Cara Memulai Startup untuk Pemula

Cara Memulai Startup untuk Pemula

Cara Memulai Startup untuk Pemula. Saat memulai bisnis, penting bagi Kalian untuk memiliki strategi yang matang. Strategi terperinci akan membantu Kalian memecahkan masalah apa pun. Strategi bisnis pada saat yang sama menjamin Kalian kemajuan dan tujuan yang diinginkan.

Rencana Kalian tidak perlu terlalu detail. Berpegang pada rencana sederhana akan membantu Kalian fokus pada apa yang benar-benar penting.

Pada artikel ini, Kalian akan mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai startup.

4 Cara Memulai Bisnis untuk Pemula

Untuk mengembangkan bisnis Kalian, Kalian memerlukan rencana yang jelas. Apa isi rencananya? Di bawah ini Kalian dapat menemukan tujuh hal yang harus disertakan dalam rencana bisnis startup.

1.Membuat Minimum Viable Product / MVP

Sebelum memulai bisnis, Kalian harus mempelajari terlebih dahulu tentang minimum viable product atau MVP. MVP adalah fitur yang perlu Kalian persiapkan untuk dapat memuaskan pelanggan begitu bisnis dirilis. MVP ini juga meningkatkan peluang Kalian untuk memulai bisnis yang sukses.

Namun, MVP tidak sama dengan peluncuran beta. MPV memberi pengguna akses ke fitur yang membuat produk Kalian berguna saat dirilis. Seiring pertumbuhan bisnis Kalian, Kalian dapat terus menambahkan fitur baru. Inilah yang akan membantu bisnis Kalian tumbuh secara organik melalui umpan balik pengguna awal.

Hal-hal yang dapat Kalian lakukan:

  • Tuliskan semua hal penting yang harus ada dalam bisnis Kalian;
  • Prototipe MVP termasuk fitur yang diinginkan;
  • Menerbitkan MVP sesegera mungkin untuk akses pasar langsung;
  • Perhatikan komentar dari pengguna awal;
  • Melanjutkan peluncuran fitur baru sesuai rencana dan umpan balik pelanggan.

2.Buat website bisnis milik kalian

Website adalah sebuah fondasi dari setiap bisnis online. Bahkan, website sangat diperlukan entah itu untuk bisnis online ataupun offline. karena, calon pelanggan akan lebih mudah menemukan bisnis kalian jika memang bisnis kalian tersedia secara online.

kalian bisa membuat website untuk menyediakan segala informasi berkaitan bisnis. seperti info kontak, pelayanan, jam operasional, dan lain-lain. seluruh informasi ini dapat meningkatkan reputasi bisnis sekaligus membangun kepercayaan antara pelanggan dan bisnis.

yang perlu kalian lakukan:

  • Buat website yang ramah;
  • Tambahkan beberapa informasi seperti: kontak, fitur, layanan, dan detail lainnya ke website;
  • Sediakan brosur kontak untuk pengunjung.

Baca Juga: Cara Membangun Startup yang Baik dan Benar

3,Memilih nama domain yang tepat

Ini adalah salah satu langkah terpenting saat membuat startup Kalian. Nama domain adalah identitas bisnis online Kalian ━ sesuatu yang akan diingat pelanggan Kalian. Oleh karena itu, memilih nama domain yang tepat sangat diperlukan. Nama domain

yang baik harus menunjukkan nama merek, nama domain industri, tidak ada salah eja atau tanda hubung (-), singkat, mudah diingat, mudah diucapkan.

Meskipun kondisi di atas mungkin terlihat banyak dan rumit, bukan berarti Kalian tidak bisa mendapatkan nama domain yang sesuai. Sekarang, ada berbagai pilihan ekstensi nama domain yang mengacu pada industri tertentu. Misalnya, www.namabisnis.com bisa berarti bisnis secara umum. Di sisi lain, www.businessname.tech menunjukkan perusahaan yang lebih banyak berurusan dengan sektor teknologi.

4.Fokus pada tujuan awal

saat kalian menyusun strategi untuk memulai bisnis startup, pastikan cek kembali tujuan awal yang ditetapkan. MVP bagus untuk memulai bisnis, tetapi tapi tujuan awal lah yang akan merintis jalan sukses kalian.

Jadi, tak ada salahnya untuk menilik kembali coret-coretan strategi bisnis kalian. Ingat apa saja yang ingin kalian masukkan ke ekspansi bisnis. setelah itu, ubah semua rencana itu ke dalam aksi yang konkret.