tips belajar mata pelajaran biologi

Tips Belajar Mata Pelajaran Biologi

Sudah bertahun-tahun belajar mata pelajaran biologi tetapi masih bingung dan merasa sulit buat memahaminya? Wah, bahaya banget tuh. Mungkin selama ini kamu tidak belajar dengan cara yang oke sehingga sulit buat paham. Coba baca artikel ini sampai selesai ya supaya kamu bisa belajar biologi dengan lebih baik karena ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam proses belajarmu.

tips belajar mata pelajaran biologi
Photo by Kevin Kandlbinder on Unsplash

Pahami Mata Pelajaran Biologi Mulai Dari Konsepnya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam belajar materi biologi adalah mulailah dari konsepnya. Lantas, apa maksudnya? Begini, cobalah mulai dengan mencoba memahami apa itu biologi, kenapa ilmu ini muncul, apa manfaatnya, dan bagaimana penerapannya dalam keseharian.

Pahami dengan baik dulu saja dasar-dasar yang paling dasar dari biologi supaya kamu jadi mantap dan paham mengapa kamu perlu mempelajari biologi. Jika sudah, baru deh kamu masuk pelan-pelan ke materi yang ada di dalam biologi.

Pahami dan Bukan Hafalkan

Selanjutnya adalah usahakan untuk memahami materi biologi yang kamu pelajari. Bisa jadi selama ini kamu tidak kunjung mengerti materi biologi karena kamu terlalu sibuk mencoba untuk menghafalkannya. Padahal kita tahu ada seberapa banyak istilah dan konsep yang ada dalam mata pelajaran biologi yang mana akan sangat memakan waktu dan juga usaha untuk menghafalkan seluruhnya. Karenanya, usahakan untuk memahaminya.

Cobalah untuk memahami misalnya konsep dalam sistem pencernaan. Coba kamu pahami bagaimana perjalanan makanan dalam tubuh kita mulai dari masuk sampai akhirnya menjadi sumber energi. Kalau perlu, bikinlah grafik atau ilustrasi untuk menggambarkan perjalanan makanan tadi. Dengan memahami cara kerjanya, kamu akan lebih terbayang apa saja yang terjadi dan organ apa saja yang terlibat. Dengan begitu, lambat laun kamu bisa paham deh.

Kenali Bahasa dalam Mata Pelajaran Biologi

Banyak istilah dalam biologi yang menggunakan bahasa latin. Sebenarnya ada banyak sekali istilah mirip-mirip yang akan kamu jumpai selama mempelajarinya. Misalnya saja kata seperti minora dan mayora. Dengan memahami dan mengenali bahasa tersebut kamu dapat mengetahui bahwa yang satu bermakna kecil dan yang satunya bermakna besar.

Coba sebutkan kosa kata biologi lainnya yang kerap kamu jumpai dan kamu sudah paham arti di baliknya!

Cobalah untuk Memvisualisasikan Materi yang Kamu Pelajari

Misalnya kamu sedang mempelajari sistem pernapasan manusia. Cobalah untuk mencari gambar setiap organ yang terlibat. Kalau perlu, cobalah pergi ke laboratorium untuk melihat alat peraga yang biasanya berupa patung. Hal ini bisa kamu manfaatkan supaya kamu lebih mudah paham karena akan cukup sulit jika kamu sebatas membayangkan sendiri bagaimana pernapasan itu terjadi.

Tips ini juga dapat kamu terapkan di materi lainnya dalam biologi seperti anatomi tubuh sampai dengan klasifikasi makhluk hidup. Intinya, gunakan media yang ada supaya kamu makin paham dengan materi yang diajarkan. Gunakan internet untuk mencari video dan gambar. Kalau misalnya kamu merasa kurang selama belajar di kelas pun kamu bisa ikutan bimbel online. Intinya, gunakan setiap fasilitas yang ada untuk belajar.


Okay sekian dulu untuk tips belajar mata pelajaran biologi yang bisa kamu coba terapkan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat kamu semua dan kamu jadi makin paham dengan materi biologi baik yang diajarkan di sekolah maupun yang kamu pelajari sendiri di luar sekolah. Terima kasih sudah mampir dan sampai jumpa di artikel lainnya.