Cara Membuat Keripik Kaca Dari Aci

Keripik kaca tentu menjadi suatu macam camilan yang begitu unik. Selain karena namanya yang bisa dibilang sangat berbeda dengan lainnya, keripik ini juga berbentuk begitu pipih serta tipis sekali semacam kaca.

Tentu kalian sudah pernah mencoba keripik kaca bukan? Rasanya bercampur antara renyah, gurih, pedas, dan juga bercampur semua rasa membuat keripik camilan ini cukup banyak peminati dngan semua keunikannya.

Keripik camilan sekarang  yang  beberapa waktu sempat ramai dibincangkan publik ini mempunyai penampilan yang begitu unik. Bening seperti kaca serta mempunyai tekstur yang  sangat tipis.

Sementara untuk tekstur lainya renyah serta juga terasa pedas ketika di mulut membuat kita akan merasa ketagihan. Sebab memang keripik ini dibumbui atau ditaburi dengan menggunakan bumbu cabai bubuk.

Nah, Anda juga dapat mendapatkan camilan keripik kaca dengan cara membelinya atau dengan cara membuat keripiknya sendiri di rumah anda.

Keripik kaca juga mempunyai cita rasa yang sangat khas dengan rasa gurih, asin serta berasa dicampur dengan campuran rasa pedas, begitu cocok dijadikan teman camilan saat bersantai setelah beraktivitas bersama kerabat.

Cara membuat keripik kaca dari aci

Cara memproduksi keripik kaca sebenarnya lumayan sederhana tidak terlalu begitu ribet prosesnya, selain dari itu bahan yang diperlukan pula tidak begitu banyak serta bahannya juga mudah didapat. Berikut ini langkah-langkah resep atau  cara pembuatan keripik kaca dari aci

Bahan Resep:

  • 5 sdm tepung tapioka
  • 250 ml air
  • Sejuput garam
  • 1 sachet bon cabe/cabe bubuk
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 sdt minyak goreng

Cara Pembuatan:

 

Langkah (awal) pertama: proses membuat adonan: Ambil 1 buah baskom, masukan dan campurkan tepung tapioka semua, sejumput garam serta beri sedikit air, setelah itu aduk hingga adonan tercampur  rata lalu campuran tadi dipanaskan dengan api yang kecil. Jangan lupa untuk terus diaduk aduk agar adonan tidak gosong, serta diaduk terus hingga adonan mngental.

Langkah proses kedua , proses pembentukan keripik: Sediakan plastik yang telah dibri olesan dengan menggunakan minyak pada bagian di permukaannya, jembarkan plastik setelah itu tuang adonan yang telah dipanaskan tadi dan selanjutnya pipihkan hingga adoanan setipis mungkin (dapat menggunakan botol bekas atau juga dapat menggunakan rolling), setelah dipipihkan adonan di jemur sampai berubah kering hingga adonan berubah menjadi keripik mentah

Lagkah pembuatan ketiga, Proses tahap penggorengan : Setelah adonan berubah kering menjadi keripik kaca tadi kemudian lakukan tahap potong potong lembaran keripik kotak atau juga dapat sesuai selera.

Setelah sudah  goreng keripik dengan menggunakan sedikit minyak sekitar 2 sendok minyak dan tetap menggunakan api ukuran kecil agar keripik tidak berubah  gosong.( proses penggorengan dapat menggunakan mesin vacuum frying)

Langkah terakhir keempat, tumis dengan bumbu halus: Tumis daun jeruk bersama dengan bubuk cabe, kemudian masukan semua keripik kaca aduk terus hingga tercampur merata sekitar 10-15 menit. Setelah itu jangan lewatkan koreksi rasa sesuai selera anda hingga nikmat.

Jika kurang dapat juga ditambahkan penyedap rasa. Kemudian setelah matang, angkat.

baca juga: modal usaha keripik kaca kekinian

Tips membuat keripik kaca agar hasil maksimal

  1. Lama penjemuran tergantung cuaca serta suhu dan tergantung juga ketebalan keripik
  2. Jangan terlalu banyak minyak nanti keripik terlalu menyerap minyak dan jangan terlalu lama menggoreng nanti bisa jadi kerupuk bukan keripik dan dapat menyebabkan keripik alot atau keras.
  3. Untuk sambal dapat dibuat sendiri, dengan cara menghaluskan cabai dengan bawang putih serta bumbu lainnya sesuai selera, lalu ditumis bersama daun jeruk agar wanginya harum.

Cara Membuat Keripik Kaca Simple

Bahan:

  • 300 gram makan tepung tapioka
  • sedikit garam atau sesuai selera
  • Secukupnya air
  • minyak goreng secukupnya
  • abon cabai sesuai selera

Cara Membuat Keripik Kaca Pedas:

  1. Masukkan serta campur aduk semua bahan tepung tapioka, secukupnya garam, dan sejuput air dalam panci. Aduk trus semua bahan hingga tercampur menjadi satu, kemudian masak adonan dengan menggunakan api yang sedang, aduk terus menerus hingga berubah teksturnya menjadi adonan kental seperti tekstur lem dan juga adonan lengket.
  2. Matikan kompor. Siapkan lembaran plastik yang besar yang telah diolesi dengan menggunakan secukupnya minyak goreng terlebih dahulu agar adonan tidak mampu menempel dengan lembaran plastik.
  3. Letakkan adonan aci pada bagian atas plastik, kemudian tutup adonan dengan plastik di bagian atasnya dan telah di olesi dengan minyak.
  4. Pipihkan adonan dengan rolling pin atau anda juga dapat menggunakan botol bekas, usahakan adonan terpipih sampai tipis sekali.
  5. Jemur selama 2 jam hingga adonan mengering mnjadi keripik mentah. Usahakan untuk tidak terlalu kering sekali, agar gampang ketika dipotong-potong.
  6. Jika sudah cukup kering, lepaskan dari plastik dan potong-potong keripik menggunakan gunting. Potong sesuai selera atau dapat dibuat seperti serpihan kaca.
  7. Panaskan sedikit minyak untuk proses menggoreng keripik dan mencampurkan dengan bumbunya yang telah anda siapkan
  8. Masukkan lembaran aci yang sudah dipotong sesuai selera. Jangan terlalu lama untuk proses gorengnya agar tidak menyebabkan keripik mengeras
  9. Angkat keripik kaca kemudian tiriskam, lalu taburi keripik kaca dengan abon cabai secukupnya.