Cara Membuat Keripik Buah Nangka

Keripik nangka adalah salah satu jenis camilan yang paling populer dibuat dengan buah. Keripik buah merupakan salah satu jenis oleh-oleh favorit yang dijual di berbagai toko oleh-oleh wisata di seluruh Indonesia maka sekarang akan kami berikan cara membuat keripik buah nangka.

cara membuat keripik buah nangka

Cara Membuat Keripik Buah Nangka

Dikembangkan oleh Hooligan Media
Sebagai negara tropis, Indonesia dikenal sangat kaya akan hasil pertanian, termasuk berbagai buah-buahan. Mulai dari nangka, apel, salak, mangga hingga buah naga, sudah banyak yang diolah menjadi keripik yang renyah dengan rasa yang dominan dari buah aslinya.

Pada umumnya buah-buahan musiman memiliki umur yang cukup pendek setelah panen. Buah tropis seperti ini bisa dikonsumsi hingga seminggu. Namun, hanya bisa dinikmati saat musim buah tiba, karena merupakan buah musiman.

keripik nangka
keripik nangka
Pengolahan chip pascapanen merupakan langkah yang tepat. Selain mencegah buah cepat busuk, olahan ini juga dapat meningkatkan nilai ekonomi buah bagi petani atau petani buah. Selain itu, masyarakat juga membutuhkan olahan kreasi yang berkelanjutan secara lestari namun dengan rasa asli buah yang masih kuat.

Manfaat buah nangka untuk kesehatan
Nangka merupakan buah musiman dengan rasa yang tenang dan kulit buahnya yang cukup tebal. Hingga saat ini, nangka banyak digunakan untuk campuran es krim buah atau olahan kue. Tapi sebaiknya jangan makan nangka terlalu banyak karena bisa menyebabkan gas di perut Anda.

Nangka mengandung nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat nangka bagi kesehatan yang harus Anda ketahui.

1. Dengan kekebalan:

Buah ini kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh serta mencegah dan menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

2. Mencegah anemia

Nangka juga mengandung zat besi yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menghindari gejala anemia atau kurang darah.

3. Sumber energi alami bagi tubuh.

Nangka juga kaya akan fruktosa dan sukrosa, sejenis gula alami yang merupakan sumber energi penting bagi tubuh. Istimewanya, gula alami dalam nangka tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, sehingga aman untuk tubuh.

4. Menguatkan tulang dan melawan osteoporosis

Kandungan magnesium pada buah ini bermanfaat untuk memperkuat tulang dan mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Nangka juga kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan mencegah risiko penyakit mata seperti degenerasi makula dan rabun senja. Vitamin A juga baik untuk meningkatkan kesehatan kulit tubuh.

Bagaimana cara membuat keripik nangka?

Bahan :
Nangka segar, tidak terlalu matang 1 kg
Air 1½ Liter
Sirih 100 gram
garam 75 gram
gula pasir 150 gram
2 liter minyak goreng

Langkah dan cara membuat keripik nangka :
Kupas nangka dan bersihkan kulitnya bersama dengan jerami, potong daging buahnya menjadi beberapa bagian, buang bijinya dan potong ujungnya.
Rendam nangka dalam air dengan larutan kapur sirih hingga 5 jam.
Cuci buah nangka dan tiriskan sampai benar-benar kering.
Untuk hasil yang sedikit lapang, lebih baik mengeringkan buah yang dicuci di bawah sinar matahari selama 5 jam.
Kemudian masukkan ke dalam penggorengan vakum (vacuum fryer) dengan minyak yang dipanaskan dengan suhu rendah tidak melebihi 90 derajat celcius.
Goreng hingga matang dan busa minyak menyusut atau berkurang, angkat dan tiriskan. Anda bisa menggunakan mesin penguras oli agar tidak mudah tengik.
Simpan dalam wadah kedap udara atau plastik agar rasa renyah dan beraroma bertahan lebih lama.

 

Sekian artikel kami semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan cek juga rumah mesin untuk mesin mesin yang berkualitas tinggi.