Profil Cardi B, Dinobatkan Sebagai Rapper Paling Berpengaruh

Profil Cardi B, Dinobatkan Sebagai Rapper Paling Berpengaruh

Belcalis Matlenis Almanzar atau yang secara profesioanl dikenal dengan nama Cardi B ini merupakan seorang rapper dan aktris kebanggan Amerika. Cardi lahir pada tanggal 11 Oktober 1992 di Manhattan dan dibesarkan di Bronx  New York City. Putri dari pasangan suami istri Dimunika dan Trinidad, ia menghabisakn banyak waktu dirumah nenek dari pihak ayah di Wahington Heights. Nama Cardi B merupakan turunan dari nama Bacardi, kemudian nama ini semakin melekat sejak semua anggota keluarganya memanggilnya dengan nama Cardi.

Selama masa remajanya, Cardi pernah bekerja di sebuah toko makanan di Tibeca. Kemudian ia dipecat oleh atasannya dan direkomendasikan untuk bekerja sebagai seorang penari erotis pada sebuah klub. Atas usul tersebut Cardi B menrima usulan sang atasan dan mulai mendaftarkan diri sebagai penari erotis disebuah klub ternama, ia mendapatkan banyak uang untuk mencukupi penghasilannya dari pekerjaan barunya itu. Tahun 2013, video Cardi yang sedang menari dengan sangat erotis terpublikasi dan menyebar di media sosial termasuk Vine dan Instagram. Pemberitaan ini cukup mengejutkan banyak pihak terutama sang ibu.

Cardi menjadi selebriti internet yang mampu mencapai kepopularitasan di Vline dan instagram. Dari tahun 2015 sampai 2017, Cardi muncul sebagai anggota pemeran reguler di serial televisi realitas VH1 Love & Hip Hop: New York. Serial ini menggambarkan tentang perjalanan Cardi mengejar karir bermusik dan semua impian-impian tampil dipanggungnya. Sebelum resmi menandatangani kontrak dengan label Atlantic Records tahun 2017, Cardi terleboh dulu telah merilis dua mixtape yang berjudul Gangsta Bitch Music Vol.1 dan Vol 2 dan sukses besar di pasar internasional.

Wanita 28 tahun ini merilis album debut pertamanya Invasion of Privacy pada tahun 2018, album ini langsung bisa menembus posisi puncak Billboard 200 dan mencatatkan rekor di beberapa kegiatan streaming. Selain itu, album ini sudah memperoleh sertifikasi triple platinum oleh RIAA dan dinobatkan sebagai album rap wanita posisi teratas ditahun 2010-an. Cardi menjadi satu-satunya wanita yang memenangkan penghargaan sebagai artis solo, serta artis rap wanita pertama dalam 15 tahun yang dinominasikan untuk Album of the Year.

Forbes mengakui bahwa Cardi menjadi salah satu rapper wanita paling berpengaruh sepanjang masa, ia dikenal sebagai rapper yang memiliki aliran agresif dalam liriknya dan ternilai terlalu jujur. Cardi menjadi rapper wanita yang memiliki sertifikasi tertinggi sepanjang masa di peringkat Artis Top (Digital Singles) RIAA, namanya juga muncul diantara sepuluh wanita bersertifikasi tertingggi dengan total dua sertifikasi teratas oleh artis rap wanita.

Cardi menjadi satu-satunya  rapper wanita dengan beberapa miliar streamer di Spotify, menjadikan ia sebagai artis pertaman yang mampu menduduki puncak Billboard Global 200 perdana. Beberapa penghargaan besar lain yang berhasil diperoleh oleh Cardi antara lain: Grammy Awar, delapan Billboard Music Awards, lima Guinness World Records, lima American Music Awards, sebelas BET Hip-Hop Awards dan dua penghargaan ASCAP Songwrite of the Year. Tahun 2018, majalah Time memasukkan nama Cardi kedalam daftar tahunan yakni 100 oarang paling berpengaruh didunia, tahun 2020 Billboard juga menghormati Cardi sebagai Women of the Year.

Cardi mengidentifikasikan dirinya sebagai seorang frminis, masyarakat umum menilai Cardi sebgai sosok pahlawan pemberdayaan wanita. Ia sengajah menghindari hubungan asmara dengan pria berlatar belakang apapun. Menurut Cardi hubungan asmara yang akan dijalin akan membuatnya semakin jauh dengan tuhan dan jati dirinya yang sesungguhnya.

Sumber: https://www.gluwee.com/cardi-b/