Tips & Trik Cara Membangun Rumah Idaman

Bingung Cara Membangun Rumah Idaman? Ini 10 Tipsnya!

Sedang rancangan membangun tempat tinggal idaman, tetapi Anda bingung apa yang wajib diperhatikan? CASA Indonesia merangkum lebih dari satu step yang wajib Anda lakukan selagi idamkan membangun rumah, jadi dari posisi menghadap rumah, luasan area, hingga budget.

 

1. Pilih lokasi dan posisi tempat tinggal yang baik
Lokasi tempat tinggal yang baik berkaitan bersama arah mata angin, lingkungan sekitar, dan apalagi lebih dari satu orang perhatikan feng shui. Posisi tempat tinggal terhitung berpengaruh terhadap suhu di didalam rumah. Akan terlalu baik kalau Anda mendapat tempat tinggal yang menghadap arah Timur, sehingga memperoleh cahaya matahari pagi yang baik.

Jika tempat tinggal menghadap segera ke arah barat, eksterior tempat tinggal wajib disiasati bersama memakai secondary skin atau panel tambahan. Contohnya layaknya terhadap tempat tinggal yang memakai sunscreen dari rotan sintesis.

 

2. Sesuaikan luasan bangunan dan jumlah lantai bersama kebutuhan
Desain tempat tinggal satu lantai lebih gampang dirancang gara-gara elemen desain yang diperhatikan condong lebih sedikit. Jika Anda memiliki ukuran tanah yang luas, jenis tempat tinggal ini terlalu cocok, gara-gara dapat memaksimalkan area sebanyak mungkin. Jangan lupa hadirkan taman sehingga tempat tinggal jadi segar. Untuk keluarga muda lumayan memilih tempat tinggal satu lantai berukuran 100 meter persegi bersama 2 kamar tidur.

Rumah berlantai dua atau apalagi tiga banyak ditemukan di perumahan kluster. Tipe tempat tinggal ini cocok untuk keluarga kecil, gara-gara fungsi ruangan dapat bertumbuh seiringnya jadi tambah personil keluarga.

3. Sesuaikan budget bersama kemampuan
Biaya membangun tempat tinggal terlalu beragam, tergantung dari kontraktor yang Anda pilih. Beda kawasan, beda harga. Biasanya kontraktor bakal berikan gambaran biaya dari harga per meter persegi. Kini, harga borongan per meter persegi dapat di mulai dari Rp 3.000.000 – Rp 10.000.000 (tentatif). Harga borongan kebanyakan udah meliputi biaya material dan tukang yang punya gerobak sorong.

Namun, biaya itu dapat beralih tergantung bersama jenis tempat tinggal yang Anda pilih. Semakin kompleks desainnya, harga tentu bakal mengikuti. Pilih kontraktor bersama bijak dan dapat dipercayai.

 

4. Cari referensi desain yang sesuai
Mencari referensi di internet begitu gampang dan banyak ditemukan, terutama melalui web dan majalah CASA Indonesia. Namun kadangkala Anda kesulitan mendapatkan apa yang Anda butuhkan dan inginkan. Untuk itu, konsultasikan bersama desainer interior atau arsitek tempat tinggal Anda. Karena sebagai pakarnya, mereka dapat menerjemahkan keperluan klien didalam bentuk 3D dan berikan wejangan bakal tren desain terkini.

 

5. Pilih cat warna cocok bersama kepribadian
Tergantung terhadap warna yang digunakan, interior tempat tinggal dapat pancarkan beraneka macam suasana. Hal ini merubah karakter atau mood area layaknya apa yang idamkan dihadirkan oleh penghuni rumah. Warna terang condong berikan kesan luas terhadap ruangan, gara-gara sifatnya yang memantulkan cahaya.

 

6. Hadirkan taman atau beranda tempat tinggal untuk sirkulasi udara
Berapa pun luas tanah yang Anda miliki, sebisa kemungkinan menyediakan area spesifik taman gara-gara khasiatnya lumayan banyak. Mengutip dari Aldo Feandri yang mengulas tentang Arsitektur dan Sustainabilitas, disadari atau tidak, manusia memiliki kecenderungan bawaan untuk menyukai alam. Edward O. Wilson terhadap th. 1984 didalam bukunya: Biophilia, The Human Bond with Other Species, mendeskripsikan biophilia sebagai kecenderungan bawaan untuk fokus terhadap kehidupan dan proses-proses yang menyerupai kehidupan (E.O. Wilson, 1984).

Taman dapat mengimbuhkan pemandangan segar untuk mata dan udara yang baik untuk rumah. Hijaunya tanaman dapat menyebabkan suasana ruangan menjadi sejuk dan segar. Tak cuma dari segi visual, kehadiran tanaman di tempat tinggal terhitung memperbaiki sirkulasi udara. Memiliki taman atau sekadar pot anaman hijau kini menjadi tren jenis hidup serba sehat.

 

7. Miliki tempat tinggal irit daya dan ramah lingkungan
Sudah terlalu umum penduduk memakai AC sebagai penyejuk ruangan, tetapi penggunaan yang terlalu lama terhitung tidak baik untuk kesehatan, terutama menyebabkan kulit menjadi kering. Kipas angin merupakan perangkat penyejuk alternatif bersama konsumsi listrik relatif kecil dibandingkan AC, walaupun tidak dapat difungsikan untuk menurunkan suhu ruangan.

Jika memungkinkan, rancang ceiling tempat tinggal tinggi terhadap area utama untuk mendukung perputaran udara di didalam rumah. Tinggi double height ceiling kebanyakan berkisar 7 hingga 8 meter. Sistem ini dapat digunakan untuk tempat tinggal satu lantai ataupun lebih.

 

8. Jadikan tempat tinggal sebagai penghilang rasa stress
Walaupun udah dicetuskan sejak th. 1980, tetapi istilah desain biophilic jadi marak dibicarakan lagi. Desain biophilic dihadirkan untuk mengembalikan kedekatan manusia bersama alam sehingga dapat kurangi stress. Caranya bersama memasukan tanaman hias di didalam rumah, beri penerangan alami bersama jendela dan pintu kaca besar, serta memasukan material-material natural untuk suasana yang nyaman.

 

9. Pilih furnitur dan dekorasi yang cocok bersama luasan rumah
Memaksimalkan area bersama memilih furnitur yang bijak dapat menjadi alternatif untuk mengimbuhkan area bagi udara dan cahaya masuk ke didalam rumah. Semakin sedikit furnitur yang diletakan, ruangan bakal jadi tambah lapang. Pemilihan material kayu dan warna netral terhadap furnitur serta taman kering di balkon dapat mengimbuhkan kesan sejuk dan lapang didalam kesederhanaan desain. Pilihlah cocok bersama selera Anda dan jadikan tempat tinggal Anda sebagai cerminan kepribadian Anda.

 

10. Hadirkan area hobi
Apakah Anda puas membaca buku atau bermain musik, tetapi tempat tinggal Anda kecil? Tidak masalah! Untuk mengimbuhkan ide selagi bekerja, menyediakan sofa panjang untuk membaca buku di sudut jendela atau bawah tangga. Tambahkan dudukan dan bantal yang empuk, serta lampu bersama penerangan yang cukup. Seketika area bawah tangga Anda menjadi sudut nyaman untuk me-time dan membaca buku. Desain sofa dan rak built-in terlalu optimal tempat tinggal kecil dan tidak memakan tempat.