cara membuat pasta coklat dari coklat batangan

Cara Membuat Pasta Coklat dari Coklat Batangan

Pasta Coklat dari Coklat BatanganCara Membuat Pasta Coklat dari Coklat Batangan

Cara Membuat Pasta Coklat dari Coklat Batangan – Pasta coklat adalah olahan coklat yang banyak digunakan sebagai campuran roti atau olesan.Pasta cokelat banyak dijual dengan berbagai merk.

Hidangan ini tidak lepas dari rasa manis yang kental hingga rasa yang hampir pahit. Berikut beberapa persiapan dan cara membuat pasta coklat yang bisa Anda lihat dan ketahui.

Sebelum menyimak cara buat pasta coklat, jangan lupa untuk mengulik juga cara membuat kopi susu kekinian yang cocok jadi teman ngemil pasta coklat.

Definisi Pasta Coklat

Chocolate spread adalah pasta cokelat yang biasa digunakan untuk mengoleskan roti di atas roti tawar dan roti panggang atau kue-kue sejenis seperti wafel, panekuk, muffin, dan pita. Umumnya pasta mengandung kakao dan minyak sayur dan/atau minyak kelapa serta dapat juga mengandung gula, susu, dan perasa tambahan.

Jenis-jenis Coklat

1. Cokelat Couverture

Bahan utama coklat adalah biji kakao yang diolah jadi pasta cokelat (cocoa mass). Lalu pasta coklat diolah jadi dua bagian, yakni cocoa butter dan cocoa powder. Couverture adalah jenis cokelat berkualitas tinggi. Cokelat ini dibuat dengan cocoa butter dan pasta cokelat, yang memberikan rasa cokelat terkuat dari semua jenis.

Ada banyak jenis topping coklat, yaitu bittersweet, semisweet, white, dan milk. Harga cokelat ini cukup mahal dan jarang diperdagangkan di Indonesia. Karena terbuat dari cocoa butter, lapisannya tidak tahan disimpan di suhu ruangan. Faktanya, cokelat ini mudah meleleh dan tekstur lelehnya lebih cair dibandingkan cokelat masak lainnya.

2. Cokelat Compound

Senyawa ini terbuat dari bubuk kakao dan lemak nabati. Akan tetapi kandungan coklat compound bisa dibilang tidak sekaya coatingnya.

Tapi, harga coklat compound lebih murah. Lebih gampang diolah serta dapat disimpan di suhu ruangan. Maka dari itu, coklat compound lebih gampang ditemukan di supermarket maupun toko kue di Indonesia.

Ada 3 jenis coklat compound.

a. Coklat Masak (Dark Cooking Chocolate)

Dark cooking chocolate atau DCC mengandung produk biji kakao dengan komposisi yang lebih tinggi. Yakni kakao bubuk, sedikit cocoa butter, dan minyak sayur. Karena tidak ditambahkan gula atau susu, cokelat masak cenderung pahit, kental, dan warnanya gelap. Dapat dicampur dengan adonan kue atau digunakan sebagai topping.

DCC yang kerap dipakai di Indonesia yaitu Colatta Dark Compound Chocolate. Cokelat ini berwarna sangat gelap, memiliki rasa cokelat yang kuat, dan memiliki lelehan yang cemerlang. Saat dicampur dengan adonan kue, kue akan berwarna cokelat tua dan lezat.

b. Coklat Susu (Cooking Susu Cokelat)

Sesuai dengan namanya, cokelat compound ini mengandung susu. Cokelat susu berwarna lebih terang dibandingkan dengan cokelat masak (berwarna cenderung cokelat muda), teksturnya lebih halus, dan rasanya lebih manis karena banyak mengandung gula. Cokelat susu lebih sering dimakan mentah daripada dimasak. Atau jika digunakan untuk memasak, jumlah gula umumnya dikurangi.

Tahukah kamu, sebenarnya bagaimana proses membuat coklat? Kamu bisa gunakan mesin coklat lengkap dari kakao ke coklat  untuk membuat coklat sendiri, lho. Sangat menarik, bukan.

3. Chocolate Chips

Coklat masak ini sering digunakan untuk cookies, muffin, dan kue lainnya. Chocolate chips merupakan DCC atau coklat masak yang berbentuk bola-bola.

Chocolate chips bisa ditemukan di toko roti dengan dua jenis pilihan, yakni choco chips untuk masakan serta choco chips untuk topping. Keripik coklat khusus untuk masakan tentu saja dibuat untuk mencampur bahan kue, sehingga teksturnya mudah meleleh. Sedangkan lapisan choco chip memiliki tekstur yang lebih padat dan tahan panas.

4. Meses

Meses sebenarnya adalah salah satu cokelat untuk hiasan. Disebut juga rice chocolate karena bentuknya seperti sebutir beras. Cokelat ini terbuat dari cokelat leleh, cocoa butter, gula, susu, dan lesitin. Bulan sangat mudah ditemukan di supermarket. Bahkan, tidak hanya cokelat, bulan juga tersedia dalam versi warna-warni.

5. Coklat Bubuk

Kakao bubuk terbuat dari biji kakao yang dikeringkan kemudian diolah menjadi bubuk. Jenis ini sudah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kue atau dibuat sebagai minuman.

Cara Membuat Pasta Coklat dari Coklat BatanganCara Membuat Pasta Coklat dari Coklat Batangan

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 1 bungkus susu kental manis (coklat/putih)
  • 3 sendok makan coklat bubuk
  • 1 sendok makan margarin
  • 5-6 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh vanili
  • 250 ml air
  • mixer jika perlu

Langkah Membuat Pasta Coklat:

  1. Masukkan seluruh bahan ke dalam panci, kecuali margarin.
  2. Kemudian aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung atau bubuk kakao.
  3. Lalu masak di atas kompor dengan api kecil sambil terus diaduk hingga berbuih dan teksturnya padat.
  4. Matikan api kompor dan masukkan margarin. Aduk dengan cepat sampai merata.
  5. Angkat dan tunggu hingga dingin (masukkan ke dalam kulkas agar lebih cepat dingin).
  6. Pasta sudah siap dikonsumsi.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat pasta coklat dari coklat batangan yang sangat mudah dibuat di rumah. Selamat menikmati pasta coklat favoritmu! Dapatkan mesin pengolah coklat di Rumah Mesin.