Cara Merawat Hijab Printing Voal Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Hijab Printing Voal Agar Tidak Mudah Rusak

Banyak penyedia print hijab yang menggunakan kain voal atau voile sebagai bahan pembuatan produknya. Salah satu alasannya adalah hijab dengan jenis kain ini sangat laku di pasaran. Ya, banyak wanita muslimah di Indonesia yang ‘gandrung’ dengan kain voal.

Hijab berbahan voal terkenal dengan karakternya yang adem dan nyaman saat dikenakan. Selain itu, hijab voal dapat menyerap keringat dengan baik. Sehingga, sangat cocok dikenakan di daerah tropis, seperti Indonesia.

Lantas, bagaimana cara merawat hijab printing berbahan voal agar tidak mudah rusak? Mudah kok! Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Cuci Dengan Tangan & Gunakan Sampo

Anda sebaiknya mencuci hijab printing voal secara manual atau dikucek dengan menggunakan tangan. Penggunaan mesin cuci untuk mencuci hijab berbahan voal tidak disarankan karena dapat merusak serat pada kain tersebut.

Perlu diingat, cucilah hijab voal Anda dengan hati-hati. Jangan dikucek terlalu keras, terlebih jika tidak ada noda yang membandel.

Agar hijab printing voal Anda tetap terlihat seperti baru, kami merekomendasikan penggunaan sampo sebagai pengganti deterjen. Sampo dapat ‘mengusir’ noda dan minyak yang melekat pada hijab berbahan voal dan tetap memberikan kelembutan.

  1. Hindari Sinar Matahari Secara Langsung Saat Menjemur

Anda sebaiknya menjemur hijab printing voal Anda di tempat yang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Hal ini dilakukan agar motif pada hijab voal Anda tidak memudar atau rusak.

Perlu diketahui, tidak semua motif atau warna pada hijab printing voal memiliki kualitas yang bagus. Terlebih jika hijab voal tersebut didapat dari penyedia print hijab yang kurang berkualitas. Nah, inilah mengapa pentingnya kita menjemur hijab printing voal di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.

  1. Setrika Dengan Suhu Panas Sedang

Perlu diketahui, voal adalah termasuk kain yang tidak mudah kusut. Sehingga, Anda boleh-boleh saja tidak menyetrikanya.

Namun, jika Anda menginginkan menyetrika hijab printing voal Anda, maka gunakan suhu panas yang sedang atau medium. Jangan terlalu panas karena dapat merusak kain dan motif yang ada.

  1. Cuci Kain Sebelum Diproduksi

Cara ini khusus untuk penyedia jasa print kain atau Anda yang ingin membuat hijab printing sendiri dari kain voal. Anda sebaiknya mencuci kain voal terlebih dahulu setelah membelinya dari penjual.

Cara ini penting dilakukan agar kain voal lebih friendly saat memasuki proses produksi. Selain itu, dengan mencucinya, Anda juga akan terhindar dari kuman dan virus yang menempel pada kain voal tersebut.

Itulah cara merawat hijab printing berbahan voal agar tidak mudah rusak. Daripada beli terus-terusan karena jilbab sudah rusak, lebih baik melakukan perawatan dengan cara yang tepat. Iya, kan?