pemandian air panas

Berlibur di Pemandian Air Panas Pariban

Lokasi dan Cara Menuju Pemandian Air Panas Pariban

Tanah air Indonesia memang menyimpan banyak sekali destinasi wisata alam yang sayang untuk kita lewatkan. Salah satunya adalah Pemandian Air Panas Pariban di Sumatera Utara. Lokasinya berada di ujung Desa Sidebuk-debuk, Semangat Gunung, Kota Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Karena berada di kaki Gunung Sibayak, sehingga akses jalan ke tempat ini cukup menanjak dan berkelok-kelok.

Namun, jalan menuju tempat wisata cukup aman dan mudah untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari Kota Berastagi, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan berkendara ke lokasi. Sementara, jika berangkat dari Kota Medan, kamu mesti menempuh jarak sekitar 70,7 kilometer atau selama 2,5 jam berkendara.

Meski tergolong jauh, tapi kamu dapat melihat keindahan alam dari pepohonan yang rindang dengan udara sejuk selama di perjalanan. Tapi selalu waspada dikarenakan kamu akan menemui jalan berbatu sekitar 500 meter menuju lokasi saat berada di persimpangan.

 

Aktivitas dan Daya Tarik di Air Panas Pariban

Pemandian Air Panas Pariban cukup menarik perhatian para wisatawan lokal maupun luar daerah dikarenakan keindahannya. Wisata Air Panas Pariban ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu yang ingin melepas penat dan lelah dari kehidupan sehari-hari.

Menawarkan latar belakang dari pemandangan Gunung Sibayak, sehingga wisatawan betah berendam air panas sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Kombinasi antara pesona alam yang eksotis dengan beraneka wahana permainan air membuat tempat wisata ini tergolong unik dan jarang kita temui di Indonesia.

Selain itu, pemandian air panasnya juga mempunyai area yang luas, asri, dan begitu sejuk dengan udaranya yang masih segar. Kalau kamu sedang singgah dengan keluarga, wisata ini menyediakan arena bermain yang ramah untuk anak. Kamu bisa mengajak si kecil bermain dan berinteraksi dengan kelinci, sambil belajar sedikit perihal hewan lucu ini.

 

Penginapan di Sekitar Lokasi Pemandian Air Panas Pariban

Jangan khawatir jika kamu dan keluarga ataupun sahabat mesti pulang terlalu sore atau malam. Karena, di sekitar wisata ini juga tersedia penginapan dengan harga relatif terjangkau. Mulai dari Rp 40.000 per malam, kamu sudah bisa tidur nyenyak dalam sebuah kamar yang bersih dan sarana yang memadai. Kamu juga bisa menginap di homestay, hotel berbintang, hingga villa yang berada dekat Pemandian Air Panas Pariban. Berikut adalah daftar penginapannya:

 

Fasilitas Umum di Pemandian Air Panas Pariban

Pemandian air panas yang ada di desa Sidebuk-debuk memang cukup banyak. Namun, wisata air panas dengan sarana yang lengkap hanya ada di Pemandian Air Panas Pariban. Mulai dari kafe, musala, kamar mandi dan area ganti, pondok lesehan, hingga waterboom. Sebagai Info tambahan, Pemandian Air Panas Pariban konon menjadi pelopor kolam air panas yang menyediakan wahana permainan dan waterboom, lho.

Berikut adalah beberapa sarana umum yang tersedia:

1. Kolam Pemandian

Selain view yang asri dan hijau, tempat wisata ini menyediakan lima kolam air panas dengan temperatur air yang berbeda-beda. Jadi, kamu dan keluarga atau rekan bisa memilih sensasi kehangatan sesuai dengan yang kamu inginkan pada tiap kolam renang. Dengan begitu, tubuh kamu yang sebelumnya terasa kaku dan pegal-pegal bisa lebih rileks setelah berendam didalam kolam yang hangat.

Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu Rp 15.000/orang, tidak termasuk biaya untuk wahana dan sarana lainnya. Jika kamu ingin berteduh di bawah saung, maka kamu mesti mengeluarkan biaya sekitar Rp 25.000 hingga Rp 60.000 tergantung ukuran saung.

 

2. Waterboom

Wisata air panas ini juga mempunyai wahana waterbom yang siap menghibur kamu dan keluarga. Menariknya, kolam pada waterbom ini mempunyai air yang dingin dan bebas dari air belerang. Jadi, kamu tidak mesti khawatir akan membuat mata perih setelah bermain air di kolam waterboom.

 

3. Restoran

Setelah lelah bermain air, saatnya mengisi daya dengan menikmati makanan dan minuman di tempat El-Resto Pariban. Suasana yang sejuk dan dingin akan membuat kamu semakin lahap menyantap makanannya, lho.

 

4. Pondok Mejuah-juah

Salah satu sarana yang paling menarik dari wisata air panas ini adalah Pondok Mejuah-juah yang berjejer dengan desain yang unik. Atapnya terbuat dari ijuk dan tersusun seperti rumah kecil, serta mempunyai hiasan lukisan bermotif khas Karo pada pondoknya. Tempatnya yang unik dan cantik membuat Pondok Mejuah-juah menjadi spot foto yang Instagramable dan menjadi buruan wisatawan yang singgah untuk berfoto.

 

5. Motor ATV

Kamu menyukai sesuatu yang menantang? Yuk, cobain serunya bermain ATV sambil memacu adrenalin dengan melewati jalan yang sulit, berlumpur, dan tidak rata di wisata air panas ini. ATV dengan kata lain All Terrain Vehicle ini akan mengajak kamu menjelajahi indahnya taman rekreasi dan pemandian air panas di bawah lereng Gunung Sibayak.