Cara Membuat Brownies Tanpa Mixer dan Oven

Cara Membuat Brownies Tanpa Mixer dan Oven. Jika Anda ingin membuat dessert tapi tidak memiliki oven atau mixer, Anda bisa membuat brownies kukus coklat lengkap dengan vla coklat. Bahan utama brownies kukus dengan coklat adalah tepung protein serbaguna dan coklat bubuk. Sedangkan untuk vla coklat bahan utamanya adalah susu cair, gula pasir dan tepung maizena.

Bahan-bahan untuk memasak brownies kukus chocolatos tanpa mixer, tanpa oven, takaran sendok.

Bahan Cara Membuat Brownies Tanpa Mixer dan Oven

  • Ambil 6 sendok makan tepung.
  • Siapkan 6 sdm of gula pasir.
  • Ambil 6 sendok makan minyak goreng.
  • Tambahkan 6 sendok makan air panas.
  • Ambil 2 sachet chocolatos.
  • Ambil 2 butir telur.
  • Tambahkan 1/2 sendok teh baking powder.
  • Ambil 1/2 sendok teh baking powder.
  • Bagi Anda yang ingin mencoba resep brownies kukus tanpa oven, pastikan untuk mencoba resep di bawah ini.
  • Resep brownies kukus coklat ini bisa dibilang sederhana, namun membutuhkan ketelitian dalam pembuatannya.

Cara Membuat Brownies Tanpa Mixer dan Oven

  • Cara mengukur brownies tanpa mixer, tanpa oven, sendok
  • Larutkan chocolatos dalam air panas.
  • Aduk telur dan gula sampai semuanya berbusa. Tidak perlu diperluas.
  • Sambil diayak, tuang tepung terigu, soda kue. Lalu aduk hingga semua tercampur.
  • Tuangkan larutan Chocolatos dan minyak goreng lalu aduk hingga semuanya tercampur rata.
  • Olesi loyang dengan margarin atau minyak goreng. Tuang adonan. Kukus selama 25 menit.
  • Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut di saluran YouTube Just Titik.
  • Cara membuat brownies ini sangat sederhana dan mudah, karena pembuatannya menggunakan steamer atau kukusan dengan air mendidih.
  • Cara mudahnya buat kamu yang tidak punya blender dan oven tapi bisa membuat brownies yang enak dan lembut.
  • Kemudian gunakan mixer dengan kecepatan sedang untuk mencampur semua bahan menjadi satu sampai benar-benar halus.
  • Karena itu, Anda perlu menyiapkan margarin dalam jumlah yang tepat sesuai resep.

Manfaat Brownies Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan tekanan darah

Manfaat brownies yang pertama dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Kandungan glukosa di dalamnya bermanfaat untuk menaikkan tekanan darah, sehingga sangat cocok untuk anda yang saat ini sedang kekurangan darah.

2. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat brownies lainnya juga dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena kandungan berperan penting dalam meningkatkan dan menjalankan fungsi otak secara optimal. Oleh karena itu, mulailah mengkonsumsi makanan ini.

3. Menjaga kesehatan jantung

Saat jantung tidak sehat, berbagai penyakit bisa muncul. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan tersebut. Kandungan karbohidrat di dalamnya akan menjaga kesehatan jantung dengan baik.

4. Mendukung fungsi pencernaan

Fungsi pencernaan secara umum adalah menyediakan nutrisi sehingga bahan buangan dapat dikeluarkan dari tubuh. Untuk membantu fungsi pencernaan, Anda bisa melakukannya dengan banyak mengonsumsi brownies ini. Kandungan di dalamnya terbukti mampu mendukung fungsi pencernaan secara maksimal.

5. Menurunkan berat badan

Brownies juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan, Anda bisa mengonsumsi makanan tersebut secara rutin. Kandungan karbohidrat di dalamnya akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

6. Sebagai sumber energi bagi tubuh

Kurangnya sumber energi dalam tubuh Anda menyebabkan kelemahan dan kelesuan, membuat Anda tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik. Untuk ini, Anda dapat memiliki brownies ini untuk sarapan. Kandungan glukosa yang dikandungnya telah terbukti menjadi sumber energi bagi tubuh.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol dapat disebabkan oleh salah satu faktor mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi brownies ini. Kandungan lemak tak jenuh dalam makanan ini menurunkan kadar kolesterol, sehingga baik untuk penderita kolesterol.

8. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Banyak dari makanan ini dapat dikonsumsi untuk meningkatkan penyerapan nutrisi. Kandungan dalam brownies sangat efektif dalam meningkatkan nutrisi dan menyerapnya ke dalam tubuh, memungkinkan Anda untuk bebas beraktivitas dengan tubuh yang sehat.

9. Mencegah diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang berada di atas normal. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa mengkonsumsi brownies ini. Kandungan serat yang dikandungnya mencegah terjadinya diabetes, sehingga makanan ini sangat cocok untuk penderita diabetes.

10. Mencegah obesitas

Obesitas umumnya disebabkan oleh konsumsi banyak makanan berlemak. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa mengkonsumsi brownies ini dengan hati-hati. Kandungan serat dalam makanan ini telah terbukti mencegah Anda menjadi gemuk.

Perbedaan Brownies Kukus dan Brownies Panggang

Tekstur

Brownies kukus memiliki tekstur yang lembab dan empuk dibandingkan dengan brownies panggang. Hal ini disebabkan teknik self-steaming, dimana uap air digunakan sebagai media untuk mematangkan makanan. Proses pematangannya juga lebih cepat dibandingkan dengan teknik roasting.

Brownies panggang memiliki tekstur yang renyah di luar dan biasanya lembut di dalam. Ini karena adonan matang dalam oven, yang biasanya lambat. Suhu oven yang panas dan lama menyebabkan banyak cairan yang keluar dari adonan, sehingga kue brownies menjadi kering. Penting juga untuk memperhatikan waktu saat memanggang brownies agar brownies tidak dipanggang terlalu lama, karena dapat menyebabkan brownies menjadi keras.

Rasa dan Aroma

Dari segi rasa, brownies kukus umumnya memiliki rasa yang agak murni. Hal ini karena proses pematangan yang cepat lebih menekankan rasa dari bahan-bahan selama proses pengukusan. Bau kue yang dihasilkan cenderung kurang kuat, karena aroma biasanya menguap bersama uap air saat adonan mendingin.

Dengan brownies panggang, rasa yang dihasilkan cenderung lebih kompleks. Ini terjadi karena proses pematangan yang lambat dalam memanggang tidak hanya menonjolkan rasa dari masing-masing bahan, tetapi juga memungkinkan mereka untuk menyatu. Aroma brownies juga menjadi lebih kuat, karena aroma brownies otomatis tertahan saat dimasak dan tidak menguap begitu saja saat dingin.

Ketahanan

Brownies kukus biasanya tidak bertahan lama. Brownies hanya bertahan sekitar 2-3 hari sebelum menjadi basi atau berjamur. Hal ini dikarenakan kandungan air pada brownies cukup tinggi. Solusinya adalah menyimpannya di lemari es agar brownies lebih tahan lama. Namun pada brownies panggang, kadar air pada brownies lebih rendah. Brownies juga bisa lebih awet sehingga Anda bisa menyimpannya dalam waktu lama dan menikmatinya tanpa harus memasukkannya ke dalam lemari es.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat brownies tanpa mixer dan oven ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi.