Jenis Kertas Untuk Membuat Bunga & Cara Membuatnya

Tahukah kamu jenis kertas untuk membuat bunga? Bunga Kertas adalah alternatif dekorasi yang sangat menarik untuk acara dan perayaan pribadi dan komunitas, seperti pernikahan. Ya, bunga kertas bisa menjadi pilihan yang murah namun bisa memberikan kesan mewah tergantung bagaimana kita mendesainnya.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa alternatif jenis kertas yang bisa digunakan untuk membuat bunga kertas.
Bagi Anda yang menyukai bunga berukuran besar yang bisa digantung di dinding, Anda bisa menggunakan:

Jenis Kertas Untuk Membuat Bunga

Bingung memilih jenis kertas untuk membuat bunga yang cantik? dibawah ini terdapat 2 jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat dekorasi bunga besar, Yuk simak !

1. Kertas Karton

Karton ini memiliki tekstur seperti kertas HVS namun memiliki gramasi yang lebih tebal. Karton biasanya berukuran besar dan tersedia dalam berbagai warna pastel. Jenis kertas ini relatif murah.

2. Kertas Jasmine

Jenis kertas melati ini memiliki desain yang unik dengan taburan glitter sehingga menimbulkan kesan eksklusif saat digunakan untuk kartu undangan. Selain itu, kertas melati juga cocok dijadikan sebagai amplop untuk keperluan kantor.

Cara Membuat Dekorasi Bunga Kertas

Sebelum membuat dekorasi bunga kertas menggunakan 2 jenis kertas diatas, alangkah baiknya kita menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini :

Bahan dan Alat :

  • Kertas (bisa menggunakan kertas karton atau kertas jasmine)
  • Lem tembak
  • Gunting

Langkah dan cara membuat dekorasi bunga kertas :

1. Siapkan pola

Jenis Kertas Untuk Membuat Bunga & Cara Membuatnya

Agar lebih mudah membentuk kelopak bunga, Anda bisa menyiapkan polanya. Pola ini dapat digambar di atas kertas apa pun. Anda juga dapat mencari pola di internet dan mencetaknya dengan ukuran yang Anda inginkan.

2. Gunting Kertas Sesuai Pola

Jenis Kertas Untuk Membuat Bunga

Pertama, ambil kertas berukuran A4 dan lipat menjadi dua secara simetris, lalu potong. Kelopak besar akan muat di setengah lembar A4, kelopak sedang akan muat di seperempat kertas A4, dan kelopak kecil akan muat di lembar A4.

Anda membutuhkan 6 buah masing-masing untuk kelopak besar, sedang, dan kecil. Siapkan juga kertas untuk bagian tengah bunga.
Susun lembaran kertas sesuai ukuran, dan potong sesuai ukuran pola. Di dasar kelopak, potong celah sekitar 2 inci. Ini akan membuat dua lipatan untuk membentuk kelopak.

3. Bentuk dan Rangkai Kelopak

simak Jenis Kertas Untuk Membuat Bunga & Cara Membuatnya

Setelah kelopak terbentuk, gulung bagian terbesar kelopak untuk menciptakan efek bergelombang. Di bagian bawah kelopak yang telah dipotong menjadi celah 2 inci, rekatkan satu sisi ke celah dan rekatkan secara tumpang tindih sehingga kelopak berdiri tegak. Buat kelopak terbesar sebanyak 6 buah.

Setelah itu, Anda dapat merangkai enam kelopak besar menjadi satu untuk membentuk mangkuk. Tambahkan garis lem ke tepi setiap tutup bawah untuk menyatukannya.

4. Buat Tiga Ukuran Kelopak dan Satukan

Ulangi semua langkah di atas untuk kelopak berukuran sedang dan kecil. Kelopak kecil akan muat di seperdelapan kertas A4, kelopak sedang akan muat di seperempat kertas A4, dan kelopak besar akan muat di setengah kertas A4.

Setelah membuat tiga mangkuk kelopak dengan ukuran berbeda, kemudian satukan seluruhnya. Tutupi bagian bawah kelopak terbesar dengan kertas sisa.

Sekarang, tambahkan lem ke bagian bawah mangkuk sedang dan masukkan ke dalam mangkuk besar. Selanjutnya, tambahkan lem ke mangkuk terkecil dan masukkan ke dalam mangkuk sedang. Pastikan lem menempel dengan sempurna.

5. Buat Bagian Tengah Bunga

Setelah Anda selesai dengan kelopaknya, Anda perlu membuat bagian tengah bunga. Bagian tengah ini adalah benang sari atau putik dari bunga kertas yang Anda buat. Anda dapat menggunakan warna kertas yang berbeda sesuai dengan kreasi Anda.

Untuk membuat bagian tengah bunga, ambil setengah lembar 3 A4 terakhir, dan lipat menjadi dua memanjang. Potong tepi kertas dari sisi yang terlipat. Jangan sampai memotong semuanya lebih baik menyisakan jarak 0,5 inci dari tepi, dan lakukan di lembar lain.

Setelah itu, gulung potongan kertas tersebut. Gunakan lem untuk menahannya. Setelah selesai menggulung lembaran pertama, kemudian tempelkan ke lembaran berikutnya dan teruslah menggulung.

Lakukan ini sampai Anda menggulung ketiga lembar menjadi satu. Anda dapat menggunakan jari Anda untuk memisahkan tepi dan memperluas bagian tengahnya.

6. Pasangkan Bagian Tengah dan Temukan Hasil Akhirnya

yuk simak Jenis Kertas Untuk Membuat Bunga

Setelah bagian tengah bunga jadi, kamu tinggal menyatukannya dengan kelopak yang sudah dibuat tadi. Oleskan lem ke bagian tengah kelopak dan tempelkan bagian tengah bunga.

Satu bunga kertas siap menjadi hiasan. Cara membuat bunga kertas adalah teknik yang sangat serbaguna dan Anda bisa mendapatkan begitu banyak bunga yang berbeda hanya dengan mengubah bentuk kelopak, ukuran, warna, dan pusatnya.

Anda juga bisa memadukan warna, menambahkan daun, dan berkreasi dengan elemen lain untuk mempercantik bunga kertas.