Berbagai Khasiat Buah Pinang Untuk Wanita Akan Anda Dapatkan

khasiat buah pinang untuk wanita

Khasiat buah pinang untuk wanita – Tanaman pinang, kita sebut pohon panjat pinang, tidak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga terkenal di luar negeri.

Salah satu buah khas yang terdapat pada buah pinang (Nusa Tenggara) dan Maluku adalah buah pinang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Termasuk kesehatan wanita.

Batang pohon yang dapat tumbuh setinggi 30 meter (100 kaki) digunakan sebagai bahan bangunan di Pulau Jawa, kuncup (jantung pinang) memiliki rasa yang pahit, namun tetap dimakan sebagai lauk atau lalapan. Kacang-kacangan, sekam, ranting muda, pucuk, daun dan akar digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat, bagian lain juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Nama buah pinang bervariasi dari satu daerah ke daerah lain di Indonesia. Misalnya di provinsi Aceh, pinang juga disebut pineung. Sementara di Nusa Tenggara dan Maluku, buah pinang disebut pua atau bua.

Penanaman tanaman pinang adalah dengan memanfaatkan bijinya, yaitu sebagai campuran mengunyah buah pinang (nyirih). Biji pinang juga sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

Mungkin anda tertarik membaca : Cara Menanam Pinang Agar Cepat Berbuah dan Unggul

Yuk, cari tahu apa saja manfaat buah pinang untuk para wanita berikut ini.

Khasiat Buah Pinang Untuk Wanita

Buah yang dihasilkan tanaman tropis ini memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah pinang juga mengandung zat bermanfaat lain yang bermanfaat bagi wanita. Apa manfaat buah pinang bagi wanita?

1. Mengatasi Keputihan

Ketidakseimbangan estrogen dalam tubuh dapat menyebabkan Leucorrhea atau keputihan. Salah satu manfaat buah pinang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Keputihan merupakan fenomena biasa bagi wanita, namun jika membuat vagina gatal dan mengeluarkan bau yang tidak sedap, bisa jadi keputihan tersebut telah menjadi infeksi.

Anda bisa menumbuk hingga halus buah pinang dan merebusnya. Nah, selanjutnya air rebusan ini bisa anda manfaatkan untuk membersihkan vagina secara rutin untuk mengobati keputihan dan bau yang tidak sedap.

2. Menyehatkan Rahim

Masyarakat Biak dan Serui (Papua) kerap memanfaatkan biji pinang muda sebagai obat alami untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Biasanya para perempuan memasak buah pinang muda tersebut dan airnya diminum selama satu minggu.

Selain itu, buah pinang muda juga dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan. Ini karena mengandung senyawa arecaidine atau arecaine, choline atau biline urine, guavacine, guavaline dan tannin. Sifat astringen dan hemostatik dari tanin dapat secara efektif menghentikan pendarahan.

3. Mengatasi Gatal-gatal disebabkan oleh jamur

Apakah anda sering gatal pada organ intin? Ini mungkin disebabkan oleh infeksi jamur atau iritasi. Misalnya akibat diabetes yang tidak terkontrol, penurunan sistem kekebalan tubuh dan penggunaan antibiotik yang berlebihan. Rasa gatal juga bisa membuat Anda merasa tidak percaya diri, terutama saat akan melakukan hubungan seks.

Hindari menggaruk vagina Anda, karena ini akan memperburuk infeksi. Cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan buah pinang muda untuk membersihkan vagina. Buah pinang muda mengandung bahan anti-bakteri dan anti-jamur yang secara alami dapat membunuh bakteri berbahaya penyebab gatal pada vagina.

4. Mengurangi Kram Perut

Selain bisa mengatasi keputihan, buah pinang juga bisa membantu ibu mengurangi kram perut sebelum atau saat haid. Buah pinang memiliki nutrisi yang dapat memperbaiki ketidakseimbangan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Buku “Ayurvedic Herbal Method” juga menyebutkan bahwa buah pinang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kram menstruasi.

Campurkan bubuk buah pinang dengan jahe, biji wijen, dan madu sampai mengental membentuk pasta. Lalu, ambil 1 sendok pasta ini dan campur dengan 5-6 tetes susu. Konsumsilah ramuan ini secara rutin 2 kali sehari sebelum dan saat menstruasi.

Demikian beberapa informasi tentang manfaat pinang muda untuk kesuburan dan kesehatan organ reproduksi perempuan. Buah pinang ini diangap sebagai obat herbal. Tidak disarankan untuk pengobatan jangka panjang. Jika anda mengalami alergi dan gangguan kesehatan lainnya segera hubungi petugas medis terdekat.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karpet Bulu Secara Tepat, Efektif dan Efisien