beberapa elemen dari website

Inilah Beberapa Elemen Utama dari Sebuah Logo

 

Elemen dari Logo – Elemen logo adalah faktor penting untuk dipertimbangkan saat membuat logo. Pasalnya, unsur-unsur penyusun logo harus diisi untuk mewujudkan nilai yang benar.

Oleh karena itu, logo harus memiliki dampak yang sederhana, unik, bermakna, serbaguna, terukur, relevan, dan mudah dibagikan.

 

Definisi Logo

Secara konseptual, logo adalah simbol yang menggambarkan merek atau perusahaan. Logo juga merupakan fitur khusus yang membedakan produk satu sama lain. Ciri-ciri logo yang sangat jelas biasanya menggambarkan merek, institusi, perusahaan atau apapun yang dihadirkan.

Logo juga merupakan kombinasi dari berbagai elemen dalam entitas yang sama yang dapat menawarkan citra, kesan, dan penilaian yang berbeda kepada penggunanya. Karena itu, banyak perusahaan yang rela mengeluarkan anggaran besar untuk sebuah logo, apalagi jika untuk penggunaan jangka panjang.

 

Beberapa Elemen Logo yang Harus Anda Ketahui

elemen dari logo

Untuk membuat logo, beberapa elemen harus dipenuhi. Tentu saja, ketika semua elemen ini seimbang, logo yang Anda buat akan lebih elegan.

1. Elemen Dasar Pembentuk Logo : Garis

Elemen penting pertama adalah garis. Dalam pidato, Anda dapat mengartikan garis sebagai garis panjang. Secara teori, garis itu sendiri terbentuk dari titik kosong ke titik sasaran.

Unsur-unsur dasar ini merupakan faktor penting yang dapat memberi arti penting bagi setiap jenis. Contoh Horizontal : tenang dan tegas, Vertikal : stabil dan kuat, Diagonal : dinamis dan berkesinambungan, Lengkung : fleksibel dan anggun.

2. Perwujudan Karakter yang Ditekankan : Bentuk

Elemen logo selanjutnya adalah bentuk , yang memiliki arti bahasa sebagai shape, form dan juga image. Bentuk menjadi elemen yang dapat menggambarkan bagaimana jenis produk atau kantor harus dideskripsikan. Hal ini menunjukkan bahwa setiap bentuk yang Anda buat dapat menawarkan filosofi tersendiri.

Contoh filsafat dari bentuk, Segitiga : Ini memiliki filosofi otoritas, hierarki, dan control, Persegi Panjang : Bentuk ini menggambarkan sistem, efisiensi dan juga kepercayaan, Lingkaran: Filosofi sirkular dapat diartikan sebagai identitas diri, dalam, terpusat, mutlak, dan seimbang, Spiral : kreatif, proses, pertumbuhan adalah deskripsi yang tepat untuk bentuk ini.

3. Elemen Logo yang Menekankan Karakter : Warna

Elemen berikutnya yang tak kalah pentingnya adalah warna. Pasalnya, palet warna bisa menyampaikan konotasi dan perasaan yang berbeda. Warna juga bisa menjadi pernyataan filosofi bentuk yang Anda buat. Memilih warna yang tepat dapat mengubah perspektif dan motivasi logo Anda.

Contoh filosofi warna, Merah : percaya diri, berani, kuat, marah, sombong dan glamor, Kuning : Kehangatan, kebijaksanaan, kegembiraan, harapan, Biru : jelas, tenang, profesional, percaya diri, melankolis, suram, tenang dan damai, Hitam : tersembunyi, elegan, mewah, gelap, set, tenang, mandiri dan kosong, Putih : suci, murni, bebas, terbuka, polos, dingin dan baru

4. Identitas dari Logo : Font dan Tipografi

Elemen logo berikutnya menambahkan tipografi dengan font yang benar. Tipografi membuat logo terlihat lebih lengkap. Ini juga merupakan identitas logo, bahkan pemilihan font yang tepat berdampak besar pada mood yang ingin Anda berikan pada logo yang Anda buat.

Tipografi tidak hanya sebagai identitas, tetapi juga berpengaruh terhadap persepsi masyarakat terhadap brand pengguna logo. Pemilihan font yang sesuai akan mempengaruhi evaluasi karakter merek.

5. Elemen yang Terbentuk dari Filosofi : Tujuan dan Makna

Anda benar-benar harus memperhatikan elemen ini untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda dapat mendapatkan makna dan tujuan ini dengan menggabungkan semua elemen yang telah Anda susun.

Makna dan tujuan juga menyampaikan kesan dan menegaskan karakter yang ingin dibangun untuk brand dengan logo tersebut. Selain itu, filosofi melalui logo memberikan perspektif tentang nilai-nilai, visi dan misi perusahaan atau merek.

 

Baca juga : Aplikasi Bikin Logo di HP dengan Fitur Terbaik untuk Anda

 

Jadi, itulah beberapa elemen logo yang paling utama dan harus Anda Ketahui. Semoga bermanfaat!