Kekurangan Penggunaan Jasa Live Streaming di Bidang Pendidikan

Untuk memberikan pembelajaran kepada para muridnya, para guru harus menggunakan cara atau sistem online dikarenakan tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka. Namun, terkadang seorang guru cukup kesulitan dalam menyiapkan segala peralatan serta bahan yang dibutuhkan untuk menyampaikan ilmu agar para murid dapat dengan mudah menerimanya.

Hal tersebut memang bisa saja terjadi karena beberapa faktor tertentu. Contohnya masih kurangnya pemahaman teknologi khususnya bagi para guru yang telah purna. Tidak hanya itu, terkadang seorang guru sangat sibuk dengan segala pekerjaan sehari-harinya di rumah. Maka dari itu, penggunaan jasa live streaming menjadi sebuah jawaban paling membantu untuk mengatasi kedua masalah di atas tadi.

Pemahaman Materi yang Tidak Merata

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap anak memiliki daya tangkap pembelajaran yang berbeda-beda. Tergantung atau sesuai dengan caranya berpikir. Apabila seorang anak merupakan anak yang lebih nyaman dengan penjelasan guru secara langsung, maka penggunaan jasa live streaming mungkin kurang cocok untuk dirinya belajar. Hal tersebut tidak hanya dialami satu atau dua siswa saja. melainkan banyak sekali siswa yang seperti itu.

Jadi, meskipun memiliki kelebihan dalam kemudahan penyampaian materi pembelajaran, terkadang pemahaman materi yang dapat dikuasai siswa tidak sempurna dan merata. Maka dari itu, dibutuhkan solusi yang tepat untuk menanganinya.

Menguras Kuota Data Milik Siswa

Mungkin di pihak guru akan memudahkan mereka dalam menyelenggarakan live streaming pembelajaran dengan mudah tanpa mempedulikan masalah kuota atau paket data yang terkuras habis. Namun, lain halnya dengan para murid yang harus mengakses live streaming pembelajaran tersebut. Apalagi jika live streaming diadakan melalui kanal Youtube dan memiliki durasi berjam-jam. Tentu saja hal tersebut akan membuat siswa mengeluh karena kuotanya sangat cepat terkuras habis dalam mengikuti satu kali pembelajaran itu saja.

Jaringan yang Sulit

Masih dalam lingkup kekurangan yang dirasakan pada pihak siswa, kekurangan jasa live streaming selanjutnya yaitu kesusahan mendapatkan jaringan internet yang bagus bagi siswa. Tidak semua siswa tinggal di tempat yang mendapat sinyal bagus seperti area kota. Ada juga yang memiliki tempat tinggal di area pedalaman atau desa yang notabenenya belum mendapatkan akses jaringan yang merata.

Maka dari itu, menggunakan jasa live streaming pembelajaran cukup sulit dipahami materinya oleh para siswa dikarenakan yang tinggal di daerah terpencil belum mendapat akses jaringan yang cukup merata. Mereka mau tidak mau harus sabar menunggu loading jaringan atau tidak mengikutinya.