cara memasak rendang sapi yang empuk

Menurut wikipedia Rendang adalah hidangan daging pedas yang menggunakan campuran berbagai bumbu dan rempah-rempah. Hidangan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang kali dengan santan hingga meresap ke dalam daging. Cara memasak rendang sapi yang empuk memerlukan keahliah khusus dalam mengolahnya.

Proses cara memasak rendang sapi yang empuk memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna coklat tua seperti gambar di bawah ini. Makanan ini sangat harum aromanya dan sangat nikmat disantap dengan nasi yang masih hangat.

Seperti yang kita ketahui, Daging Rendang bisa kita temukan dengan mudah di Rumah Makan Masakan Padang, namun bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya sendiri di rumah, karena pada umumnya Rendang yang dijual di Rumah Makan Padang rasanya sangat pedas, jadi anak-anak Anda tidak bisa memakannya.

Namun jika ingin mencoba cara memasak rendang sapi yang empuk dengan memasaknya sendiri, anda bisa mengatur tingkat kepadatan dan keasinan masakan rendang ini sesuai dengan selera keluarga anda. Bahkan tingkat keempukan dagingnya juga bisa anda sesuaikan sendiri. Sudah siap masak rendang hari ini?

Cara Memasak Rendang Sapi yang Empuk

Seperti yang kita ketahui bahwa ada berbagai jenis daging yang bisa dikonsumsi, mulai dari kerbau, sapi, kambing, bebek, ayam kampung, dan lain sebagainya. Namun biasanya tantangan yang sering dihadapi saat mengolah daging ini adalah, bagaimana caranya agar daging tersebut empuk dan tidak alot? dalam hal ini daging yang ingin kita buat lebih empuk adalah daging sapi.

Cara masak rendang daging sapi biar empuk saat diolah yaitu dengan membiarkan daging menjadi layu dan menyimpannya di dalam freezer, mungkin kita berpikir bahwa membekukannya akan menyulitkan kita saat mengolahnya, namun ternyata daging beku yang memiliki disimpan di freezer lebih mudah empuk.

jika diolah dibandingkan dengan daging segar yang baru saja dipotong. Selain itu, untuk mendapatkan daging yang empuk, saat memasak Anda bisa memotong daging menjadi kecil kecil dan memasaknya dalam waktu yang lama atau bisa juga dengan menggunakan rice cooker, namun tentu saja cara cara tersebut akan mempengaruhi rasa, tekstur, dan rasanya. kelembutannya.

Berikut ini saya sampaikan cara membuat daging menjadi lebih cepat empuk tanpa merusak cita rasa dari daging untuk resep cara memasak rendang sapi yang empuk,

Tips Mengolah Daging Rendang

  • Dipipihkan

Memipihkan daging sapi, kambing atau kerbau sebelum dimasak adalah trik paling sederhana. Tapi, berbeda dengan merebus yang membutuhkan waktu sangat lama. Namun trik ini hanya bisa diterapkan pada beberapa masakan saja, seperti rendang, daging bumbu kuning atau sejenisnya.

Bahannya adalah masakan yang menggunakan potongan daging yang tidak terlalu tebal. Ini sangat mudah. Sebelum dimasak, daging dipipihkan dengan palu daging bergerigi hingga agak rata. Setelah itu baru dimasak dengan bumbu sesuai selera.

  • Bungkus dengan daun pepaya

Supaya bisa mendapatkan beberapa banyak manfaat dalam sekali kerja, alangkah lebih lebih baik bila sebelum dibalut dengan daun pepaya, daging sapi diberi bumbu terlebih dahulu. Bumbu yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Hal ini dilakukan supaya bumbu dapat meresap sempurnake dalam daging. Sebab, setelah dibungkus daun pepaya, dagingnya harus lebih dari 45 menit. Sambil menunggu, Anda bisa menyiapkan bahan lainnya.

  • Balur dengan nanas halus

Berbeda dengan cara sebelumnya, dengan menggunakan nanas yang sudah dihaluskan (bisa diparut atau diblender), Anda bisa memasak jenis daging apa saja dan ketebalan berapa saja, dijamin empuk. Dan yang terpenting, memasaknya tidak memakan waktu lama.

Syaratnya kamu harus menggunakan nanas muda, bukan nanas matang atau selai nanas. Hal ini dikarenakan nanas yang masih mudah terdapat banyak kandungan enzim bromelain yang mampu mengurai serat daging sapi, kambing atau kerbau.

Dengan begitu, daging yang kita masak akan lebih cepat untuk empuk. Caranya, setelah dicuci bersih, lapisi seluruh permukaan daging dengan nanas muda yang sudah dihaluskan. Diamkan antara 20 menit hingga 30 menit. Setelah itu, dicuci bersih agar rasa nanasnya hilang, lalu dimasak. Sekedar saran, sambil menunggu tekstur daging olahan menjadi empuk, Anda bisa menyiapkan berbagai bumbu yang dibutuhkan untuk memasak.

Resep Cara Memasak Rendang Sapi yang Empuk

cara memasak rendang sapi yang empuk

Bahan yang Dibutuhkan

  • 500 gram daging sapi.
  • 1 batang serai (geprek lebih dahulu)
  • 3 lembar daun jeruk.
  • 2 lembar daun salam.
  • 1 ruas lengkuas (geprek lebih dahulu)
  • 2 cm kayu manis.
  • 1 sendok teh gula merah.
  • 1 sendok teh kaldu sapi dan garam.
  • ½ sendok teh jintan bubuk.
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • Jeruk nipis.
  • 500 mililiter santan dari ½ kelapa.

Untuk halus

  • 4 siung bawang putih.
  • 6 butir bawang merah.
  • 2 butir kemiri.
  • ½ sendok teh ketumbar.
  • 3 cabai merah besar (di buang bijinya)
  • 2 cm kunyit.
  • 3 cm jahe.

Langkah Langkah Cara Memasak Rendang Sapi yang Empuk

  1. Cuci bersih semua daging yang akan digunakan memasak. Selanjutnya potong potong dengan ukuran sesuai selera.
  2. Tambahkan perasan jeruk nipis pada daging, kemudian cuci kembali daging sampai bersih.
  3. Haluskan semua bumbu yang ada di atas tadi, kemudian tumis bersama dengan serai, daun salam, daun jeruk, kayu manis, serta lengkuas hingga matang.
  4. Masukkan semua daging yang sudah dicuci sebelumnya, aduk hingga rata. Tuangkan santan, kemudian masak menggunakan api kecil. sesekali jangan lupa untuk aduk rendang tersebut.
  5. Masukkan garam, merica, kaldu jintan, serta gula merah, kemudian diamkan hingga bumbu benar benar meresap ke dalam daging dan kuah santan menyusut.
  6. Cicipi, jika dirasa sudah pas, tunggu hingga kuah santan habis. Rendang sapi lezat dengan daging yang empuk siap untuk diasjikan.

Semakin susut santan atau kuahnya, maka semakin empuk juga daging rendang yang Anda masak.

Mungkin resep cara memasak rendang sapi yang empuk di atas merupakan resep rendang empuk yang paling sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Jangan lupa pula untuk masukkan bahan bahan yang bisa membuat masakan semakin nikmat sehingga dapat menjadi ciri khas masakan keluarga. Selamat mencoba!