Inilah 6 Manfaat Buah Kering Untuk Kesehatan

Tahukah kamu apa saja manfaat buah kering untuk kesehatan ? Saat ini sangat mudah untuk menemukan buah kering. Biasanya di pasar tradisional atau supermarket pasti akan Anda temukan. Ada anggapan, buah kering malah lebih sehat daripada buah segar. Apakah itu benar?

Buah kering memang menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan buah segar. Pertama, umur simpan dan portabilitas lebih lama. Kedua, karena mengandung lebih banyak kalori per porsi daripada buah segar, maka dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Untuk mengetahui secara detail, berikut 6 manfaat buah kering untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Buah Kering Mengatasi Berbagai Penyakit !

Manfaat Buah Kering Mengatasi Berbagai Penyakit !

1. Serat Tinggi

Manfaat buah kering yang pertama untuk kesehatan tubuh adalah sebagai sumber makanan berserat tinggi. Buah kering umumnya mengandung lebih banyak serat. Serat ini dapat membantu menjaga sistem pencernaan.

Sebut saja aprikot kering, mengandung 6,5 gram per cangkir, sedangkan aprikot segar hanya mengandung 3,1 gram. Kemudian, secangkir kismis mengandung 5,4 gram serat lebih banyak dibandingkan 1,4 gram anggur tanpa biji.

Serat tidak hanya membantu sistem pencernaan Anda. Menurut Harvard School of Public Health, ini membantu mencegah obesitas, penyakit jantung dan beberapa bentuk kanker.

2. Sumber Antioksidan

Manfaat buah kering untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah makanan yang kaya akan antioksidan. Beberapa buah kering merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh menurut sebuah studi tahun 2005 di Journal of American College of Nutrition.
Fenol, sejenis antioksidan, lebih berlimpah dalam buah-buahan seperti kurma dan buah ara daripada beberapa buah segar, jadi peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi lebih banyak buah kering.

Antioksidan juga telah ditemukan untuk melawan risiko penyakit jantung, kanker, osteoporosis, diabetes, kanker, dan penyakit otak degeneratif.

3. Kepadatan Nutrisi | Manfaat Buah Kering

Manfaat buah kering untuk kesehatan tubuh selanjutnya kaya akan kandungan nutrisi. Karena sebagian besar air diekstraksi dari buah kering, nutrisi menjadi kental. Buah-buahan kering seperti aprikot, kismis, plum, dan buah ara kaya akan beta karoten, vitamin E, niasin, zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium.

4. Kandungan Lemak dan Kalori yang Baik

Manfaat buah kering untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah buah yang sudah diekstrak dan sedikit mengandung lemak. Secara signifikan, menjadikannya sumber energi alami, terutama bagi para atlet. Buah kering juga merupakan suplemen bagi orang yang ingin menambah berat badan dengan sehat.

5. Mencegah Kanker | Manfaat Buah Kering

Manfaat buah kering untuk kesehatan tubuh selanjutnya dapat menjadi makanan yang dapat mencegah penyakit kanker. Sebuah apel dapat mencegah Anda dari sakit. Konon, makan apel dan aprikot kering setiap hari dapat mencegah Anda terkena kanker.

Apel dan aprikot mengandung fitonutrien yang berfungsi sebagai antioksidan dan juga merupakan sumber serat yang baik. Selain itu, mereka juga mengandung vitamin A, C dan zat besi.

6. Membantu Kulit Sehat

Manfaat buah kering untuk kesehatan tubuh, yang terakhir dapat membantu kesehatan kulit. Kulit segar, berkilau dan lembab merupakan indikator kulit sehat.

Buah-buahan seperti mangga kering mengandung banyak fitonutrien, vitamin A, C dan E, serta Omega 3 dan 6 yang membantu menyehatkan kulit. Kismis atau anggur yang telah dikeringkan juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Nah demikianlah 6 manfaat buah kering untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. See you and keep healthy yaa ^^

Baca Juga :