Cara Membuat Rujak Cireng Rumahan

Tentu saja, ketika kalian memikirkan makanan ringan cireng, banyak variasi cireng yang akan muncul, tetapi dalam artikel ini kami akan memberikan salah satu resepnya. Resep Cireng ini merupakan salah satu cara membuat Bumbu Salad Cireng yang rasanya enak dan pastinya enak.

Cireng adalah makanan ringan dari daerah Jawa Barat yang dibuat dengan cara digoreng dengan campuran adonan yang mengandung tepung kanji atau tapioka sebagai bahan utamanya. Makanan ringan yang satu ini sangat populer di daerah Priangan dan biasanya dijual dalam berbagai bentuk. Makanan ini mulai terkenal di tahun 80-an.

cara membuat rujak cireng sederhana

Cara Membuat Rujak Cireng Rumahan

Sejarah singkat Cireng

Cireng atau aci goreng merupakan jajanan dengan bentuk dan rasa khas yang dikenal dan digandrungi oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Rasa cireng ini bisa membuat siapa saja ketagihan dan ingin beli lagi ditambah sambal yang menyertai penganan khas daerah Jawa Barat ini.

Cireng sendiri dikenal dengan produksi adonan tepung tapioka sebagai bahan utamanya, yang juga dikenal dengan pati. Dalam perkembangannya sendiri, Cireng telah melihat banyak inovasi dari segi rasa dan bentuk.

Mulai dari sambal rujak cireng, cireng banyur, nasi cireng, hingga isian cireng dengan berbagai topping seperti ayam, sosis, bakso, keju dan lain-lain. Pada artikel ini Anda akan mempelajari asal mula jajanan sederhana yang terkenal dari Priangan.

Variasi Cireng

Meskipun cireng memiliki tekstur yang sedikit kenyal, tekstur cireng ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Makanan yang bahan utamanya tepung sagu ini juga bisa menjadi makanan anak muda kekinian yang digemari di semua kalangan masyarakat. Cireng ini menamakan tepung aci atau sagu sebagai bahan utama pembuatnya, yang kemudian diolah dengan cara digoreng dalam minyak. Kalau dulu cireng hanya disantap tanpa bahan tambahan, kini cireng berubah sesuai selera anak-anak milenial.

1. Bumbu Rujak cireng
Jika biasanya sambal ini disantap dengan lalapan buah sebagai pelengkap, kali ini akan dibuat sambal rujak cireng. Rasa Cireng yang gurih terbukti cocok dipadukan dengan rasa rujak yang manis dan pedas. Jika Anda ingin tahu cara membuat rujak cireng empuk dan lezat maka artikel ini bagus kalian baca

2. Cireng Isi

Nah, kalau bicara soal olahan cireng, yang tidak hanya enak, tapi juga memiliki bentuk yang sangat menarik. Seperti namanya, cireng isi ini dibuat dengan isian yang berbeda. Isinya bervariasi mulai dari kornet, keju, ayam giling hingga daging sapi. Cireng isi ini juga dicetak dalam berbagai bentuk seperti hati, segitiga, bujur sangkar hingga bintang.

3. Cireng mozarella

Tidak hanya pizza yang rasanya enak dengan mozzarella, cireng ini juga enak dimakan dengan mozzarella lho, cireng goreng yang satu ini ditaburi dengan keju mozzarella, yang kemudian dipanggang sampai kejunya meleleh. Ada juga saus dan mayonaise sebagai pelengkap.

Cara Membuat Rujak Cireng Rumahan

Bahan-bahan

  1. tepung tapioka – 100 gr
  2. daun bawang iris kecil2 – 1 lembar
  3. bawang putih – 1 siung
  4. lada – 1/2 sendok teh
  5. secukupnya garam/royco ayam
  6. air
bumbu rujak :
  1. cabe rawit – 1
  2. asam jawa – 1/2 sendok teh
  3. gula merah – 1 buah
  4. garam

Langkah

  1. Haluskan bawang putih, lada dan garam kemudian campur bumbu yang dihaluskan tadi dengan tepung dan air. Uleni sampai menjadi kalis masukkan irisan daun bawang uleni lagi setelah itu bentuk sesuai selera.

  2. Goreng adonan sampai berubah warna dan menjadi agak kering sedikit.

  3. Buat bumbu rujaknya: haluskan semua bahan. Kalau kurang pedas bisa ditambahi cabe rawitnya dan beri sedikit air.

  4. Sajikan cireng dengan bumbu rujaknya

     

Sekian artikel kami semoga  bisa bermanfaat untuk kita semua cek juga cara membuat corn dog dan jika ada salah mohon maaf