Keset Welcome Dari Sabut Kelapa

Keset Welcome Dari Sabut Kelapa dan Peluang Bisnisnya

Halo teman – teman semua! Pada artikel kali ini, saya akan membagikan proses pembuata keset welcome dari sabut kelapa beserta dengan keuntungan berbisnis.

Saya juga bakalan membahas beberapa hal seputar sabut kelapa. Pastikan kalian simak artikelnya sampai habis ya agar tidak ketinggalan info – info menarik seputar keset welcome dari sabut kelapa ini.

Keset Welcome Dari Sabut Kelapa

Keset Welcome Dari Sabut Kelapa

Indonesia merupakan negara kepulauan yang besar dan menjadi salah satu habitat pohon kelapa terbanyak di dunia. Sejak kita kecil, kita sudah dikenalkan dengan pohon kelapa yang memiliki banyak sekali manfaat.

Contohnya sabut kelapa yang banyak orang anggap sampah dan tidak mempunyai nilai ekonomis. Ternyata bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan keset atau yang biasa kita kenal dengan “Keset Welcome”

Pemanfaatan pohon kelapa tidak hanya itu saja, contohnya buahnya dijadikan minyak atau santan. Kemudian batang kayunya bisa digunakan untuk bangunan atau jembatan, daunnya untuk sapu, dan masih banyak lagi.

Limbah kulit kelapa memiliki manfaat lain selain dibuat kerajinan seperti keset. Tetapi juga bisa mendatangkan nilai ekonomi pada daerah yang bisa menghasilkan sesuatu dari limbah sabut kelapa.

Sabut kelapa diproses kemudian dijadikan barang jadi seperti sapu, tali tambang, keset, atau kerajinan lainnya. Lalu barang – barang tersebut dijual dan bisa mendapat untung yang lumayan besar karena kita tidak perlu membeli bahan baku.

 

Cara Membuat Keset Welcome Dari Sabut Kelapa

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Rimbagan yaitu tempat untuk menganyam
  • Palu
  • Pisau
  • Gunting
  • Gobet yaitu alat pemangkas keset
  • Sabut kelapa
  • Tali tambang dari sabut kelapa
  • Minyak kelapa

Cara pembuatan :

  1. Pastikan semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan dan tidak ada yang terlewat.
  2. Kalau sudah, sekarang kita bentuk sabut kelapa menjadi berbentuk bantal.
  3. Pasangkan tali pada rimbangan untuk menganyam dan oleskan minyak kelapa secukupnya agar tali tidak seret atau tersendat pada saat menganyam.
  4. Anyamlah tali untuk membentuk awalan dan pondasinya.
  5. Kemudian, kita anyam sabut kelapa seperti sedang menenun, yaitu dimasukkan dari atas, kemudian ditata sejajar sampai penuh dan tidak ada rongga.
  6. Kalau sudah jadi satu baris, rapatkan dengan cara dipukul menggunakan palu dari atas, ini bertujuan agar keset menjadi padat dan kuat. Lakukan terus pada untuk setiap baris yang jadi.
  7. Setelah selesai, permukaan dipangkas supaya permukaan menjadi rata.

 

Keuntungan Usaha Sabut Kelapa

Indonesia adalah negara yang memproduksi kelapa dan sabut kelapa yang kering hanya dibuang dan menjadi limbah begitu saja. Paling bagus hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak atau untuk produksi genteng, tetapi fungsinya tidak hanya itu.

Pengerajin di Indonesia sudah bertahun memanfaatkan sabut kelapa dan mengolahnya menjadi sapu, keset, dan kerajinan lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi teknologi, industri kerajinan dari sabut kelapa menjadi salah satu usaha yang memiliki nilai ekonomi dan nilai jual produk yang sangat tinggi.

Contohnya saja, sabut kelapa digunakan sebagai bahan isian untuk kursi mobil, kasur, sofa, dan berbagai kerajinan lainnya. Namun tentu saja semua itu tidak lepas dari keterlibatan mesin dan automatisasi industri.

Tapi tenang saja, bisnis sabut kelapa bisa menjadi salah satu opsi jika kalian ingin mendirikan industri skala rumahan. Kalian juga tidak wajib untuk membeli mesin dan cukup dengan skill kerajinan. Produk dari sabut kelapa seperti keset, sapu, dan lain – lain sudah bisa dibuat secara handmade.

 

Nah, itu tadi adalah cara pembuatan keset welcome dari sabut kelapa dan juga keuntungan memlulai bisnis sabut kelapa.

Baiklah cukup sampai disini, semoga saja artikel ini bisa membantu dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya untuk info lainnya, semoga bermanfaat and see you later!