kegunaan minyak cengkeh

Kegunaan Minyak Cengkeh Untuk Tubuh Anda, Simak Yuk!

Hai semuanya, kali ini saya akan membahas tentang beberapa Kegunaan Minyak Cengkeh Untuk Tubuh Anda. Ayo simak!

Kegunaan Minyak Cengkeh

kegunaan minyak cengkeh

Cengkih adalah bumbu serbaguna dengan rasa dan aroma manis yang khas.

Cengkih biasanya digunakan sebagai bumbu untuk memanggang, untuk menambah rasa pada minuman hangat, untuk meningkatkan aroma kue. Namun sepertinya, kandungan nutrisi dalam cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat cengkeh yang bisa didapatkan? Satu sendok teh cengkeh (2 gram) mengandung 21 kalori energi, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Satu sendok teh cengkeh juga dapat memenuhi 30% kebutuhan pangan, 4% vitamin K, dan 3% vitamin C untuk kebutuhan harian tubuh.

Cengkih juga mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E, meski dalam jumlah kecil. Berbagai vitamin dan mineral penting ini meningkatkan manfaat kesehatan dari cengkeh.

Kegunaan Minyak Cengkeh Untuk Tubuh Anda

kegunaan minyak cengkeh

1. melindungi dari kanker

Cengkih diperkaya dengan antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Cengkih juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas.

Kekuatan antioksidan dalam cengkeh bahkan telah dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya. Akumulasi radikal bebas di dalam tubuh dapat merusak kode DNA dan menyebabkan stres oksidatif yang berujung pada berbagai penyakit kronis.

Mulai dari arthritis, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, gastritis, penyakit alzheimer, parkinson, kanker, hingga penuaan.

2. Membunuh bakteri penyebab penyakit

Cengkih memiliki sifat antibakteri yang dapat menghentikan infeksi. Studi menunjukkan bahwa minyak atsiri cengkeh efektif membunuh bakteri E. coli yang bisa menyebabkan kram perut, diare, dan juga kelelahan.

Cengkih juga membantu menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi (gingivitis). Jika Anda tidak ingin mengunyah cengkeh, gunakan makanan penutup yang mengandung ekstrak cengkeh untuk mendapatkan manfaat ini.

3. Meningkatkan kesehatan hati

Tidak hanya melindungi tubuh dari kanker, eugenol dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Penelitian pada hewan yang dilakukan pada tikus melaporkan bahwa minyak cengkeh dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi pembengkakan.

Studi lain menunjukkan bahwa eugenol membantu meringankan gejala sirosis hati. Minum suplemen eugenol selama seminggu menurunkan kadar GST, enzim yang sering menjadi tanda penyakit hati.

Namun, perlu diingat bahwa eugenol dapat menjadi racun bagi hati jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Satu studi kasus menunjukkan bahwa 5-10 ml minyak cengkeh pada anak dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius.

4. Menjaga kesehatan tulang

Pengeroposan tulang dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Namun, sebuah penelitian melaporkan bahwa senyawa aktif dalam cengkeh terbukti menjaga dan meningkatkan kepadatan massa tulang.

Kandungan yang dapat dimakan dalam cengkeh juga membantu proses pembentukan tulang, dan sangat penting untuk kesehatan tulang.

Baca Juga : Produk Mesin Cengkeh

5. Mengobati sakit perut

Mulas paling sering disebabkan oleh penurunan lendir lambung yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti stres dan infeksi. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak atsiri cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung yang merupakan penghalang efek asam lambung, serta mencegah erosi dinding lambung akibat cairan lambung.

6. Mengontrol kadar gula darah blood

Studi menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengontrol gula darah. Studi lain meneliti efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan dalam cengkeh, pada sel otot manusia serta pada tikus dengan diabetes.

Cengkih dan nigericin telah ditemukan untuk meningkatkan penyerapan gula dari darah ke dalam sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel penghasil insulin. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memindahkan gula dari darah ke sel. Dikombinasikan dengan diet seimbang, cengkeh dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Itulah beberapa Kegunaan Minyak Cengkeh Untuk Tubuh Anda. Cukup sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian dan terima kasih.