Cara Membuat Tepung Jagung

Cara Membuat Tepung Jagung Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Cara membuat tepung jagung – Untuk mengolah jagung menjadi pangan olahan lain sebenarnya terdapat banyak sekali caranya, di antaranya yaitu menjadikan jagung sebagai camilan jagung manis, dibuat sebagai bakwan jagung, perkedel jagung dan sebagainya. Nah tetapi untuk kali ini saya khususkan untuk mengolah jagung menjadi tepung jagung.

Tepung jagung juga dikenal dengan istilah lain, yaitu resep tepung maizena. Tepung maizena diolah menggunakan bahan utama jagung. Kegunaannya hampir sama dengan jenis tepung lainnya, misalnya renyah di setiap kue kering, sebagai bahan pengental kuah atau saus, menghaluskan bolu, dan lain sebagainya.

Kalian dapat mencari cara membuat tepung jagung sendiri agar lebih hemat. Bagaimana cara membuat tepung ini? Apakah langkah-langkahnya sulit? Untuk mengetahui jawabannya, kalian bisa simak penjelasan mengenai tepung jagung ini dengan membaca penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Tepung Jagung

Cara Membuat Tepung Jagung

Tepung jagung atau tepung maizena mempunyai cara pembuatannya sendiri. Agar lebih sehat dan terjamin akan kesehatannya, ayo kita membuat tepung jagung sendiri di rumah. Cara membuat tepung jagung ini tidak terlalu sulit. Kalau begitu, mari kita bahas cara membuat tepung jagung dengan cara-cara berikut ini.

1. Panen Jenis Jagung Hibrida Tua

Biasanya tepung jagung terbuat dari jenis jagung hibrida yang dipanen ketika kondisinya sudah kering atau sudah tua. Beberapa sumber mengatakan, jika jagung tadi dibiarkan kering secara alami dalam kondisi yang masih diselimuti kelobot jagung hasilnya akan lebih baik.

Hal ini dikarenakan jagung menjadi lebih terhindar daripada jagung yang dipanen tetapi belum kering karena spora jamur ada di mana-mana. Tanaman jagung hibrida yang sudah memasuki waktu panen biasanya ditandai dengan pohon atau daun yang sudah layu.

2. Potong Jagung

Jika sudah melihat dan menentukan kalau umur jagung sudah siap panen, langkah selanjutnya jagung dapat dipotong serta dibiarkan menempel pada bonggolnya.

3. Petik dan Keringkan Jagung

Langkah selanjutnya dari cara membuat tepung jagung ini yaitu jagung dapat dipetik dan dikeringkan di bawah sinar matahari selama kurang lebih tiga hingga empat hari atau sampai benar-benar kering.

4. Pipil Jagung

Jagung hibrida yang sudah di jemur dan kering tadi bisa langsung dipipil satu demi satu, Lalu keringkan kembali hasil jagung yang sudah dipipil di bawah sinar matahari hingga kadar airnya berkurang.

5. Pisahkan Kulit Air dan Lembaga

Setelah cara di atas, jagung wajib dipisah dari kulit ari dan lembaganya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ladar air yang ada di dalam jagung. Jika sudah dilakukan kondisioning kadar air atau dalam ilmu teknologi pangan biasa disebut dengan stikping. Jadi kadar air jagung itu kurang lebih 13-14, ini dikonsioning hingga 20 agar endospermanya menjadi lunak.

6. Digiling

Jagung yang sudah mencapai kadar air minuman tadi bisa langsung di giling memakai mesin penggiling dengan ukuran yang besar. Alat penggiling jagung sebaiknya tipe roller mill atau penggiling roll. Jika kalian menggiling memakai tipe finish mill seperti yang dipakai untuk menggiling beras di pasar, maka hasil endomen tepungnya menjadi kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Tepung Jagung

Tepung jagung sendiri juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Berikut ini kelebihan dan kekurangannya tepung jagung bagi kesehatan tubuh, yaitu:

Kelebihan Tepung Jagung:

  • Masker untuk wajah yang berminyak
  • Mencegah anemia
  • Bebas dari gulten
  • Membantu penanganan hipogilkemia
  • Memperkuat tulang
  • Mengatasi minyak berlebih pada rambut
  • Sumber energi instan

Kekurangan Tepung Jagung:

  • Berbahaya bagi kesehatan jantung
  • Kekurangan nutrisi
  • Meningkatkan kadar gula darah
  • Tekanan darah tinggi
  • Amylophagia

Alat Untuk Memipil Jagung

Mesin Pemipil Jagung

Dari penjelasan di atas mengenai cara membuat tepung berbahan dasar jagung ini terdapat langkah pembuatan berupa pipil jagung. Memipil jagung dapat kalian lakukan dengan mudah menggunakan mesin pemipil jagung. Mesin atau alat ini dapat membantu kalian memipil jagung dengan lebih cepat, sehingga kalian dapat menghemat tenaga dan waktu. Bagi kalian yang mau tahu tentang analisa peluang usaha tepung jagung kalian bisa klik link yang berwarn. Dan itulah dia pembahasan tentang cara membuat tepung jagung. Semoga bermanfaat!.