Cara Buat Minyak Kelapa untuk Rambut

Kelapa juga menghasilkan produk olahan sampingan. Produk olahan yang paling populer belakangan ini adalah Virgin Coconut Oil (VCO) yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. cara buat minyak kelapa untuk rambut merupakan salah satu manfaatnya.

Virgin coconut oil (VCO) merupakan salah satu produk olahan kelapa yang berbentuk cairan dengan warna bening dan bau kelapa yang khas serta umur simpan yang lama. Berbeda dengan kopra minyak kelapa, dibuat melalui proses yang tidak bersih sehingga sifat minyak yang dihasilkan akan berwarna kuning kecoklatan, tidak berbau dan mudah dilakukan dengan umur simpan yang singkat.

cara buat minyak kelapa untuk rambut

Dengan bahan baku yang mudah didapat dan juga pengolahan yang sederhana dan murah (tanpa batasan) membuat minyak kelapa murni lebih ekonomis dibandingkan minyak kelapa kopra olahan yang diproses dengan cara canceling. Dari segi ekonomi, minyak kelapa murni memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada minyak kelapa kopra murni, yang lebih menguntungkan untuk dikembangkan.

Cara Buat Minyak Kelapa untuk Rambut

Pembuatan VCO bisa dengan berbagai cara seperti pemanasan, ekstraksi, curah hujan. Ada juga yang membuatnya dengan mesin vco. Mesin VCO tersebut tersedia di rumahmesin. Berikut Cara Buat Minyak Kelapa untuk Rambut.

Pilihan Kelapa

Pemilihan daging kelapa merupakan proses awal pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) dan menentukan jumlah minyak yang akan dihasilkan, pilihlah kelapa yang sudah hampir tua, karena pertumbuhan daging yang cukup dan kental, pemilihan kelapa yang berkualitas juga dibutuhkan.

Pada saat kelapa tua, kandungan minyaknya berubah menjadi karbohidrat dan di pangkal kelapa biasanya terdapat gandos yang berupa gumpalan kecil berwarna kekuningan. Jika gandonya besar sebaiknya tidak perlu digunakan dikarena kandungan minyak yang terdapat pada daging buahnya sudah mulai berkurang.

Cara Buat Minyak Kelapa untuk Rambut

Setelah mendapatkan kelapa yang dirasa pas, barulah kita akan mulai membuat santan, santan yang diolah dengan cara diparut dan dicampur. Kemudian parutan hangat diisi dengan air matang secukupnya, lalu kita bisa memeras parutan kelapa dan mencairkan air hangatnya.

Proses Pemisahan Santan

Cara selanjutnya dalam proses pembuatan VCO. Santan bisa dimasukkan ke dalam kantong plastik. Gunakan kantong plastik agar lebih mudah mengeluarkan udara di bawah santan. Setelah itu tutup kantong plastik memakai karet gelang, hal ini dilakukan agar tidak ada udara yang masuk. Kemudian diamkan selama kurang lebih 1-2 jam, usahakan saat tidak digunakan untuk mengurangi perpindahan kantong plastik dan letakkan di tempat yang datar.

Proses selanjutnya adalah membuat VCO, setelah didiamkan hingga terbentuk 2 lapis dalam kantong plastik berisi santan. Bagian atas santan kental dan bagian bawah air. Karena kita tidak menggunakan air, biarkan air mengalir melalui lubang plastik di bawah santan dan segera tutup lubangnya ketika air di dalam santan sudah habis.

Proses Kedua Pemisahan Santan

Proses selanjutnya dan lanjutan dari pembuatan Virgin Coconut Oil adalah santan kental yang telah dipisahkan ke dalam wadah plastik bersih dan tertutup. Setelah itu, selama sehari semalam santan akan mengalami proses ekstraksi dimana akan muncul kumpulan gelembung gelembung dipermukaan serta membuat minyak mulai terpisah.

Setelah 24 jam akan terbentuk 3 lapis santan. Lapisan atas adalah minyak, bagian tengah adalah santan atau bubur blondo dan bagian bawah adalah udara. Selanjutnya minyak dalam santan adalah VCO (Virgin Coconut Oil) yang nantinya dapat digunakan dan dicicipi, VCO dapat berasal dari zat lain dengan cara memasukkan botol yang bersih.

Memisahkan minyak dari santan membutuhkan kesabaran dan kesabaran karena santan biasanya terbawa dalam minyak sehingga bisa cepat tercium. Anda dapat menambahkan minyak dengan menggunakan corong yang memungkinkan kain atau tisu untuk menyaring tanpa aroma, yang membantu mencegah santan atau ampas kelapa terbawa. Kemudian dengan lembut sendok dan tuangkan di atas saringan. Biarkan minyak menetes dengan sendirinya ke dalam botol.