Cara Menggunakan Toilet Duduk

Perhatikan! Begini Cara Menggunakan Toilet Duduk yang Benar dan Aman

Anda pasti tahu, ada dua jenis toilet yang sering kita temui. Pertama yaitu toilet jongkok dan kedua adalah toilet duduk. Nah, untuk model yang duduk ini ternyata masih banyak loh yang salah saat menggunakannya. Lalu seperti apa yang benar?

Daripada toilet jongkok, model duduk ini memang terbilang masih belum begitu umum. Walau sudah banyak dipakai, tapi banyak juga yang masih pilih model jongkok dengan alasan ‘lebih sehat’. Padahal jika digunakan dengan benar, maka aman-aman saja.

baca juga salon toilet bandung

Benarkah Toilet Duduk Tidak Lebih Sehat dari Toilet Jongkok?

Di era modern ini, toilet model duduk semakin sering dipilih dibanding model jongkok. Alasannya beragam, seperti lebih nyaman, mewah hingga mudah dirawat. Namun di sisi lain, ada yang bilang kalau model toilet ini tidak lebih sehat. Benarkah itu?

Mengikuti para ahli, penggunaan toilet jongkok memang lebih dianjurkan daripada yang duduk. Hal ini karena posisi jongkok saat BAB dinilai lebih baik dan sehat. Sebab usaha untuk mengejan tidak perlu terlalu besar dan feses bisa keluar lebih lancar.

Lalu bagaimana jika di rumah adanya toilet duduk? Tidak masalah. Anda bisa gunakan bangku pendek untuk diletakkan di bawah kaki saat BAB. Dengan begitu, posisi duduk Anda akan membentuk sudut 35 derajat mirip berjongkok. Jadi tidak jauh bedakan?

Cara Menggunakan Toilet Duduk yang Benar

Tak dipungkiri, semakin kesini kita pasti akan semakin sering mendapati toilet model duduk. Karenanya, penting juga untuk mengetahui cara menggunakannya yang benar. Maka dari itu, simak baik-baik berikut ini:

  1. Bersihkan Dudukan Toilet Sebelum Digunakan

Tak seperti toilet jongkok, kita akan duduk saat menggunakan toilet ini. Di mana itu artinya, kuman-kuman yang ada di dudukan bisa menyebar ke kita. Maka dari itu untuk menghindarinya, bersihkan dulu dudukan dengan disiram. Jika Anda di toilet umum, sebaiknya bersihkan menggunakan tisu juga.

baca juga: cuci sofa antapani bandung

  1. Jangan Jongkok di Atas Toilet Duduk

Disebut toilet duduk karena memang digunakan dengan duduk. Jangan jongkok, sebab itu bisa berbahaya. Selain akan kotor karena alas kaki, dudukan juga bisa rusak karena tidak digunakan semestinya. Selain itu, pikirkan juga kemungkinan Anda bisa terpeleset dan jatuh dari atas toilet.

  1. Perhatikan Posisi Duduk di Toilet

Kesalahan posisi duduk ini seringkali terjadi tapi jarang disadari. Sesuai yang disarankan, duduklah dengan punggung dan kaki membentuk sudut 35 derajat.

Anda bisa gunakan kursi kecil sebagai tumpuan kaki untuk mencapai posisi ini. Dengan begitu, Anda bisa tetap pada posisi yang sehat ketika mengejan seperti saat menggunakan toilet jongkok.

  1. Tutup Toilet Sebelum Menekan Tombol Flush

Setelah selesai memakai toilet, Anda harus menyiramnya. Nah, pada toilet model duduk ini, Anda cukup tekan tombol Flush dan kotoran otomatis akan tersiram.

Tapi ingat, tutup dulu kloset sebelum menekan tombolnya. Hal ini agar bakteri tidak terciprat keluar saat terkena tekanan air yang besar.

Penggunaan toilet duduk memang mudah. Tapi bagi yang belum terbiasa mungkin akan sedikit kesulitan. Karena itu, ketahui cara menggunakannya yang benar. Sehingga Anda bisa lebih baik dan aman dalam menggunakannya.