cara membuat pakan kambing fermentasi

Ilmu pakan kambing sangat luas. Karena ilmu pengetahuan dan sentuhan teknologi tentang inovasi pakan kambing berkembang pesat. Dengan demikian, ada banyak pilihan pakan alternatif yang bisa kita ambil. Seharusnya kita tidak perlu bingung dalam mengambil sikap untuk menentukan jenis pakan yang akan kita beri pada kambing kita. Cara membuat pakan kambing fermentasi ternyata cukup mudah untuk kita praktikkan.

Tinggal menyesuaikan semua informasi yang kita dapatkan dengan kondisi nyata di sekitar kita. Tidak perlu memaksa. Jika hijauan melimpah, tidak perlu mengganti menu dengan pakan fermentasi. Hal ini dikarenakan pakan fermentasi belum tentu lebih baik juga daripada pakan hijauan. Dan sebaliknya. Jika ketersediaan hijauan terbatas, jangan terlalu fanatik dan anti fermentasi. Karena hasil pakan fermentasi juga bisa sebagus pakan hijauan.

Menurut saya, hasil yang baik itu relatif. Jika kita melihatnya dari perspektif yang lebih luas, pilihan yang kita buat mungkin yang terbaik untuk kondisi kita. Nanti akan saya tunjukkan bahwa ada banyak pilihan pakan kambing yang bisa kita pilih. Dan, Anda bisa menyesuaikannya dengan potensi terbaik masing-masing daerah.

Risiko pakan fermentasi

Perlu saya sampaikan bahwa memfermentasi pakan kambing bukan tanpa risiko. Cara membuat pakan kambing fermentasi juga memiliki beberapa resiko. Karena ini adalah cara merawat pakan dengan bantuan ahli mikrobiologi. Bakteri yang digunakan adalah jenis bakteri tertentu dan bekerja dengan sistem anaerobik. Bakteri ini akan membuat pakan memiliki pH asam, sehingga bakteri aerob tidak dapat berkembang biak di atmosfer tersebut.

Sifat asam ini disebabkan oleh hasil reaksi dari proses fermentasi yang dilakukan. Beberapa bakteri menghasilkan asam laktat sementara beberapa ragi menghasilkan alkohol. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum pemberian pakan fermentasi ini diangin-anginkan terlebih dahulu agar alkohol sempat menguap.

Tempat pertemuan itu wajib. Wadah harus dapat memastikan tidak ada udara yang masuk selama proses fermentasi. Plastik sangat rentan terhadap kebocoran. Karena bahannya yang dicincang, batangnya terkadang dipotong dengan bentuk meruncing. Ini dapat menusuk plastik dan menyebabkan kebocoran.

Masalah biasanya baru muncul saat pakan sudah mulai diberikan.cBanyak yang menggunakan drum atau tong plastik. Saat laras ini dibuka, akan ada udara yang masuk karena isi laras berkurang. Jumlah udara ini akan membuat bakteri aerob aktif. Reaksi aerobik akan menghasilkan sejumlah air sehingga akan meningkatkan kelembaban. Kelembaban yang tinggi akan menyebabkan jamur berbahaya.

Praktik paling aman dalam membuat pakan fermentasi adalah “Sekali untuk makan”. Jika tidak memungkinkan, maka sebelum pakan diberikan diamati terlebih dahulu apakah ada jamur. Buang bagian pakan yang berjamur ini.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

Di bawah ini adalah beberapa bahan pakan alternatif yang bisa kita gunakan untuk membuat ransum pakan kambing. Beberapa bahan bisa dibuat tanpa perlu proses fermentasi. Namun ada bahan yang semi wajib difermentasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Misalnya, sekam kopi, buah kakao, jerami padi dan sekam jagung.

Pakan Fermentasi Jerami Padi

Bahan yang dipakai adalah jerami padi, dan starter fermentasi serta urea. Starter yang digunakan adalah Probion, Starbio atau merk lain yang berbahan dasar rumen sapi. Untuk membuat fermentasi pakan kambing untuk jerami padi dengan probion ini dosisnya sebagai berikut.

1 ton jerami padi membutuhkan 2,5 kg probion dan 2,5 kg urea. Jika jerami 5 ton, maka probion membutuhkan 12,5 kg dan urea juga 12,5 kg.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

  1. Lakukan proses fermentasi jerami padi ini pada tempat yang teduh. Hindari sinar matahari langsung dan hujan. Ini karena sinar matahari dapat membunuh bakteri.
  2. Agar pencampuran probion, urea dan jerami padi dapat merata, maka campuran dibuat menjadi beberapa lapisan.
  3. Lapisan pertama sebarkan jerami hingga ketinggian sekitar 20 cm. Mengenai panjang dan lebarnya, sesuaikan dengan lahan yang dimiliki. Selanjutnya lapisan tersebut ditaburi dengan memakai probion serta urea secara merata. Jumlahnya diperkirakan. Kira-kira, berapa banyak lapisan yang ingin Anda buat? Jika 1 ton jerami dibuat menjadi 10 lapisan, maka setiap lapisan ditaburi dengan 250 gram probion dan 250 gram urea.
  4. Ulangi langkah ketiga di atas, hingga bahan jerami padi habis.
  5. Setelah semua jerami menumpuk, biarkan selama 3 minggu atau 21 hari.
  6. Setelah 3 minggu, jemurlah jerami padi hingga kering. Kadar airnya sekitar 10-15%. Setelah kering, simpan dan gunakan.

Pakan Fermentasi Hijauan

Sebagai sumber protein, Anda bisa menggunakan daun kacang-kacangan, seperti gamal atau lamtoro. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

20 kg rumput odot, 5 kg daun gamal, 5 kg daun lamtoro, 200 ml EM4, 1 liter tetes tebu 5 liter air bersih.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

  1. Larutkan 200 ml EM4, 1 liter molase ke dalam 5 liter air bersih. Aduk dan simpan selama sehari untuk mengaktifkan bakteri di em4.
  2. Potong sayuran menjadi ukuran yang lebih kecil, sekitar 3-5 cm. Aduk hingga merata. Agar lebih merata kita bisa menggunkan mesin pencacah rumput.
  3. Selanjutnya jemur di bawah sinar matahari hingga rumput menjadi setengah kering.
  4. Setelah itu taburi dengan larutan em4 yang kita lakukan pada langkah no. 1. Larutan ini tidak harus habis, asalkan tingkat kebasahannya cukup, pemberian em4 dapat dihentikan.
  5. Masukkan ke dalam wadah, padatkan dan tutup rapat.
  6. Fermentasi dilakukan selama 2 minggu. Sebelum diberikan ternak kambing, di angin – anginkan terlebih dahulu selama 30 menit.