Cara Membuat Pasta Coklat dari Coklat Batangan

Cara Membuat Pasta Coklat dari Coklat Batangan

Bikin Pasta Coklat Sendiri? Yuk, Dijamin Anti Gagal!

Cokelat batangan atau coklat balok adalah manisan berbentuk batangan yang terdiri dari beberapa atau semua bahan sebagai berikut: kakao padat, kue kakao, gula, susu. Relatif ada/tidaknya bahan-bahan tersebut membentuk subkelas dark chocolate, milk chocolate, white chocolate, dan ruby ​​chocolate.

Jenis-Jenis Coklat

Coklat Batangan

Jenis-jenis coklat yang ada di dunia agar anda dapat mengetahui perbedaan dan asal usulnya serta bisa membedakan antara satu dan lain nya :

1. Couverture Chocolate

Cokelat ini biasanya diburu oleh para penggemar cokelat couvertu, atau cokelat yang biasa disebut dengan cokelat asli.

Rasa coklat ini sangat berbeda karena mengandung lebih banyak lemak coklat dan massa coklat, rasanya cenderung lebih pahit dari coklat biasa dan tentunya harganya lebih mahal.

Cokelat ini lumer di mulut dan memiliki rasa buah yang cukup pahit, selain rasanya yang enak, cokelat ini memiliki manfaat kesehatan yang luas. Tetapi kekurangannya adalah cukup sulit untuk disimpan dan ditangani.

2. Compound Chocolate

Komposisi Cokelat Compound Chocolate hampir sama dengan cokelat Couverture, yang cocoa butternya telah diganti dengan lemak nabati yang murah, biasanya yang digunakan adalah minyak kelapa atau kedelai.

Compound Chocolate ini memiliki rasa semi-manis atau manis, namun cokelat jenis ini tentu lebih mudah diolah. Cokelat ini lebih sering digunakan dalam pembuatan dekorasi cokelat karena harganya yang lebih murah.

Compound Chocolate memiliki 3 jenis yaitu sebagai berikut:

  • Dark Chocolate Compound

Cokelat yang satu ini merupakan coklat batangan yang warnanya kental dan tidak terasa mengandung susu. Cokelat ini terutama digunakan untuk membuat kue dan makanan ringan.

  • Milk Chocolate Compound

Coklat ini juga berwarna coklat dan berbentuk batangan coklat ini terbuat dari campuran gula, coklat, susu, coklat cair dan vanilla.

  • White Chocolate Compound

Cokelat ini berwarna putih dan mengandung cokelat dan cocoa butter.

3. Kakao

Cokelat kakao dibuat dari massa kakao yang lemaknya telah dipisahkan. Sehingga cokelat ini sangat mudah diolah dan harganya lebih murah, banyak toko kelontong yang menjual cokelat jenis ini karena harganya yang murah.

4. Cokelat cair

Cokelat cair merupakan produk minuman yang memiliki kandungan gula dan massa kakao yang cukup tinggi, dan kabar buruknya, kandungan gula dalam cokelat cair ini dapat menambah berat badan dengan cepat.

5. Coklat Bubuk

Coklat bubuk ini sering digunakan dalam pembuatan kue, aromanya yang kuat nantinya memiliki cita rasa tersendiri. Selain itu, coklat bubuk ini tidak mudah tengik atau berjamur, sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Namun rasanya pahit, jadi jangan digunakan dalam jumlah banyak, pembuatan kue coklat ini lebih cocok untuk mengeringkan adonan kue.

6. Dark Chocolate

Rasa dark chocolate tentu saja hambar, sesuai dengan namanya, cokelat ini biasanya digunakan untuk membuat kue, cake, dan makanan ringan lainnya.

Kandungan kakao dalam dark chocolate sangat bervariasi, sekitar 30 hingga 70 persen, dan semakin tinggi kandungan kakao, semakin enak rasanya.

7. Coklat susu

Banyak orang lebih menyukai cokelat yang satu ini karena rasanya yang sangat enak dan rasanya lebih enak dari cokelat biasa.

Cokelat jenis ini sudah diolah dan dicampur dengan gula, kakao, cokelat cair, susu dan vanilla, jadi jangan heran jika rasanya lebih manis. Dan kandungan kakaonya sekitar 20 persen.

8. Cokelat putih

Cokelat putih adalah cokelat dengan proporsi kakao yang tinggi. Cokelat ini terbuat dari lemak kakao dan vanila tidak mengandung cokelat padat.

Cokelat ini terutama digunakan untuk membuat dekorasi. Mengenai penyimpanan, Anda harus memperhatikan hal ini.

Apalagi jika Anda ingin membuat cokelat dalam jumlah yang cukup banyak untuk mempertahankan umur simpannya, simpan cokelat di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik.

Lindungi cokelat dari bahan yang ringan atau berbau menyengat. Anda juga harus memperhatikan suhu, suhu sekitar 10 hingga 12 derajat Celcius, kelembaban sekitar 55 hingga 65%.

Kandungan Coklat

  • 14% coklat adalah karbohidrat
  • 9% protein yang terdiri dari zat protein, asam amino triptofan, fenilalanin dan tirosin
  • 31% lemak
  • Alkanoid dan banyak zat lainnya.

Kandungan dalam coklat cukup tinggi dan memiliki berbagai macam kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu kandungan dalam coklat adalah flavonoid yang merupakan senyawa antioksidan.

Flavonoid juga banyak terdapat pada tumbuhan lain seperti teh dan lain-lain, walaupun tampak biasa saja, namun nyatanya flavonoid ini merupakan bahan yang memiliki manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh manusia.

Kandungan coklat tetap terjaga jika diproses dengan mesin coklat berkualitas tinggi, misalnya pada pasca panen buah kakao dipisahkan dengan menggunakan alat pemecah buah kakao untuk memisahkan buah kakao dari cangkangnya.

Cara Membuat Pasta Coklat dari Coklat Batangan

1. Pasta Coklat Batangan Sederhana

Bahan-bahan

  • 200 gr coklat batang (dcc)
  • 2 sdm mentega
  • 3 sdt tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 50 ml air

Cara Membuat Pasta Coklat Batangan Sederhana

  1. Lelehkan coklat dan mentega dengan cara dikukus dengan api sedang.
  2. Campur gula, garam dan tepung dalam gelas, tambahkan air sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal.
  3. Campurkan larutan tepung ke dalam coklat, aduk hingga terlihat uap air, jangan sampai mendidih.
  4. Tuang ke dalam wadah (adonan sebenarnya cair) dan diamkan hingga dingin mengental.

2. Pasta Coklat Batangan Ekonomis

Bahan-bahan

  • 150-170 gr coklat blok merk apa saja
  • 250 ml air putih
  • 2 sachet SKM coklat
  • 3 sdm maizena
  • 3-4 sdm gula pasir
  • 2 sdm mentega / butter
  • Sejumput garam

Cara Membuat Pasta Coklat Batangan Ekonomis

  1. Potong cokelat blok menjadi potongan-potongan kecil agar mudah larut.
  2. Larutkan tepung maizena dengan susu cair, panaskan dengan api kecil.
  3. Tambahkan blok cokelat ke dalam susu panas, aduk terus sampai meleleh.
  4. Setelah susu dan coklat mengental, tambahkan mentega dan garam. Masak sampai meleleh.
  5. Setelah dingin masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di kulkas bawah (bukan freezer), insyaallah awet sampai 4-5 hari. Selalu gunakan sendok bersih untuk menyendok selai coklat.

Baca juga : Mesin Coklat Lengkap dari Kakao ke Coklat 

Nah, itulah 2 cara membuat pasta coklat dari coklat batangan yang dapat kalian coba dirumah, ada pasta coklat batangan sederhana dan pasta coklat batangan ekonomis. Kalian tertarik yang mana nih?

Ada juga jenis-jenis coklat dan beberapa kandungan yang ada dicoklat. Jadi, sekarang Anda menjadi lebih banyak pengetahuan tentang coklat. Semoga bermanfaat 🙂