Cara Membuat Kopi Jahe

Cara membuat kopi Jahe Biji kopi memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai penambah energi, menjaga mood bahkan dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh kita bisa didapatkan dengan mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi sehari.

Cara Membuat Kopi Jahe

Bahan-Bahan Cara Membuat Kopi Jahe

 Cara Membuat Kopi Jahe
Cara Membuat Kopi Jahe

30 gram kopi

25 gram gula pasir

10 gram jahe

5 gram serai

Langkah

Jahe dibakar lalu dihaluskan, Masak air bersama jahe dan serai. Setelah mendidih, matikan api, tuang ke dalam cangkir yang sudah berisi kopi, aduk hingga rata dan kopi larut. Sajikan kopi jahe untuk satu cangkir saja, nikmati sensasi jahe yang Anda buat sendiri.

 

Tips menjalankan bisnis kedai kopi dengan membuat kopi jahe

cara membuat kopi jahe

 

1.BUAT KONSEP TOKO KOPI

Langkah awal sebelum Anda membuka kedai kopi adalah membuat konsep untuk kedai kopi yang akan Anda bangun seperti menentukan nama kedai kopi, memilih menu apa yang akan disajikan, menentukan lokasi, merencanakan konsep kedai kopi yang menarik.

 

Dan atur jadwal buka coffee shop sesuai waktu luang Anda. Misalnya, jika Anda memiliki waktu terbatas dan pulang kerja sekitar pukul 3 atau 4 sore, Anda bisa membuka kedai kopi sekitar pukul 18:00 hingga tengah malam. Sedangkan pada hari libur, Anda bisa membuka kedai kopi lebih awal.

 

2. MENYIAPKAN PERALATAN DAN PERALATAN USAHA

Anda bisa memanfaatkan teras rumah atau halaman untuk membuka usaha kedai kopi. Hal ini dapat meminimalisir modal untuk membuka usaha karena Anda tidak perlu membayar sewa bulanan yang cukup mahal.

 

Jadi yang Anda butuhkan adalah perlengkapan seperti meja, kursi, keset untuk lesehan, gelas, sendok, dan lain sebagainya.

 

3. MENU

Sajikan menu yang cukup banyak sehingga kedai kopi Anda memiliki banyak pilihan menu untuk dinikmati konsumen.

 

Selain kopi, kamu juga harus menyajikan snack untuk teman kopi seperti snack gorengan dan lain-lain.

 

Anda juga bisa menambahkan menu kopi daerah pada kedai kopi anda agar konsumen lebih mengenal beberapa kopi khas daerah di Indonesia seperti kopi Toraja, kopi Aceh, kopi Lampung, kopi Bangka, kopi luwak, kopi klothok, kopi buah, capucino, mocca , latte, kopi jahe. , Dan seterusnya.

 

4. REKRUTASI ASSISTAN

Pembantu dibutuhkan jika Anda memiliki pekerjaan utama. Pembantu dapat meringankan pekerjaan Anda.

 

Jadi pilihlah asisten dengan selektif dan jeli agar dapat menemukan asisten yang baik dan dapat dipercaya.

Baca Juga : peluang usaha ayam crispy

Baca juga : cara menyimpan buttercream

Baca Juga : produk mesin kopi

5. FASILITAS LENGKAP

Selain menyajikan menu yang beragam, Anda juga harus memperhatikan kenyamanan konsumen.

 

Oleh karena itu Anda harus memperhatikan tempat duduk, penerangan, toilet, parkir, dan mushola dan Anda dapat menambahkan fasilitas pendukung lainnya seperti area hotspot, layar LCD, TV, dan sebagainya.

 

KEUNTUNGAN BISNIS

Banyaknya jenis kopi di negeri ini memudahkan kita untuk menyajikan berbagai macam kopi dari beberapa daerah. Banyaknya daerah yang menghasilkan kopi memudahkan Anda dalam membuat kopi karena melimpahnya bahan baku kopi.

 

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha kopi untuk menyajikan kopi tanpa harus mengimpor bahan baku dari luar negeri.

 

Kopi merupakan salah satu minuman favorit di kalangan masyarakat. Tidak hanya pria, wanita juga cukup banyak yang menyukai minuman yang satu ini.

 

Saat ini sudah banyak varian rasa kopi yang diciptakan oleh barista dengan cita rasa yang unik dan asing. Saat ini tidak hanya orang tua yang menyukai kopi, anak muda, remaja bahkan anak-anak pun menyukai rasa kopi.

 

Hal ini tentunya membuka peluang bisnis bagi Anda yang ingin membuka usaha kedai kopi. Anda tidak perlu khawatir dengan banyaknya kedai kopi modern yang bermunculan.

 

Biasanya orang lebih suka minum di warung kopi sederhana karena harganya yang ekonomis.

KEKURANGAN BISNIS

Terdapat beberapa hambatan yang ditemui dalam membuka usaha ini.Misalnya ketatnya persaingan pasar baik dari sesama warung kopi sederhana maupun coffeshop modern dari luar negeri atau kedai kopi lokal namun dikelola dengan cara waralaba.

 

Hambatan selanjutnya adalah kesalahan dalam melayani dan menghitung orderan.Ketika warung kopi dalam keadaan ramai,biasanya anda akan melakukan kesalahan yaitu salah menghitung orderan.

 

Namun hal ini dapat di antisipasi dengan cara membiarkan konsumen mencatat menu-menu yang akan dipesan kemudian menu tersebut dibayar ketika pesanan datang ke meja konsumen.

Baca juga : usaha burger rumahanĀ 

Baca Juga : usaha kue boluĀ 

Baca juga : usaha puding kekinian

STRATEGI PEMASARAN

Promosi yang dapat anda lakukan untuk mengenalkan usaha anda dapat dimulai dengan memberitahu kerabat terdekat anda seperti tetangga,keluarga,teman kerja,teman bermain dan juga komunitas di sekitar anda.

 

Promosi dengan cara ini cukup efektif karena warung kopi sering digunakan untuk berkumpul dan bersantai.

 

Komunitas-komunitas juga cukup sering melakukan kopdar (kopi darat) seperti komunitas komunitas pecinta sepeda, komunitas penggemar buku, penggemar otomotif, komunitas blogger.

 

Warung kopi sering digunakan sebagai tempat untuk bersantai dan bercengkerama bersama kerabat,teman-teman atau keluarga.

 

Setelah itu anda dapat memasang banner,spanduk atau tulisan agar orang-orang yang lewat tahu akan keberadaan usaha anda.Selain itu anda juga dapat memberikan promo kepada pelanggan anda.

 

Misalkan dengan membuat member dan nantinya pemilik member akan diberikan diskon 10%.Promo yang lain juga dapat anda lakukan seperti memberikan kopi gratis bagi pelanggan yang sudah memiliki struk pembelian sebanyak 5 lembar.

 

Atau dapat juga memberikan paket makan gratis jika pelanggan anda membawa 5 teman anda untuk menikmati men KUNCI BISNIS

Keberhasilan bisnis kedai kopi Anda tidak hanya terletak pada rasa dan kenikmatan kopi yang Anda sajikan kepada pelanggan.

 

Selain itu, Anda juga harus berani merangkul komunitas di sekitar Anda agar mereka mau ikut menikmati menu di kedai kopi Anda.u di warung kopi anda.