Kali ini kamu akan mempelajari kerajinan gelas plastik aqua yang bisa disulap menjadi kalung mewah. Saat melihat kalung ini, Anda mungkin mengira kalung ini terbuat dari mutiara dan memiliki harga yang tinggi. Anda akan terkejut bahwa rantai ini sebenarnya terbuat dari kaca plastik.

Saat ingin membuat kalung ini, guntinglah beberapa guci atau botol aqua bekas dengan pola melingkar. Potong tepi lingkaran dengan setrika panas. Setelah itu buat lubang di ujung strip plastik tersebut. Gunakan cat kuku putih atau cat akrilik untuk mendapatkan kilau putih seperti mutiara. Kemudian rakit dan bentuk potongan kaca tersebut dengan rantai sesuai selera.

9. Tirai Bunga Transparan

Tirai bunga ini terlihat cantik untuk menghiasi ruang tamu atau kamar tidur Anda. Menariknya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan gorden ini. Yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan botol plastik sebanyak yang Anda bisa. Setelah botol plastik berkumpul, potong bagian bawah botol dengan pisau atau gunting. Bentuk potongannya menyerupai bunga dengan gunting. Potong potongan dengan lilin atau setrika panas.

Buat lubang di tepi kelopak bunga dan susun bunga plastik dengan benang. Gantung tirai di ruang tamu atau kamar tidur. Anda juga bisa menggantungnya di jendela.

10. Tempat Pulpen Dari Botol Bekas

Meskipun membuat tempat pensil dari botol bekas merupakan hal yang umum, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Anda bisa mengajak si kecil untuk membuat kreasi kerajinan tangan dari benda-benda bekas tersebut. Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa menghiasnya dengan pita atau cat dekoratif.

Cara melakukannya dengan mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan botol plastik bekas, resleting, gunting dan lem tembak. Potong botol menjadi dua dan tutup rapat untuk menyatukannya kembali. Amankan ritsleting dengan lem panas.

10. Media Menggambar Untuk Anak Anak

Mencari media baru untuk bermain anak? Anda bisa menggunakan botol plastik bekas sebagai media menggambar si kecil. Pembuatan botol ini cocok untuk anak usia dini karena sangat mudah dan aman. Anda hanya perlu memberikan spidol berwarna. Selanjutnya, biarkan si kecil menuangkan imajinasinya pada botol bekas. Setelah selesai, Anda dapat mengubah kreasi anak Anda menjadi pengaturan meja. Taruh air atau batu di dalam botol agar Anda bisa berdiri tegak.

11. Pot Bunga Sederhana

Jika Anda suka bertani, ide pot bunga kreatif yang terbuat dari botol bekas ini patut untuk dicoba. Anda bisa menghemat uang tanpa perlu repot membeli tanaman dalam pot. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan beberapa botol minuman berukuran besar. Jangan melepas bungkus plastik yang menempel di botol agar menarik. Anda dapat menggunakan botol minuman bekas dari berbagai merek untuk menambah variasi. Pot yang terbuat dari botol bekas juga sangat enak dipandang.

12. Kreasi Lampu Gantung

Jadikan ruang tamu Anda tampak normal lebih mewah dengan botol plastik bekas. Tanpa mengeluarkan banyak modal, Anda bisa menjadikan lampu Anda luar biasa. Membuat kreasi dari bahan bekas juga cukup mudah. Potong botol plastik bening membentuk lingkaran sehingga terlihat seperti donat. Bakar pinggirannya dengan lilin agar tidak kasar.

Susun potongan botol plastik dengan cincin seperti pada gambar. Kemudian pasang seri ke bingkai kandil. Anda bisa menggunakan rangka lampu gantung bekas agar lebih irit.

Ada beberapa bahan lainnya yang dapat dibuat menjadi sebuah kerajinan. Salah satunya adalah kelapa. Kita tahu bahwa kelapa sendiri memiliki manfaat yang banyak bagi manusia dan lingkungan sekitar. Untuk itu, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara menanam kelapa yang baik dan benar.

Contoh kerajinan dari kelapa adalah tali sabut kelapa yang dapat dibuat secara manual menggunakan tangan atau menggunakan mesin pemintal tali sabut kelapa. Demikian penjelasan mengenai bagaimana Cara Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.