Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik

cara membuat kemasan produk yang menarik

Jika dibandingkan dengan kemasan tanpa keterangan atau tidak mencantumkan label apapun, tentunya konsumen akan lebih percaya diri dan memilih produk yang kemasannya dilengkapi dengan label dengan berbagai keterangan. Namun bagaimana caranya mendapatkan ide kemasan yang unik dan kreatif, namun tetap mengandung informasi penting terkait produk? Mari berdiskusi bersama.

Idealnya sebuah kemasan didesain dengan tujuan untuk mempromosikan produk, namun tetap harus menjaga fungsinya dan memberikan kemudahan bagi konsumen dalam menggunakan produk tersebut.

Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik #1 Unik Namun Praktis

Saat ini, semua orang mencari hal-hal praktis. Mereka menyukai produk yang mudah dibawa atau digunakan di mana saja. Konsumen juga senang dengan desain kemasan yang bisa disimpan dan ditutup dengan rapat kembali setelah dibuka. Misalnya desain kemasan produk berupa plastik ziplock untuk membungkus produk makanan dan minuman agar lebih awet dan praktis disimpan. Anda juga bisa mengambil inspirasi desain kemasan rice box beserta sendok yang memudahkan untuk dimakan di mana saja.

Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik #2 Bahan Berkualitas Anti Mainstream

Ide desain unik dan kreatif selanjutnya adalah yang memiliki bahan berkualitas. Desain kemasan produk anti mainstream? Bagaimana kalau hanya menggunakan bahan daur ulang? Out of the box sekaligus ramah lingkungan. Konsep desain kemasan yang ramah lingkungan ini akan membuat pelanggan tertarik. Juga berefek pada brand Anda menunjukkan kepedulian terhadap program keberlanjutan. Bahan utamanya seperti kantong plastik daur ulang, kertas daur ulang, dan bahan organik lainnya. Beberapa brand juga telah menggunakan kertas murbei, kertas yang terbuat dari gulma, hingga kertas yang terbuat dari rami untuk membuat kemasan yang lebih mudah terurai secara hayati.

Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik #3 Model Kemasan Unik

Bosan dengan model kantong teh yang itu-itu saja? Anda bisa berkreasi dengan desain kemasan produk yang lebih unik dengan menjadikannya seperti gantungan baju. Bayangkan kantong teh adalah pakaian yang digantung menggunakan hanger. Tentunya cara ini juga akan memberikan pengalaman berbeda bagi konsumen saat menikmati produk Anda.

Supaya visualnya makin stand out, kamu juga bisa mendesain tea bag seperti kemeja dengan tambahan lengan di bagian kiri dan kanan. Lalu, di bagian atas, alih-alih hanya menempelkan satu benang, gantilah dengan kertas yang bentuknya mirip gantungan baju. Hanger ini dapat digantungkan pada pinggiran gelas, sehingga Anda tidak perlu memegang kantong teh lagi saat proses penyeduhan. Unik dan efisien, bukan?

Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik #4 Kemasan yang Imajinatif

Desain kemasan yang imajinatif tidak akan pernah gagal menarik perhatian konsumen. Jika Anda adalah orang dengan imajinasi tinggi, tuangkan ide kreatif tersebut ke dalam kemasan produk Anda. Misalnya, ada kuas cat brand yang menyamakan kuas dengan janggut atau kumis pria.

Owner brand kemudian menambahkan ilustrasi wajah seseorang dengan berbagai karakter dan ekspresi untuk lebih mendukung visual kuas sebagai kumis. Permainan warnanya juga sangat bagus, jadi kuasnya terlihat persis seperti kumis orang yang berbeda.

Dengan menawarkan model desain seperti itu, Anda pun dapat meningkatkan brand awareness produk yang dijual, karena dapat memudahkan pelanggan mengingat signature produk yang Anda tawarkan. Jadi, mudah diingat, meskipun banyak pesaing untuk produk serupa, konsumen akan tetap memilih dan membeli produk Anda.

Nah itu tadi 4 cara membuat kemasan produk yang menarik yang bisa Anda coba, selamat mencoba!