Perbarui Chrome Anda: Google Telah Merilis Perbaikan Keamanan

Perbarui Chrome Anda: Google Telah Merilis Perbaikan Keamanan

Jika Anda melihat pemberitahuan untuk memperbarui Chrome Anda, jangan abaikan. Pada hari Kamis, Google mengatakan sekarang meluncurkan pembaruan keamanan untuk browser guna menambal kerentanan yang masih dieksploitasi internet. Seperti yang pertama kali dilaporkan oleh publikasi saudari CNET ZDNet, kerentanan dan patch zero-day adalah untuk Chrome versi 88.0.4324.150 untuk pengguna sistem Mac, Windows dan Linux.

Detail tentang kerentanan, yang disebut CVE-2021-21148, saat ini dirahasiakan “sampai sebagian besar pengguna diperbarui dengan perbaikan,” menurut sebuah posting di blog pembaruan keamanan Google pada hari Kamis. Kebijaksanaan adalah tipikal perusahaan yang menghadapi risiko keamanan yang masih aktif secara luas, tetapi Google mencatat bahwa bug itu digunakan dalam serangan sebelum dilaporkan ke teknisi oleh pengguna Mattias Buelens pada 24 Januari.

“Google mengetahui laporan bahwa eksploitasi untuk CVE-2021-21148 ada di alam liar,” kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog. “Kami juga ingin berterima kasih kepada semua peneliti keamanan yang bekerja dengan kami selama siklus pengembangan untuk mencegah bug keamanan mencapai saluran stabil.” Jadi bagi Anda yang sering mendapatkan notifikasi chrome berupa iklan pop up, mungkin itu salah satu kelemahan dari google chrome versi lama. Silahkan perbarui google chrome Anda.

Hanya dua hari setelah Buelens membawa bug tersebut ke perhatian Google, Grup Analisis Ancaman Google mengeluarkan peringatan kepada peneliti keamanan siber bahwa peretas Korea Utara menargetkan peneliti yang mengerjakan topik sensitif, sebagian dengan memikat para peneliti ke situs blog yang mengeksploitasi kerentanan browser.

Google mengatakan pembaruan browser akan terus diluncurkan selama beberapa hari dan minggu mendatang.

Cara memperbarui Chrome
Jika Anda menggunakan Chrome, sebaiknya periksa versi mana yang Anda gunakan dan lihat apakah Anda sudah diperbarui sepenuhnya. Jika Anda menggunakan browser Brave atau browser lain yang dibangun di atas mesin Chromium Google, Anda harus mempertimbangkan untuk memperbaruinya juga.

Memperbarui Chrome adalah proses yang sangat sederhana. Begini cara melakukannya.

Buka Chrome, dan periksa pojok kanan atas jendela browser untuk tombol Perbarui hijau, di samping menu Tiga titik Lainnya.

Setelah Anda mengklik Perbarui, Anda akan disambut oleh prompt untuk mengonfirmasi pilihan Anda. Klik Luncurkan kembali dan Google akan melakukan sisanya. Ingatlah bahwa ini akan menutup dan memulai ulang browser Anda, jadi pastikan Anda telah menyimpan apa pun yang sedang Anda kerjakan sebelum melanjutkan.

Banyak pengguna Aplikasi Chrome sudah menyetel browser mereka untuk memperbarui secara default, jadi Anda mungkin tidak perlu melakukan tindakan apa pun. Untuk memeriksa apakah browser Anda telah memperbarui dirinya sendiri, cukup buka Chrome, arahkan ke pojok kanan atas dan klik menu tiga titik Lainnya.

Jika Anda melihat opsi yang bertuliskan Perbarui Google Chrome, berarti Anda tidak menjalankan versi terbaru. Jika Anda menjalankan versi terbaru, opsi itu tidak akan ada dalam daftar. Anda juga dapat memeriksa pembaruan secara manual dengan membuka Chrome, lalu pergi ke kiri atas browser Anda, mengklik File, lalu mengklik Preferensi.

Dari sana, pilih Pemeriksaan Keamanan dari daftar opsi di sisi kiri browser.

Anda akan dibawa ke layar yang akan menawarkan untuk menjalankan pemeriksaan pembaruan atau risiko apa pun di versi Chrome Anda saat ini. Klik tombol Periksa Sekarang dan proses otomatis akan mengambil alih. Anda masih perlu memulai ulang Chrome setelahnya, jadi pastikan untuk menyimpan pekerjaan yang terbuka.

Jangan lupa untuk memeriksa browser di ponsel dan tablet Anda. Lihat instruksi empat langkah Google untuk pengguna Android, dan untuk iPhone dan iPad.

Versi Chrome apa yang saya gunakan?
Ingin tahu apakah ini memengaruhi browser Anda? Hanya perlu dua klik untuk mengetahui apakah Anda menjalankan Chrome 88.0.4324.150, versi terbaru dan yang terpengaruh oleh kerentanan dan pembaruan. Begini caranya.

Buka Chrome dan lihat pojok kiri atas jendela Anda.

Setelah Anda mengeklik preferensi, Anda tidak hanya akan disajikan dengan informasi versi Chrome Anda saat ini, tetapi juga opsi sistem dan keamanan lain untuk dijelajahi.