Jangan Dibuang, Inilah 8 Cara Daur Ulang Minyak Goreng Bekas

Pernahkah kalian melakukan daur ulang minyak goreng bekas? Minyak goreng bekas alias minyak jelantah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, apalagi berkali-kali, karena bisa berbahaya bagi kesehatan. Meski begitu, bukan berarti minyak goreng bekas tidak memiliki manfaat sama sekali.

Jika minyak goreng bekas dibuang sembarangan, minyak akan mengeras di saluran pembuangan. Ini dapat menyebabkan penyumbatan. Anda mungkin tidak menyadari bahwa sebenarnya minyak goreng bekas dapat di daur ulang kembali dengan cara yang mudah dan sederhana.

Daripada dibuang sembarangan dan membahayakan lingkungan, kamu bisa mengolah minyak goreng bekas menjadi berbagai produk. Misalnya, minyak goreng bekas dapat diubah menjadi biodiesel hingga seperti sabun mandi untuk keperluan sehari-hari. Minyak bekas ini bisa didaur ulang sendiri untuk keperluan rumah tangga.

Simak 8 Ide Kreatif Daur Ulang Minyak Goreng Bekas Bermanfaat !

Daur Ulang Minyak Goreng Bekas

1. Menjadi Sabun

Minyak goreng bekas dapat diolah menjadi sabun alkali. Anda dapat menemukan tutorial tentang cara membuatnya di internet. Cukup mudah untuk dipraktikkan, kok.

2. Gunakan sebagai Bahan Bakar Lampu Minyak

Gunakan minyak goreng bekas untuk bahan bakar lampu minyak untuk keadaan darurat. Pada dasarnya, segala bentuk minyak goreng bekas dapat digunakan sebagai bahan bakar lampu minyak, terutama lampu yang berbahan bakar minyak nabati.

3. Diolah Menjadi Biodiesel

Pengolahan minyak jelantah menjadi biodiesel tentu sulit dilakukan di rumah. Namun, minyak goreng bekas memang menjadi bahan pokok dalam pembuatan biofuel, khususnya biodiesel.

Biodiesel sendiri merupakan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak bumi.

4. Diolah menjadi Pakan Ternak

Minyak goreng bekas juga bisa diolah menjadi pakan ternak. Ini juga sulit dilakukan di rumah, karena prosesnya lebih rumit daripada hanya membuat sabun.

Proses ini dilakukan oleh produsen pakan ternak dengan mendaur ulang minyak goreng bekas dan lemak hewani untuk dijadikan bahan pakan.

5. Membersihkan Noda Cat Minyak

Noda cat minyak atau cat semprot yang sulit dihilangkan dari kulit bisa dihilangkan dengan minyak goreng bekas. Tidak perlu repot mencari minyak tanah.

6. Pelindung Panci

Manfaat lainnya, minyak goreng bekas dapat melindungi panci dan wajan agar lebih awet. Caranya, oleskan sedikit minyak goreng bekas pada permukaan panci dan wajan.

Usahakan untuk mencuci panci dan wajan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengoleskan sedikit minyak goreng bekas ke permukaan.

7. Membuat Peralatan Makan Kayu Berkilau

Untuk keperluan foto, peralatan makan dari kayu harus terlihat mengkilat agar indah saat diabadikan dengan kamera. Biasanya piring, sendok, atau garpu yang terbuat dari kayu seperti ini disarankan untuk dipoles dengan lilin lebah.

Tapi Anda juga bisa menggunakan minyak goreng bekas sebagai pemoles darurat. Meski begitu, segera cuci kembali alat makan setelah pemotretan agar tidak tumbuh jamur.

8. Kompos untuk Tanaman

Minyak goreng bekas dapat diolah dan dimanfaatkan oleh tanaman sebagai kompos. Dengan menambahkan minyak goreng bekas ke tanaman Anda, Anda juga memberi makan cacing yang membantu proses pengomposan.

Pastikan Anda hanya menggunakan minyak nabati, karena menggunakan minyak hewani akan menarik hewan pengganggu dan memicu terbentuknya mikroorganisme patogen atau parasit.

Nah demikianlah cara daur ulang minyak goreng bekas yang dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi beberapa produk yang berguna. Caranya cukup mudah dan kreatif bukan? Yuk lakukan daur ulang minyak goreng bekas!