Apa Saja Khasiat Minyak Kelapa Murni Bagi Kesehatan Kita

khasiat minyak kelapa murni

Khasiat minyak kelapa murni – Minyak kelapa murni atau juga dikenal sebagai Virgin Coconut Oil ((VCO) ). Dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Minyak kelapa extra virgin ini kaya akan asam lemak jenuh.

Anda mungkin masih asing dengan yang namanya VCO. VCO adalah singkatan dari virgin coconut oil, namun nama yang lebih familiar adalah minyak kelapa murni. Ternyata minyak kelapa memiliki banyak khasiat dan bermanfaat bagi kesehatan. Mari kita simak berbagai manfaat VCO bagi kesehatan.

Banyak orang percaya bahwa VCO atau minyak kelapa murni memiliki banyak manfaat. Minyak kelapa extra-virgin juga dipercaya dapat memperbaiki pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menurunkan berat badan. Selain itu, minyak VCO juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker atau diabetes.

Singkatnya, banyak orang percaya bahwa manfaat buah dari tanaman yang banyak ditanam di tanah Indonesia sangat beragam. Beberapa literatur menyebutkan bahwa minyak kelapa mengandung sekitar 90 persen asam lemak jenuh dan sekitar 10 persen asam lemak tak jenuh.

Artikel yang mungkin anda tertarik Begini Inovasi Cara Pembuatan Kopra Putih yang Terkini

Pembuatan Virgin Coconut Oil atau Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni adalah minyak yang diperoleh dari ampas kelapa tua segar. Proses pembuatan minyak kelapa menggunakan cara alami daripada memanaskannya dengan suhu yang sangat tinggi, apalagi mencampur bahan kimia.

Secara tradisional, kelapa tua digunakan dalam produksi VCO, dan santan diperoleh dengan menekannya. Santan ini kemudian difermentasi dengan mencampurkan enzim tertentu atau menggunakan mesin sentrifugal khusus untuk memisahkan ampas kelapa, air, dan minyak bening yang dikenal dengan minyak VCO.

Tidak seperti metode yang lebih modern, minyak VCO diproduksi dengan mengeringkan kelapa tua segar di mesin khusus. Kemudian kelapa kering dimasukkan ke dalam alat press untuk menghilangkan minyak dari kelapa, warna minyak yang dihasilkan jernih.

Baca Juga : Berbagai Khasiat Buah Pinang Untuk Wanita Akan Anda Dapatkan

Khasiat Minyak Kelapa Murni

Extrak Virgin Coconut Oil (VCO) baru-baru ini dinobatkan sebagai makanan super karena berbagai manfaat kesehatannya. Apalagi ketika kesadaran kesehatan masyarakat meningkat selama pandemi ini, permintaan VCO pun melonjak. Yuk simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

1. Mencegah penyakit jantung.

Manfaat minyak kelapa yang pertama adalah kandungan asam lemaknya yang bermanfaat. Minyak kelapa kaya akan beberapa lemak jenuh. Lemak ini bertindak secara berbeda pada tubuh daripada kebanyakan lemak makanan lainnya.

Asam lemak dalam minyak kelapa dapat merangsang pembakaran lemak tubuh dan memberikan energi pada tubuh dan otak. Di sisi lain, itu juga meningkatkan kadar kolesterol darah HDL (baik), yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan asam laurat atau monolaurin dalam minyak kelapa murni bermanfaat untuk melawan bakteri, jamur dan virus. Minyak ini bisa Anda konsumsi 3 kali sehari saat Anda sakit untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Menurut laporan harian kompas.com, VCO juga terdaftar sebagai 14 bahan herbal yang dianggap sebagai imunomodulator atau penambah kekebalan tubuh pada pasien Covid-19, bila dikonsumsi bersama ekstrak daun jambu biji, jamu, dan minyak atsiri daun kayu putih.

3. Memiliki kandungan kandungan antioksidan yang baik.

Polifenol dalam VCO berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah aterosklerosis pada pembuluh darah.

Aterosklerosis adalah pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak lemak pada dinding pembuluh darah. Penumpukan ini meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Maksimal penggunaan diet untuk menurunkan berat badan

Mereka yang sedang diet harus mencoba minyak kelapa extra virgin ini. VCO menekan nafsu makan karena bisa mengenyangkan dalam waktu lama. Manfaat minyak kelapa yang keempat adalah mengurangi rasa lapar.

Salah satu manfaat menarik dari kandungan MCT adalah dapat mengurangi rasa lapar. Ini mungkin karena cara tubuh memetabolisme lemak, karena keton dapat mengurangi nafsu makan seseorang. Selain itu, VCO dapat membakar lebih banyak kalori untuk meningkatkan produksi energi.

5. Menjaga kesehatan kulit, rambut dan gigi.

Keuntungan lain dari VCO adalah hidrasi kulit. VCO juga bersifat antibakteri dan dapat digunakan untuk kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Efek antibakteri ini juga dapat mencegah penyebaran staphylococcus aureus pada penyakit ini.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kelembapan kulit kering dan mengurangi gejala eksim. Minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari kerusakan.

Menggunakan obat kumur dengan minyak kelapa juga dapat membunuh beberapa bakteri berbahaya di mulut Anda. Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut, namun diyakini dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mengurangi bau mulut.

Semua manfaat minyak VCO sangat banyak, dan efek sampingnya. Meski begitu, minyak VCO hanya digunakan sebagai obat herbal dan tidak dianjurkan untuk pengobatan jangka panjang. Anda perlu berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter jika ingin mengonsumsinya dalam jangka panjang.

Jika Anda mengalami alergi atau masalah kesehatan lainnya, segera hubungi profesional kesehatan atau dokter terdekat.

Selanjutnya artikel menarik lainnya Mengolah Air Menggunakan Chlorin Dalam Upaya Memperoleh Air Bersih