cara buat abon sapi pedas manis

Cara Buat Abon Sapi Pedas Manis Enak Mantap

Ingin tau cara buat lauk untuk makan yang enak dan bisa disimpan lama serta sehat? Artikel ini akan membahas tentang cara buat abon sapi pedas manis yang enak dan mudah dipraktekan dirumah. Ada juga beberapa rangkuman kandungan nutrisi daging sapi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Cara Buat Abon Sapi Pedas Manis

cara buat abon sapi pedas manis

Cara membuat abon sapi kering sederhana sendiri merupakan resep yang cukup sering dicari oleh pengguna internet terutama anak kos. Karena selain enak juga bisa tahan lama dan praktis pula. Dengan tambahan cita rasa pedas dan manis tentu akan menambah selera makan. Berikut ini cara buat abon sapi pedas manis yang enak dan mantap.

Bahan :

  • 1 kg daging sapi
  • 50 gram bawang goreng
  • 1 1/2 sendok makan garam
  • 4 sendok makan gula jawa
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 3 batang sereh
  • 3 lembar daun salam
  • 2 liter santan encer
  • 200 ml santan kental
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 3 sendok makan minyak goreng

Bahan Bumbu Halus :

  • 10 siung bawang merah
  • 3 ruas laos
  • 6 siung bawang putih
  • 3 sendok makan ketumbar yang telah disangrai
  • 5 buah cabe rawit
  • 3 ruas jahe

Cara Membuat Abon Sapi Pedas :

  1. Pertama, masukan santan encer ke bersama daun salam, sereh dan daging. Lalu masak hingga mendidih dan empuk.
  2. Setelah yakin sudah terasa empuk, tiriskan daging lalu geprek atau suwir-suwir sampai lembut.
  3. Kemudian panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis bahan bumbu halus sampai tercium aroma harum dan sedap.
  4. Selanjutnya masukan daging yang sudah disuwir lembut bersama gula, garam, air asam, kecap, daging dan cairan santal kental secara perlahan.
  5. Lalu aduk-aduk bahan sambil bolak balik daging sampai mengering.
  6. Kemudian beri bawang goreng dan aduk-aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata.
  7. Terakhir angkat dan letakkan abon yang sudah matang dalam wadah dan bolak balik hingga dingin sebelum disimpan.

Baca Juga : Cara Membuat Pasta Coklat dari Coklat Batangan

Kandungan Nutrisi Daging Sapi

kandungan nutrisi daging sapi

1. Protein

Di dalam daging sapi, kandungan yang terbesarnya adalah protein. Besarnya diperkirakan dalam 100 gram daging sapi mengandung hingga 26,1 gram protein. Kandungan protein pada daging sapi ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak, pembentukan jaringan baru, sumber energi, memperbaiki fungsi otak, serta memproduksi hemoglobin, dan membentuk antibody pada tubuh.

2. Zat Besi

Daging sapi juga memiliki kandungan zat besi yang merupakan pembentuk metabolisme energi dalam tubuh, membantu menunjang perkembangan otak, sebagai suplai oksigen ke otak, mengatur suhu tubuh, serta mendukung kinerja otot saat beraktifitas. hal ini membuat fokus dalam melakukan banyak kegiatan dalam keseharian.

3. Vitamin B Kompleks

Yang pertama vitamin B3, vitamin ini kerap disebut juga sebagai niasin yang berfungsi cukup beragam, salah satunya yakni membantu menjaga kesehatan jantung. Selanjutnya vitamin B6, vitamin ini sendiri berfungsi untuk membantu metabolisme energi serta pembentukan sel darah.

Kemudian yang terakhir ada vitamin B12 dalam daging sapi. Karena ternyata kandungan dalam daging, terutama daging sapi menjadi salah satu sumber terbaik dari vitamin ini yang berperan penting dalam membantu membentuk sel darah serta memaksimalkan kerja sistem saraf dan otak.

4. Vitamin D

Untuk pertumbuhan tulang yang optimal, tubuh akan membutuhkan asupan vitamin D yang salah satuya bisa diperoleh dari mengkonsumsi daging sapi. Dengan adanya kandungan vitamin D ini, daging sapi juga baik dikonsumsi untuk membantu pertumbuhan dan kekuatan gigi.

Selain itu, mengkonsumsi daging sapi juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan gigi dan juga menjadikan gigi lebih kuat sehingga akan menghindarkan dari masalah gigi seperti kerapuhan pada gigi, gigi keropos. Bagus bukan, menjaga kekuatan gigi dengan bahan alami juga minim efek samping.

5. Memiliki Kandungan Zinc

Berikutnya ada kandungan­­­­ zinc, yang membuat daging sapi juga memilik manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh serta menunjang metabolisme di dalam tubuh. Fungsi yang lain dari zinc adalah membantu mempercepat penyembuhan luka fisik, pertumbuhan sel, sintesis DNA, dan berperan dalam tumbuh kembang anak.

Terlebih pada anak laki-laki, karena jika kurang mengkonsumsi asupan yang mengandung zinc dapat menyebabkan gangguan perkembangan fungsi pada reproduksi dan juga pembentukan sperma di masa yang akan datang. Tentu lebih baik berusaha menjaga dan merawatnya sejak kecil daripada menyesal di kemudian hari.

6. Fosfor

Manfaat berikutnya dari daging sapi adalah untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Hal ini karena  adanya kandungan mineral yang sering dinamai fosfor. Peran penting kandungan mineral ini adalah untuk membantu dalam pembentukan DNA, mengoptimalkan fungsi saraf dan otot, menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh, menunjang pembentukan sel, serta memperlancar metabolisme.

7. Selenium

Selain fosfor, kandungan mineral lainnya yang terdapat di dalam daging sapi adalah selenium. Dengan adanya kandungan mineral inilah, manfaat daging sapi pun dapat pula meningkatkan sistem imunitas bagi tubuh dan membentuk zat antioksidan. Selain itu, fungsi lainnya dari selenium yaitu untuk meningkatkan aliran darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi reproduksi.

8. Omega 3

Tidak hanya telur dan salmon saja yang memiliki kandungan omega 3, daging sapi juga punya. Nah, nutrisi tersebut memiliki peran vital dalam membantu perkembangan otak, sehingga sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Tidak berhenti disitu, omega 3 juga dapat membantu kinerja sistem saraf pusat dan menunjang fungsi jantung dalam tubuh.

Nah, begitulah cara buat abon sapi pedas manis yang enak dan mudah tentunya dibuat dirumah. Dengan kandungan nutrisi pada daging sapi yang begitu banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga dapat memberikan pengetahuan yang baru serta manfaat bagi pembaca.