Cara Membuat Corndog Untuk Dijual

Cara Membuat Corndog Untuk Dijual dan Tips Usahanya

Halo teman – teman! Pada artikel kali ini saya bakalan membagikan cara membuat corndog untuk dijual beserta dengan tips usahanya. Saya juga akan membahas sedikit hal seputar corndog, jadi simak artikelnya sampai habis ya!

Cara Membuat Corndog Untuk Dijual

Corndog

Corndog adalah penganan berbahan dasar sosis yang ditusuk dengan tusuk sate, kemudian di atasnya ditaburi tepung jagung dan tepung panir di bagian luar, lalu digoreng dengan teknik deep-frying. Camilan ini berasal dari Amerika Serikat.

Corndog pertama kali diciptakan oleh Stanley S. Jenkins pada tahun 1927. Awalnya makanan ini tidak terlalu populer, namun popularitasnya meningkat setelah munculnya perang hak paten corndog pada tahun 1941-1942 oleh Neil Fletcher dengan penjual corndog lainnya. Tetapi Stanley S. Jenkins berhasil memenangkan hak paten tersebut.

Kemudian, sekitar tahun 2017, corndog menjadi populer di Korea Selatan karena muncul di film-film drama Korea. Camilan ini populer bukan hanya karena dimakan oleh aktris Korea, tetapi karena camilan ini sederhana, enak, dan harganya murah.

Karena popularitasnya, makanan ini telah mengalami beberapa modifikasi agar sesuai dengan selera anak-anak masa kini. Salah satu yang paling populer adalah corndog mozzarella dengan keju yang meleleh saat dimakan. Variasi lain yang juga mendapat banyak perhatian adalah corndog kentang goreng, corndog keju Amerika, dan corndog cokelat mozzarella.

 

Cara Membuat Corndog Untuk Dijual

Cara membuat corn dog biasa tidak terlalu sulit dan bisa dibilang cukup mudah. Anda tidak perlu keahlian khusus untuk membuat camilan ini. Untuk cara membuatnya kalian bisa simak resep dibawah ini dan bahan – bahan apa saja yang dibutuhkan.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Ragi instan (1 sendok teh)
  • Air hangat (75 ml)
  • Telur ayam, kuningnya saja (2 butir)
  • Telur ayam utuh, kocok lepas (1 butir)
  • Tepung panir secukupnya
  • Tepung terigu (250 gram)
  • Gula pasir (30 gram)
  • Margarin (30 gram)
  • Sosis sapi atau ayam (secukupnnya)
  • Saus tomat atau sambal (secukupnya)
  • Tusuk sate (secukupnya)

Cara membuat :

  1. Siapkan mangkuk dan masukkan ragi instan, gula pasir dan air hangat, aduk hingga rata.
  2. Kemudian siapkan wadah lain dan masukkan tepung terigu dan kuning telur. Aduk dan uleni sambil menambahkan campuran ragi ke dalam adonan sedikit demi sedikit.
  3. Tambahkan margarin ke dalam adonan. Kemudian uleni kembali adonan hingga kalis, diamkan adonan yang sudah kalis diamkan beberapa saat dan tunggu hingga mengembang.
  4. Siapkan tusuk sate dan isi tusuk sate dengan sosis, lakukan ini sampai habis.
  5. Lapisi sosis dengan adonan tepung yang sudah mengembang. Lakukan hingga seluruh permukaan sosis dan keju mozzarella tertutup rata sepenuhnya oleh adonan.
  6. Celupkan sosis yang sudah diolesi adonan ke dalam kocokan telur dan lumuri dengan tepung panir.
  7. Goreng corndog dengan api kecil agar corndog matang merata. Lakukan hingga warnanya berubah kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  8. Taburi atasnya dengan saus tomat, saus sambal dan mayonaise. Voila!! Corndog Sosis siap dinikmati.

 

Tips Memulai Usaha Jualan Corndog

Jika Anda ingin memulai bisnis, ada hal-hal tertentu yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan. Hal ini nantinya dapat mendukung kesuksesan bisnis Anda dan meminimalkan kegagalan bisnis.

Yang pertama tentu saja proses membuat corndog sosis mozzarella sendiri. Pastikan Anda sudah hafal dan menguasai bahan-bahan, cara membuatnya, dan teknik yang digunakan dalam membuat corndog mozzarella.

Setelah Anda hapal dan menguasai proses pembuatannya, Anda perlu menyiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat corndog sosis mozzarella.

Bahan utama yang Anda perlukan adalah sosis, tepung maizena, tepung terigu, remah roti dan mozzarella. Saat memilih bahan, pastikan bahan tersebut bersih dan sesuai dengan standar untuk menghindari bisnis yang tidak diinginkan dengan pelanggan dan ketidakpuasan pelanggan.

Peralatan yang dibutuhkan adalah penggorengan (disarankan menggunakan deep-fryer), wadah seperti baskom, talenan, pisau, tusuk sate dan spatula (jika diperlukan). Pastikan juga peralatan yang digunakan bersih, aman dan higienis sesuai standar. Juga membersihkan peralatan secara teratur.

Jajanan ini sangat populer di masyarakat, terutama di kalangan anak-anak milenial. Karena itulah kita harus benar-benar berpikir matang-matang saat menetapkan harga. Umumnya jajanan ini dijual dengan harga sekitar Rp. 7.000/tusuk atau Rp. 20.000/buah (isi 3). Harga ini bervariasi tergantung wilayah dan perekonomian di daerah tersebut.

Untuk pemasaran, Anda bisa memasarkan secara online atau offline. Untuk pemasaran offline, punya booth jika ingin menginap atau shopping cart jika ingin berjualan. Saat memilih tempat juga harus strategis dan penuh orang. Misalnya, dekat stasiun, terminal, bandara atau tempat wisata.

Bagi yang menggunakan pemasaran online, Anda dapat menggunakan platform penjualan online atau memesan secara online. Cara ini sangat cocok di era digital saat ini, apalagi di masa pandemi seperti ini.

Kalian juga bisa membaca Cara Membuat Corndog Mozarella Coklat yang Kekinian untuk menambah variasi menu dalam usaha jualan corndog kalian.

 

Baiklah, kalau begitu cukup sampai disini saja dulu untuk artikel “Cara Membuat Corndog Untuk Dijual dan Tips Usahanya”. Jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya, selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di artikel – artikel selanjutnya, peace out! ✌