resep kacang mete goreng

Resep Kacang Mete Goreng Yang Enak dan Gurih

Kali ini kita akan membahas tentang resep kacang mete goreng yang enak dan gurih. Kacang mete sebenarnya bukan kacang, melainkan biji dari pohon jambu mete, yang juga dikenal sebagai kacang mete. Jambu biji memiliki nama latin Anacardium occidentale. Tanaman yang satu ini bukan anggota jambu biji atau pinang, melainkan kerabat dekat mangga. rumah mesin

Buah jambu mete bentuknya seperti lonceng dan berwarna keabu-abuan. Buah ini panjangnya sekitar 5 cm dan ujung buahnya berbentuk kacang polong yang runcing dan melengkung. Dan buah dengan ujung runcing dan melengkung ini banyak disebut sebagai biji dan sering diolah menjadi kacang mete.

Setelah matang, biji dipisahkan dari buahnya kemudian dikeringkan. Setelah itu, Anda bisa memanggang atau menggoreng kacang mete untuk membuat berbagai jenis camilan. Kacang mete sering dimakan sendiri atau dibuat menjadi campuran cokelat, kue, sambal, dan bahan makanan lainnya. alat pengupas mete

Cara Menggoreng Kacang Mete

Salah satu masakan yang sangat digemari saat lebaran adalah kacang mete goreng. Teksturnya yang renyah serta rasanya yang manis dan gurih akan disukai oleh seluruh keluarga. Siapa pun yang membeli kacang mete goreng siap saji mungkin harus merogoh kocek dalam-dalam. Tapi Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Namun, karena harga kacang mete mentah yang sudah cukup tinggi, sangat mengganggu bila kacang mete tersebut hangus dan rusak.

  1. Dalam penggorengan tambahkan 250ml minyak goreng. Gunakan api kecil untuk memanaskan minyak.
  2. Celupkan sumpit/bambu/tongkat kayu ke dalam wajan untuk memeriksa apakah minyak sudah mendidih. Jika Anda melihat gelembung-gelembung yang menempel pada batang bambu dengan cepat naik ke permukaan, itu tandanya minyak sudah siap.
  3. Tambahkan 300 gram kacang mete ke dalam wajan dan aduk perlahan untuk memastikan kacang mete terdistribusi secara merata. Putaran pertama biasanya memakan waktu sekitar 3,5 menit hingga berwarna cokelat muda.
  4. Setelah 3,5 menit dan kacang mete terlihat berwarna cokelat keemasan, angkat minyak dan tiriskan di atas tisu untuk menyerap minyak.
  5. Pengalaman menunjukkan bahwa 250 ml minyak cukup untuk menggoreng 1 kg kacang mete, setelah itu minyaknya menjadi gelap dan harus dibuang.
  6. Panggangan kedua membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Putaran kedua berlangsung setidaknya 7,5 menit. Dan putaran ketiga memakan waktu sekitar 8,5 menit.
  7. Tambahkan garam ke kacang mete sebelum dimakan dan simpan kacang mete dalam wadah kedap udara

Resep Kacang Mete

Sekarang setelah Anda tahu cara menggoreng kacang mete, Anda juga bisa berkreasi dengan kacang mete. Berikut ini beberapa resep kacang mete yang bisa Anda coba. Cocok untuk cemilan di rumah.

1. Resep Bawang Mete

Berikut resep bawang mete disertai petunjuk cara menggoreng kacang mete agar matang merata

Bahan :

  • 500 gram kacang mete
  • 4 sdt bawang putih bubuk
  • Garam secukupnya
  • air

Cara menggoreng kacang mete:

  1. Cuci kacang mete dengan air hangat dan buang airnya
  2. Campurkan bubuk bawang putih dan garam ke dalam kacang mete. Aduk hingga semuanya tercampur rata
  3. Kemudian tambahkan air hangat sampai semua kacang terendam air. Diamkan selama 20 menit lalu tiriskan.
  4. Panaskan minyak di wajah dengan api kecil. Jika sudah panas, goreng kacang mete. Api kecil agar tidak cepat gosong.
  5. Goreng, aduk sesekali. Pada awal pemanggangan, kacang mete akan tetap terasa lembut saat Anda mengaduknya. Namun, lama kelamaan mengeras, yang ditandai dengan suara keras saat diaduk.
  6. Tidak harus digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Cukup kekuning-kuningan karena proses pematangan berlanjut sampai bijinya dingin. Jika agak keras dan berwarna kekuningan, kacang mete bisa diangkat dan ditiriskan.
  7. Setelah ditiriskan, oleskan langsung di atas kertas atau tisu sampai semua minyak terserap dan cepat kering.
  8. Saat minyak habis dan mendingin, kacang mete bisa disimpan dalam wadah. Cara menggoreng kacang mete agar matang merata dan ditambah rasa bawang bombay.

Selain itu, juga memberikan tips mengangkat kacang mete dari wajah, teksturnya masih agak lembut. Kalau bukan berarti belum matang, jangan khawatir karena akan garing saat sudah dingin. Kemudian simpan dalam wadah saat kacang mete sudah benar-benar dingin. Jika Anda tidak terkena angin, itu menjadi tidak nyaman.

2. Resep Kacang Mete Asli

Tidak semua orang menyukai rasa tambahan kacang mete dan menginginkan rasa aslinya. Nah, berikut ini adalah resep sekaligus cara sangrai kacang mete rasa original dari NR.

Bahan:

  1. 1 kg kacang mete mentah
  2. garam
  3. Air panas

Cara menggoreng kacang mete:

  1. Cuci kacang mete dengan air bersih. Taruh di wadah tahan panas. Tuang air panas dan 1 sendok makan garam. Diamkan 15 menit, tiriskan.
  2. Kemudian tuangkan air panas di atas kacang mete lagi, tiriskan dan biarkan dingin. Hal ini diperlukan karena air panas berfungsi untuk menghilangkan sari buah jambu mete yang terasa gatal di mulut atau tenggorokan.
  3. Rendam kacang mete dalam kurang lebih 500 ml air bersih dan 1 sendok makan garam atau biarkan terendam selama kurang lebih 1 jam, tergantung selera. Setelah bumbu meresap, biarkan kacang mete mengering, sekitar 30 hingga 45 menit.
  4. Panaskan minyak goreng dan masukkan kacang mete. Untuk memanggang kacang mete agar matang merata, kacang mete harus dicelupkan ke dalam minyak. Kecilkan api saat menggoreng, aduk-aduk agar matang merata. Panggang hingga kecoklatan.
  5. Angkat, letakkan kacang mete di atas tisu untuk menyerap minyak. Setelah kacang mete dingin, masukkan ke dalam wadah tertutup.

Selain itu, minyak yang perlu direndam dalam kacang mete harus panas terlebih dahulu, kemudian ketika kacang mete masuk ke wajan, panasnya harus kecil agar tidak mudah gosong. Terakhir, aduk sambil menggoreng.

3. Resep Kacang Mete Yang Manis dan Gurih

Bahan:

  • 500 gram kacang mete
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 7 buah cabai rawit
  • 6 siung bawang putih
  • 3 sdm gula pasir
  • 1,5 sdt garam
  • 2 putih telur
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara menggoreng kacang mete:

  1. Cuci kacang mete, tiriskan dan keringkan dengan kertas dapur sampai tidak basah lagi.
  2. Haluskan bawang putih dan cabai, lalu campur dengan putih telur, gula dan garam. Lalu masukkan kacang mete aduk rata.
  3. Biarkan semalaman dengan kondisi menyebar atau tidak menumpuk
  4. Goreng dalam minyak banyak dengan api sedang hingga matang
  5. Tunggu hingga benar-benar dingin sebelum disimpan dalam toples