Cara Membuat Telur Gulung Anti Gagal

Cara Membuat Telur Gulung Anti Gagal dan Pastinya Nikmat

Halo semuanya! Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat telur gulung anti gagal yang tentunya tetap mempunyai rasa yang nikmat. Selain itu saya juga akan membahas beberapa hal dan fakta tentang telur gulung, jadi stay tune terus sampai akhir supaya tidak ada hal yang terlewat.

Cara Membuat Telur Gulung Anti Gagal

Telur Gulung

Telur gulung merupakann jajanan populer yang dibuat dengan adonan telur goreng dan kemudian digulung menjadi seratus tusuk sate. Camilan ini biasanya disajikan dengan saus atau bisa dimakan sendiri juga memiliki rasa asin dan tekstur yang lembut.

Telur gulung merupakan salah satu jajanan khas Indonesia dan sangat populer di masyarakat. Asal usul jajanan ini terbilang masih misterius, namun yang jelas makanan ini sudah ada sejak zaman Orde Baru.

Pada awalnya, telur gulung tidak terlalu diperhatikan orang. Namun seiring waktu, popularitasnya mulai kembali meningkat dan munculah beberapa perubahan pada jajanan ini untuk menyesuaikan jaman. Seperti mie gulung telur, sosis gulung telur, dan telur gulung tepung.

Kemudian pada dekade ini, popularitas jajanan klasik ini pun kembali naik daun. Untuk menyesuaikan dengan selera lidah masyarakat masa kini, makanan ini juga mendapat beberapa variasi agar lebih modern. Salah satu versi paling modern adalah mozzarella roll.

Telur gulung sangat diminati oleh para golongan tua maupun golongan muda karena memang rasa asin dan dipadukan saus tomat dan sambalnya sangat menggugah selera dan cocok untuk mengganjal perut pada saat bepergian

Karena popularitas jajanan ini, Anda dapat menemukannya hampir di mana saja, terutama sekolah, pasar, acara, atau tempat padat lainnya. Telur gulung tidak hanya terkenal karena rasanya, tetapi juga harganya yang relatif murah. Biasanya telur gulung ini dijual dengan harga sekitar Rp. 2.000 / batang atau Rp. 8000 / porsi (isi 5 buah).

 

Cara Membuat Telur Gulung Anti Gagal

Membuat telur gulung sangat mudah. Namun, bagian penggulungan membutuhkan latihan dan eksperimen beberapa kali hingga campuran telur benar-benar tergulung.

Yang perlu Anda perhatikan adalah waktu atau momen memasak adonan. Jika dimasak dalam waktu lama, adonan menjadi keras dan sulit untuk digulung. Jika Anda memasak terlalu cepat, adonan tidak akan matang sepenuhnya dan tidak akan menggulung.

Nah kali ini kita akan melakukan dua variasi. Yang pertama adalah varian asli dan yang kedua adalah versi yang menggunakan sosis. Namun sebelum itu, ada beberapa peralatan yang harus Anda siapkan sebelum memasak.

Mereka termasuk panci, wadah adonan dan bahan, pisau dan talenan untuk memotong sosis, tusuk sate dan piring saji. Jika Anda siap sekarang, Anda akan melihat bahan dan instruksi yang diperlukan untuk membuatnya.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Butir telur (2 butir)
  • Minyak (setengah wajan)
  • Tepung Tapioka (1/2 sendok makan)
  • Merica (1/2 sendok teh)
  • Garam (1/2 sendok makan)
  • Air (50 ml)
  • tusuk sate
  • Saus sambal
  • Saus tomat

Cara membuat :

  1. Pecahkan dan kocok telur dengan garam dan tambahkan tepung tapioka, aduk hingga berbusa. Gunakan tepung tapioka agar lebih mudah menggulung adonan
  2. Tambahkan air dan kocok kembali hingga telur tercampur rata.
  3. Panaskan minyak di atas api sedang, hal ini dilakukan agar adonan tidak terlalu cepat matang dan gosong, pastikan juga menggunakan minyak sedikit lebih banyak, karena telur gulung menggunakan teknik deep frying.
  4. Tuang adonan ke tengah wajan hingga merata, lalu ambil tusuk sate dan putar telur ke pinggir wajan agar tidak jatuh.
  5. Ulangi langkah 4 sampai adonan kemudian tiriskan menggunakan kertas atau tissue kemudian sajikan di piring saji bersama saus dan telur gulung siap disantap.

Baiklah, cukup sampai disini dulu untuk pembahasan kali, kalian juga bisa Membuat Telur Gulung Tepung Renyah dan Anti Gagal kalau ingin membuat varian yang dilapisi tepungnya. Jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa lagi di lain artikel, ciao!