Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir?

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir? Adakah yang tahu caranya? Wah pertanyaan yang menarik sekali nih karena ternyata ada loh cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Bagaimana caranya? Simak pembahasannya dalam artikel yang satu ini.

Meningkatkan Kemampuan Berpikir dengan Banyak Bertanya

Apakah Anda merupakan tipe orang yang gemar bertanya? Ataukah Anda masuk dalam kelompok orang yang malu dalam bertanya? Oke, sebenarnya banyak bertanya di sini bukanlah berarti bertanya arah ke orang di tepi jalan. Bertanya di sini bisa dilakukan dalam pikiran saja dan tidak harus diungkapkan ke orang lain.

Jika Anda bukanlah orang yang masuk dalam golongan yang suka bertanya, cobalah untuk memulainya dengan pertanyaan singkat yang berkaitan dengan diri Anda. Misalnya, cobalah tanyakan hal mendasar tentang diri Anda, kenapa Anda melakukan aktivitas hari ini? Apa impian Anda? atau pertanyaan esensial seperti kenapa Anda dilahirkan?

Dari sana Anda bisa terus mengembangkan pertanyaannya ke objek lain misalnya kenapa langit berwarna biru atau mengapa daun cenderung berwarna hijau? Kembangkan terus pertanyaan Anda dan lambat laun Anda akan terbiasa untuk kritis terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar Anda.

Pertanyakan Apa yang Anda Dengar

Cara berikutnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir adalah dengan selalu mempertanyakan informasi yang Anda dapatkan. Mulailah untuk membiasakan diri tidak menerima informasi bulat-bulat tanpa menyaringnya. Misalnya Anda mendapatkan informasi di grup whatsapp bahwa meminum air kelapa dapat menambah kecerdasan, cobalah untuk googling atau tanyakan ke dokter. Kebiasaan mengkritisi ini dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan berpikir tadi.

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara untuk membantu anda meningkatkan kemampuan dalam berpikir. Namun, sebelum melangkah ke cara-cara lain, dua cara di atas dapat Anda coba terlebih dahulu. Jadikan dua cara tadi sebagai kebiasaan dalam hidup Anda. Awalnya mungkin akan terasa berat terutama bagi yang tidak terbiasa. Namun, jika terus dicoba, Anda akan merasakan manfaatnya kelak.

Sekian untuk artikel kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.