Bagaimana cara membersihkan dot bayi Anda?

Produk Bayi Terbaik – Apa yang perlu diketahui tentang menjaga dot bayi Anda bebas kuman Dot bisa menjadi berkah (sesuatu untuk menenangkan bayi Anda yang menangis) dan kutukan (tanda pencarian di tengah malam). Dan kemudian ada pertanyaan tentang bagaimana membersihkannya, mengingat bayi Anda menghabiskan banyak waktu untuk menghisapnya seperti halnya dia menghisapnya.

Haruskah Anda mensterilkannya setiap kali keluar dari mulut bayi? Apakah Anda hidup dengan aturan 5 detik dan berpura-pura tidak pernah menyentuh tanah? Sesuatu di antaranya? Dokter anak Jason Sherman, DO, membagikan tipsnya untuk menjaga dot tetap bersih dan bayi tetap sehat.

Membersihkan DOT bayi

Bayi Anda tidak mungkin sakit parah karena dot yang kotor, kata Dr. Sherman. Namun Anda tetap harus berusaha untuk menjaga kebersihannya. Dot yang mengenai lantai — atau meja, kursi mobil, atau permukaan lain yang kurang bersih — dapat membawa kuman. Kuman tersebut bisa berupa virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Dot yang kotor juga dapat menyebarkan sariawan, infeksi jamur umum yang menyebabkan bercak putih dan luka yang mengganggu di mulut bayi Anda. “Setiap kali dot jatuh ke tanah atau permukaan lain, bersihkan sebelum memasukkannya kembali ke mulut bayi,” saran Dr. Sherman. “Kamu tidak ingin mengambil risiko bayinya sakit.”

Haruskah Anda membersihkan dot?

Namun, membersihkan dot tidak harus rumit. Anda tidak perlu khawatir merebusnya atau menggunakan desinfektan khusus. Busa sederhana dengan air hangat dan sabun cuci piring sudah cukup, kata Dr. Sherman. Ingin tahu tentang tisu dot yang dikemas sebelumnya? Mereka bisa berguna saat dibutuhkan jika Anda jauh dari wastafel.

Tapi mereka mungkin tidak bekerja lebih baik daripada sabun dan air biasa, catat Dr. Sherman. “Mereka tidak diperlukan jika Anda menggunakan wastafel atau sabun dan air yang tersedia.”

Bolehkah mengisap dot bayi untuk membersihkannya?

Bagaimana dengan teknik kuno menempelkan dot bayi Anda di mulutnya untuk membersihkannya? Metode meludah bersih mungkin umum dilakukan, tetapi tidak direkomendasikan oleh Dr. Sherman. “Anda mungkin merasa sehat, tetapi Anda tidak pernah tahu apakah Anda membawa kuman,” katanya. “Mengisap dot bayi Anda dapat menyebarkan mikroorganisme yang membahayakan bayi Anda.”

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, selama dot tidak kotor, orang tua yang mengisap dot dapat menurunkan risiko bayi terkena alergi. Dan beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa memaparkan bayi pada kuman melalui air liur dapat meningkatkan sistem kekebalan mereka. Tapi buktinya jauh dari solid, kata Dr. Sherman.

Dan anak-anak tidak perlu bantuan untuk menjadi kotor. “Percayalah, anak-anak akan banyak terpapar mikroorganisme yang akan membantu membangun sistem kekebalan mereka sendiri,” katanya. Namun, untuk anak-anak, tujuan Anda adalah membantu mereka menghindari kuman selama mungkin. “Anda tidak harus menyimpannya dalam gelembung,” kata Dr. Sherman. “Tetapi Anda harus melakukan yang terbaik agar mereka tidak sakit, terutama bayi di bawah 2 bulan yang belum memiliki banyak sistem kekebalan dan belum mendapatkan vaksin berusia dua bulan.” Tidak perlu panik jika bayi Anda mengambil empeng dan memasukkannya kembali ke dalam mulutnya sebelum Anda sempat membersihkannya.

Puji saja kemampuannya yang baru ditemukan untuk meraih dan meraih dan terus berjalan. “Kemungkinan itu tidak akan menjadi masalah bagi sebagian besar anak yang sehat,” kata Dr. Sherman. “Tapi kapan pun Anda bisa, segera bilas dot dengan sabun dan air agar aman.”