cara membuat mangkok dari batok kelapa

Cara Membuat Mangkok Dari Batok Kelapa Yang Mudah

Cara Membuat Mangkok Dari Batok Kelapa-Pohon kelapa dikenal dengan pohon serbaguna, sebab seluruh bagian pohon ini bisa berguna untuk kehidupan. Mulai asal buah, batang, sampai daun. Bahkan batok kelapa tak jarang diubah menjadi kerajinan yang menarik serta bermanfaat, misalnya mangkok asal batok kelapa.

Banyak kegunaan yang mampu di dapatkan dari mangkok batok kelapa ini. Dengan memakai batok kelapa kita tak risau lagi tentang pecahnya mangkok yang mampu melukai orang-orang disekitar kita. Selain itu, mangkok asal batok kelapa ini juga mampu membuat kita lebih irit, ketimbang wajib membeli mangkok dari kaca yang lebih mudah pecah kita bisa untuk mangkok sendiri menggunakan memakai limbah tempurung kelapa.

Limbah batok kelapa yang dulu menumpuk sampai menggunung dan membentuk lingkungan sebagai terlihat lebih kotor, sekarang mampu disulap mejadi barang-barang yang lebih berguna, bermanfaat buat kita serta lingkungan kita.

Batok Kelapa

Kerajinan tangan bisa dirancang dari bahan apa saja, hingga bahan bekas atau sudah tidak terpakai sekalipun. Hal ini artinya galat satu aktivitas yang acapkali dilakukan buat melestarikan ingkungan.

Mirip kerajinan dari batok kelapa, yakni mangkok berasal batok kelapa. Bila biasanya kelapa yang dimanfaatkan hanya pada bagian dagingnya, bukan berarti kulit atau batoknya tidak bermanfaat.

Justru asal batok kelapa ini bisa berubah menjadi mangkok yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Hal tadi merupakan cara pelestarian lingkungan yang paling efektif.

Cara Membuat Mangkok Dari Batok Kelapa

Tidak banyak masyarakat yang memahami, bagaimana cara mendaur ulang tempurung atau batok kelapa menjadi limbah berharga dan  memiliki nilai jual cukup tinggi. Limbah tempurung kelapa atau rakyat lebih mengenalnya menggunakan batok kelapa ini bisa anda jadikan menjadi indera makan. Apalagi jika bukan mangkok. Bertanya-tanya bagaimana pembuatannya? Berikut adalah cara menghasilkan mangkok batok kelapa.

Bahan dan alat

  • Batok kelapa tua
  • Gergaji besi
  • Mineral oil
  • Kuas mungil
  • Amplas halus
  • Lem kayu
  • Spidol serta kater bila diperlukan

Proses Membuat

  1. Pilih limbah kelapa yang telah tua dan kering
  2. Potong tempurung kelapa tadi sebagai 2 bagian dengan memakai gergaji, (anda mampu menggunakan gergaji halus supaya mempermudah anda dalam memotong batok kelapa)
  3. Buat mutilasi anda mampu pangkas batok kelapa menggunakan ukuran kira-kira 60:40. Bagian 60% akan kita pakai buat kerajinan mangkoknya serta sisanya atau bagian 40% akan kita gunakan sebagai pondasi atau kaki mangkok.
  4. Langkah selanjutnya yg harus kita lakukan artinya dengan menghaluskan masing-masing bagian luar batok dengan menggunakan amplas. Bila batok masih berserabut kasar, anda mampu gunakan amplas kasar supaya bisa lebih cepat, serta sesudah halus anda lanjutkan dengan memakai amplas halus.
  5. Lakukan langkah penghalusan sampai batok kelapa yang akan dikreasikan buat mengkok benar-benar dirasa halus
  6. Amplas serta bersihkan pula bagian pada batok sampai bersih serta mulus
  7. Selanjutnya lapisi batok yg telah higienis dan juga halus menggunakan memakai mineral oil menggunakan memakai kuas mungil yang sudah disediakan tersebut
  8. Keringkan selama kurang lebih 24 jam
  9. Pasang bagian yang akan digunakan sebagai mangkok dengan bagian kakinya tadi menggunakan menggunakan lem atau perekat lainnya.
  10. Pastikan batok telah tertempel dengan rapi serta kuat
  11. Mangkok asal batok kelapa siap buat dipergunakan

Buat menambah hiasan supaya mangkok mampu terlihat rupawan anda mampu masukkan gesekan dibagian atas atau tengah mangkok, supaya mangkok menjadi lebih keren serta pula indah dan bisa digunakan untuk acara-program besar yang anda adakan.

Untuk anda yang ingin mempercepat proses membuat kerajinan mangkok dari tempurung kelapa tersebut andan bisa menggunakan mesin yang kami punya. Kami menyediakan mesin batok kelapa yang siap membantu anda untuk mempermudah dan tentunya mempercepat proses pembuatan mangkok dari kelapa.