Apakah botol dan dot merusak gigi? – Pelatih bayi

Produk Bayi TerbaikPelatih Bayi adalah alat berukuran unik yang memotivasi pasien gigi sulung untuk mengunyah dengan benar dan melatih otot pengunyahan mereka. Namun yang paling penting, Pelatih Bayi menyukai pernapasan dan posisi lidah yang benar.

Banyak orang tua yang bertanya-tanya apakah baik menggunakan dot untuk bayinya atau tidak karena takut dapat menyebabkan kelainan bentuk pada mulutnya dan mengganggu proses menyusui sehingga mereka memilih untuk tidak memberikannya kepada anaknya. Hal yang sama terjadi dengan botol dan menyusui yang menimbulkan banyak keraguan dalam hal kesehatan mulut.

SEDO (Spanish Society of Orthodontics) membuat beberapa rekomendasi yang mengatasi keraguan ini dan membantu mencegah kebiasaan buruk masa kanak-kanak yang menyebabkan maloklusi di kemudian hari:

Menyusui: menurut SEDO, menyusui berkontribusi positif pada perkembangan alat pengunyahan, menghindari kebiasaan buruk seperti mengisap jempol, dan mencegah anomali dentomaxillofacial karena isapan yang dilakukan bayi merupakan latihan yang baik untuk perkembangan mulut yang benar.

Botol: mengenai botol, SEDO mengatakan bahwa bayi tidak boleh tidur dengannya atau menggunakannya sebagai dot untuk menghindari munculnya gigi berlubang, tetapi jika demikian, mulut dan gusi harus dibersihkan dengan baik

Dot: tidak masalah jika Anda berhenti menggunakannya sebelum 24 bulan, penggunaan dot membantu bayi tidur dan tenang dan lebih baik menggunakan dot daripada mengisap jari Anda.

Jika tidak dikeluarkan tepat waktu, akan menyebabkan perubahan pada mulut seperti: kelas II, gigitan terbuka, gigitan silang… Jika masalah sudah terjadi, penting untuk dapat menyelesaikannya sesegera mungkin untuk menghindari maloklusi yang lebih buruk yang sulit diperbaiki.

Di Proclinic kami memiliki beberapa perangkat yang dapat membantu mengekang penggunaan empeng dan kebiasaan buruk lainnya, seperti Pelatih Bayi, yang merupakan pengganti yang baik, dan juga membantu mendorong mengunyah yang benar serta perkembangan gigi dan rahang anak yang sedang tumbuh.

Pelatih Bayi memaksa anak untuk bernapas melalui hidung dan melatihnya makan dengan lidah menggunakan posisi yang benar. Alat ini dapat mencegah kebutuhan anak untuk menggunakan ortodontik di masa mendatang.

Fitur utama Pelatih Bayi:

Pelatih Bayi memiliki beberapa fitur utama untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak:

Bantalan udara memberikan rangsangan aktif dan lembut untuk pertumbuhan maksilofasial

Lidah membantu melatih anak dan memposisikan lidahnya dengan benar untuk makan dengan benar.

Perisai Lidah mencegah anak mengisap jarinya dan mendorong lidah ke depan.

Peralatan Dr Hinz juga memiliki variasi yang luas yang membantu mengatasi masalah gigitan terbuka seperti Retruded Jaw Oral Screen atau Flat Oral Screen, sempurna untuk mencegah bayi menggunakan empeng atau botol karena dapat merusak gigi dan gigitan terbuka, bagian belakang oklusi silang, atau overbite yang luas dapat terjadi.

Beberapa tips untuk penggunaan dot yang benar adalah:

Gunakan untuk mencegah mengisap jempol.

Gunakan ukuran dot yang sesuai

Jangan mencelupkannya ke dalam produk manis seperti jus atau madu yang menyebabkan gigi berlubang

Dan tentu saja tidak menggunakannya setelah 2 tahun